Tips Menjadi Orangtua Cerdas di Era Digital

2019.07.29
Tips Menjadi Orangtua Cerdas di Era Digital

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memang berkembang sangat pesat. Informasi menjadi begitu mudah didapatkan dan berkomunikasi dengan orang yang berbeda benua bukan lagi hal yang mustahil. Tentunya kita merasa terbantu dengan informasi yang dapat diakses dengan mudah dan cepat, namun perkembangan teknologi informasi juga memiliki dampak negatif dengan konten yang tidak sesuai dengan nilai dan norma dan fenomena kecanduan gadget yang berdampak pula pada kesehatan akhir-akhir ini marak terjadi. Sebagai orang tua, kita perlu untuk mengawasi dan memastikan akses informasi yang diakses oleh si kecil mendatangkan hal yang positif, bukan hal yang sebaliknya. Simak tips berikut untuk menjadi orang tua yang cerdas di era digital.

1. Manfaatkan konten positif bagi Anda dan anak

Tidak semua konten yang ada di dunia maya berdampak negatif bagi anak. Oleh karena itu, Anda dapat memanfaatkan konten tersebut untuk menunjang perkembangan anak. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan video tutorial yang dapat mengasah keterampilan anak dalam berkarya, membuat vlog perjalanan keluarga lalu digunggah di media sosial dan memanfaatkan artikel-artikel yag menambah wawasan anak yang bisa jadi tidak dapat mereka dapatkan dalam buku. Sebagai orang tua, Anda juga dapat mengenalkan anak dengan fitur-fitur yang dapat meningkatkan kepekaan sosialnya. Misalnya mengajarkan anak untuk berdonasi di perusahaan crowdfunding.

2. Biasakan anak untuk berpikir kritis

Melatih anak untuk berpikir kritis memang susah-susah gampang, terlebih di antara derasnya arus informasi era digital. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan anak untuk berpikir kritis sehingga anak dapat lebih menyaring informasi yang ada di hadapannya. Dengan berpikir kritis, anak juga dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan terhindar dari informasi yang mengandung hoaks.

3. Awasi penggunaan internet pada anak

Selain mendorong anak untuk lebih bijak dalam berselancar dalam dunia maya, Anda juga perlu mengawasi aktivitas si kecil. Anda dapat memulainya dengan membuat peraturan yang disetujui oleh Anda dan anak. Misalnya penggunaan internet untuk hiburan anak hanya diperbolehkan di akhir pekan, lalu di hari biasa penggunaan internet dikurangi atau dibatasi terkecuali untuk menunjang pekerjaan rumah yang ditugaskan oleh guru di sekolah. Anda juga dapat menggunakan parental control untuk mengawasi konten yang tidak diinginkan terpapar oleh jangkauan anak.

4. Perbarui informasi Anda mengenai teknologi

Memperbarui informasi bagi orang tua merupakan hal yang perlu dilakukan agar Anda tidak ketinggalan dengan perkembangan teknologi saat ini. Dengan memperbarui informasi tentang perkembangan teknologi, Anda dapat mengetahui fitur atau tren penggunaan teknologi yang mungkin saja sedang popular. Anda dapat memperbarui informasi mengenai perkembangan teknologi dengan menggunakan teknologi itu sendiri dan mengikuti forum diskusi orang tua. Jangan segan untuk bertanya pada orang yang lebih mengerti teknologi dalam meningkatkan pengetahuan Anda tentang teknologi.

5. Mencontohkan perilaku bijak dalam teknologi kepada anak

Perilaku anak memang tidak jauh dari apa yang kita contohkan. Oleh karena itu,Anda perlu untuk mencontohkan perilaku yang baik dalam memanfaatkan teknologi. Misalnya dengan menggunakan teknologi namun tetap memerhatikan waktu penggunaannya agar Anda tidak selalu terlihat sibuk dalam menggunakan gadget Anda. Dengan demikian, Anak tidak mencontoh perilaku tersebut. Gunakanlah waktu senggang Anda dengan memperbanyak komunikasi secara langsung dengan anak dan menghabiskan waktu melakukan aktvitas baik di dalam maupun luar rumah bersama anak daripada berlama-lama menggunakan gadget yang tak jarang mendatangkan dampak yang kurang baik bagi fisik maupun psikis anak.

Agar anak tidak mengalami ketergantungan gadget, ajak anak untuk beraktivitas di luar dan bereksplorasi agar tumbuh kembang anak tetap optimal. Anda bisa mengikuti EF GO yang merupakan kegiatan petualangan di outdoor dengan jarak tempuh 3,5 K pertama di Indonesia. Kegiatan petualangan di EF Go bukan kegiatan yang biasa loh. Banyak tantangan seru yang dapat mempererat kekompakan dan bonding antara Anda dan anak. Selain itu, tantangan yang ada di EF Go akan mengasah kemampuan bahasa Inggris anak. Jadi, tunggu apa lagi daftar EF Go! sekarang dan rasakan serunya berpetualang.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_fef854fb4a9b67ffec87dbdd4174ec0d', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_fef854fb4a9b67ffec87dbdd4174ec0d', '1575864242', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)