Tips Menulis Bahasa Inggris untuk Murid SD

2018.05.15
Tips Menulis Bahasa Inggris untuk Murid SD

Bahkan artikel yang paling menarik pun tetap harus menggunakan tips penulisan yang umum.

Murid mungkin merasa kesulitan saat harus menulis dalam bahasa Inggris. Faktanya, seperti kebanyakan tulisan lain, inspirasi dan ide memang penting dalam tulisan berbahasa Inggris. Tapi ada juga faktor pengaturan struktur dan penggunaan bahasa yang bisa dilatih secara sistematis untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka.

Murid SD biasanya mempunyai kosakata bahasa Inggris dan kemampuan ekspresi berbahasa yang terbatas. Lalu bagaimana mereka bisa menulis untuk mengeskpresikan ide mereka? Berikut ini adalah beberapa langkah menulis:

  1. Memilih tema. Hal apa yang akan ditulis? Artikel fiksi atau non fiksi? Murid SD tak perlu menulis topik yang terlalu sulit atau terlalu serius. Anak-anak tak bisa menulis secara terburu-buru; mereka bisa memberitahu alur ceritanya terlebih dahulu kepada orang tua mereka.
  2. Mendapatkan inspirasi. Inspirasi menulis datang dari kehidupan: dari berbagai pengalaman hidup, hal-hal baru yang Anda dengar, berbagai adegan yang Anda tonton; semua ini bisa menjadi sebuah cerita. Orang tua harus mendorong anak untuk lebih banyak mendengar dan menonton, untuk mendapatkan sumber cerita dalam kehidupan sehari-hari. Buku dan film juga bisa memicu imajinasi anak dan menjadi inspirasi tulisan.
  3. Memilih gaya bahasa: sains populer, hiburan, petualangan atau misteri? Hal ini menentukan bagaimana sebuah artikel atau cerita akan ditulis. Kata-kata dan pengaturan struktur juga memiliki variasi.
  4. Menetapkan karakter. Karakter umum yang biasanya digunakan oleh anak-anak adalah karakter keluarga dengan tiga atau empat orang anggota keluarga, atau karakter binatang, atau karakter pahlawan. Anak lalu menulis cerita tentang karakter tersebut, dan dialognya juga harus ditulis berdasarkan identifikasi dan usia si karakter.
  5. Membuat hubungan antar karakter, untuk membentuk struktur hubungan karakter yang nantinya akan membantu berkembangnya jalan cerita. Dalam tulisan non fiksi, ceritanya harus berdasarkan pada hubungan karakter; karena di dalam hubungan pasti terdapat konflik dan plot yang naik turun.
  6. Mengarang alur cerita. Anak-anak adalah tuan dari cerita mereka. Anak harus memiliki kepercayaan diri untuk bisa mengarang sebuah cerita, serta berani berimajinasi tentang kisah yang unik dan menarik. Strukturnya haruslah jelas dan tegas, tetapi ceritanya itu sendiri bisa diatur dengan bebas. Anda bisa membiarkan anak menggambar beberapa detail penting dan mendorong anak untuk berbicara tentang struktur dan alur cerita. Setelah itu, barulah mereka bisa mulai menulis.

Penulisan dasar bahasa Inggris tak hanya membantu anak dalam membentuk pemikiran yang menyeluruh, tetapi juga mengajarkan mereka tentang aturan penulisan bahasa Inggris sehingga akhirnya mereka akan membentuk kebiasaan menulis yang baik.

 

Aturan penulisan meliputi: Penggunaan huruf besar, bahasa, tanda baca dan ejaan.

Ada beberapa aturan dasar dalam penggunaan huruf besar di bahasa Inggris. Huruf pertama di awal kalimat, nama, lokasi, tanggal atau perkenalan harus ditulis dalam huruf besar.

Selain tanda baca umum, ada pula beberapa tanda baca khusus dalam bahasa Inggris. Misalnya penggunaan apostrophe atau bentuk singkatan, yang harus dipatuhi secara ketat. Salah satu poin utama dalam ujian bahasa Inggris di kelas 2 dan 3 SD adalah tentang penggunaan tanda baca yang benar.

Penggunaan ejaan dan tata bahasa juga harus mematuhi standar penulisan. Begitu anak selesai menulis, mereka harus memeriksa kembali apakah ejaan dan tata bahasa mereka sudah benar. Setelah itu barulah tulisan mereka dianggap selesai.

Sama seperti jenis tulisan lainnya, maka tulisan bahasa Inggris juga harus ditulis dengan imajinasi dan keterampilan. Kata-kata bahasa Inggris juga mempunyai aturan penulisan yang khusus. Kata-kata, kosakata dan pola kalimat adalah dasar penulisan. Penggunaan bahasa dan struktur adalah ‘cabangnya’, dan imajinasi serta ide-ide baru akan membuat sebuah artikel menjadi menonjol. Jika anak berlatih menulis berbagai bentuk tulisan sejak SD, maka mereka akan mendapat banyak manfaat, baik dalam ujian menulis, menulis laporan kerja, atau menulis sebagai hobi.

Mengenai penulis:

Tracy Liu (Mrs.)

Mrs. Tracy Liu adalah ibu dari 2 anak. Setelah lulus dari universitas Nankai dengan jurusan bahasa Inggris, dia telah bekerja di beberapa perusahaan internasional untuk berbagai peran dari jurnalis, sales, marketing hingga ke posisi senior manajemen. Dia pernah tinggal di Beijing, Shanghai, Paris, dan Hong Kong bersama dengan keluarganya. Saat ini dia hidup di Shanghai, dengan bekerja paruh waktu untuk merawat seorang putra berumur 11 tahun dan seorang putri berumur 6 tahun, dan separuh waktunya digunakan untuk bekerja menulis artikel orang tua di blogs dan forum orang tua. Pengalaman pribadi dan latar belakangnya telah mengajarkan dirinya pengertian yang mendalam mengenai kebudayaan Barat dan Timur mengenai pendidikan dan perkembangan anak-anak dan remaja. Dia memiliki kepercayaan yang mendalam bahwa setiap anak memiliki pemahaman dan pemikiran mereka sendiri, dan pekerjaan kita sebagai orang tua adalah untuk mengkultivasi dan menemukan metode yang bekerja untuk mendorong perkembangan yang sehat kepada masing-masing individu dan di dalam masyarakat.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_788cfc5a44bc6bfe67ac788f7bb467a9', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_788cfc5a44bc6bfe67ac788f7bb467a9', '1574443168', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)