Tips Membuat Business Plan yang Baik

2019.08.19
Tips Membuat Business Plan yang Baik

Menghadapi era digital yang semakin pesat baik dari sisi bisnis sektor produk ataupun jasa tentunya bukanlah menjadi hal yang mudah. Terkadang banyak pelaku bisnis yang justru mengalami hambatan dalam perjalanan bisnisnya, baik itu dari sumber daya manusia yang tidak terlalu mumpuni memiliki kapasitas penguasaan Bahasa komunikasi sehingganya hanya berkutat di pasar yang kecil atau bahkan tak sedikit yang terhambat dari sisi finansial. EF 360 ajang kompetisi ide bisnis dari EF English First akan mengupasnya lebih detail didalam workshopnya.

Diskon (((Lagi))) s/d 2,4 Juta di EF Kursus Bahasa Inggris, lebih detail klik link biru ini PROMO ▶Extra FunBelajar Bicara Inggris di EF English First makin menyenangkan!

Lalu apa sajakah poin terpenting yang perlu kamu perhatikan dalam membuat Business Plan :

1. Identifikasi Persoalan Pasar (Identify a Problem in the Market)

Dalam membuat perencanaan bisnis yang baik langkah pertama adalah dengan mengidentifikasi permasalahan di pasar. Poin ini adalah poin terpenting agar kamu bisa mengukur skala bisnis yang akan kamu jalankan dan potensinya di masa depan, apakah bisnis ini akan mentargetkan bisnis jangka pendek, jangka menengah ataukah jangka panjang. Pada akhirnya, inti dari bisnis ini adalah untuk memecahkan masalah dengan solusi yang terintegrasi. Dalam tahapan ini pebisnis yang baik akan mencatat beberapa asumsi pada solusi dari masalah yang dia coba pecahkan.

identifying a problem in the market

2. Kenali Audiens Kamu dan Pilih yang paling sesuai (Know Your Audience)

Dengan mengenali target audiens maka kamu dapat menyesuaikan konten dan solusi yang hendak diberikan ke audiens. Ini dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti pengamatan umum pelaku pasar baik itu terhadap penjual ataupun terhadap pembeli, observasi pangsa pasar atau peluang pasar, survey, ataupun focus group. Tahap ini terbilang penting untuk memvalidasi asumsi yang kamu buat di tahap awal. Terkadang apa yang kita pikir belum tentu apa yang dibutuhkan pasar.

knowing your audience

3. Gunakan Metode Analisa Bisnis (Use Business Analysis)

Metode Analisa bisnis yang berbeda memungkinkan kamu untuk menemukan sejumlah faktor internal dan eksternal yang mungkin belum dipertimbangkan sebelumnya. Salah satu metode yang paling efektif adalah SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat). Dengan metode ini, kamu bisa mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di rencana bisnis kamu. Dengan metode ini kamu juga bisa lebih menguatkan poin 1 di atas apakah Bisnis yang kamu rencanakan perlu kamu lanjutkan ataukah membuat perencanaan Bisnis yang lainnya.

apa itu SEO

4. Tetapkan Gol yang Realistis dan Terukur (Set a Measurable and Realistic Goals)

Setiap bisnis tentu memiliki gol/ tujuan, dan gol atau tujuan ini tentulah berbeda-beda dan sangatlah penting untuk pemilik bisnis memiliki tujuan yang realistis dan terukur. Gol yang realistis adalah gol yang bisa diraih dengan sumber daya yang tersedia baik itu sumber daya modal ataupun sumber daya manusia dan dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan. Sedangkan untuk menetapkan gol yang terukur, kamu harus memiliki kriteria untuk mengukur perkembangan.

realistic goal

5. Proyeksi Keuangan (Build a Financial Projection)

Salah satu tujuan utama pendirian bisnis adalah untuk memperoleh keuntungan/laba, baik itu bentuknya secara langsung dalam bentuk uang ataupun bentuknya dalam value yang lainnya. Di tahap awal pembuatan rancangan bisnis, proyeksi keuangan dibuat supaya kamu bisa mengantisipasi jumlah dana anggaran yang dibutuhkan untuk memulai, meneruskan, dan mengembangkan bisnis yang akan kamu jalankan. Selain itu, proyeksi keuangan juga penting untuk mengetahui kapan bisnis kamu mulai menghasilkan laba. Tentunya perlu juga kamu pertimbangkan faktor-faktor internal dan eksternal yang bisa kamu antisipasi ketika hal itu terjadi misalnya penurunan nilai mata uang dan hal lainnya yang akan berdampak ke dalam bisnis kamu.

financial projection

Nah, semoga Tips membuat Business Plan ini bermanfaat buat kamu di masa depan ya. Sukses selalu 😊

 

Temukan juga Dongeng Singkat Bahasa Inggris EFolklore

folklore

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_ddf2f9d2d64e354335e7cb7f6b705c16', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_ddf2f9d2d64e354335e7cb7f6b705c16', '1573565556', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)