TIPS: Bagaimana Memilih Buku Ilustrasi yang Tepat?

2017.11.06
TIPS: Bagaimana Memilih Buku Ilustrasi yang Tepat?

Saat memasuki toko buku anak, Anda tentu merasa kebingungan memilih buku bagi anak-anak. Berbagai judul, ilustrasi yang lucu serta tampilan yang menarik membuat para orangtua kesulitan menemukan buku yang tepat bagi anak-anak. Demi, Master of Education dari Universitas Edinburg akan berbagi beberapa kunci penting dalam memilih buku bagi anak-anak:

 1book Content/ Isi

Orangtua harus mengikuti aturan sebagai berikut: mulai dari buku yang dipenuhi ilustrasi hingga buku yang dibagi dalam bab, mulai dari buku cerita (detektif, fiksi ilmiah, dongeng) hingga buku non-fiksi (biologi, sains, astronomi, geografi).

Untuk anak-anak yang berada pada masa ‘enlightment’ (usia 0-6 tahun), orangtua dapat memilih buku ilustrasi dan membacakannya bagi mereka. Contoh: “The Very Hungry Caterpillar” dari “Eric Karl. Buku ini memiliki ilustrasi yang sangat jelas hingga anak usia di bawah 3 tahun dapat mengerti ulat yang kelaparan dari ilustrasi buah yang tergigit. Selain itu, anak-anak juga dapat belajar mengenai metamorfosis ulat menjadi kupu-kupu.

3bokk

 

Saat anak-anak memasuki sekolah dasar, Anda dapat memilih buku dengan kalimat yang lebih panjang. Ilustrasi tidak lagi menjadi yang utama. Anda dapat membantu memilih buku dengan alur cerita dan makna yang menunjang perkembangan mereka.

 

Ketika anak-anak memasuki tingkatan yang lebih tinggi, mereka akan tertarik dengan buku non-fiksi dan Anda dapat mendorong mereka menemukan buku kesukaannya.

Anda juga dapat mengajarkan sesuatu melalui buku, untuk itu pilihlah isi cerita yang bermakna. Baca artikel berikut untuk rekomendasi buku mengenai berbagi.

 2book Level of Difficulty/ Tingkat kesulitan
1. Kata-kata

Untuk anak-anak yang lebih kecil, mereka akan tertarik dengan buku yang dipenuhi ilustrasi dan sedikit kata-kata. Untuk itu, Anda dapat memilih buku yang penuh ilustrasi dan kata-kata berulang. Contohnya: “Brown Bear, Brown Bear, What do you see?”. Buku ini mengajarkan anak-anak mengenai warna dan binatang.

4book

Saat anak-anak sudah mulai membaca sendiri, Anda dapat mendorong mereka memilih buku sendiri. Ini “Lima Prinsip” dalam membantu anak-anak memilih buku:

5book  Buka halaman mana saja dari buku

5book  Biarkan ia membacanya

5book  Keluarkan jari Anda saat mereka menemukan kata baru

5book  Hitung berapa banyak kata-kata baru yang mereka temui

5book  Jika angkanya 0-1, buku tersebut terlalu mudah bagi mereka

Jika angkanya 2-3, ini buku yang tepat!

Jika angkanya 4-5, buku tersebut sulit dan dapat dibaca saat kemampuan membaca mereka sudah meningkat

Jika angkanya lebih dari 5, buku tersebut terlalu sulit!

 2, Kalimat

 

Bagi anak usia 0-6 tahun, kalimat yang digunakan harus singkat dan berulang. Contohnya: the Oxford books Stage 1 “Can you see me?”. Buku ini berisi kalimat yang selalu dimulai dengan “Can you see”. Dan setiap kalimat kurang dari 10 kata. Ini mempermudah mereka dalam mengingat.

 

Saat mereka sudah mulai membaca, kalimat dapat menjadi lebih panjang tapi tidak terlalu rumit atau sulit dipahami. Ini akan membuat mereka bosan.

 3. Informasi mengenai penerbit

Saat memilih buku bahasa Inggris, pastikan pengarang adalah native speaker (penutur asli). Penerbit seperti: Oxford, Random House, Foreign Language Teaching and Research Press juga merupakan penerbit terpercaya.

6book

Kami merekomendasikan buku yang selesai tidak lebih dari 10-15 menit. Gambar, audio maupun video dapat menjadi pelengkap yang menarik. Jika anak Anda memiliki kesabaran dan kebiasaan membaca yang baik, buku yang membutuhkan waktu panjang dapat menjadi pilihan.

 

Saran lainnya:

5book Pilih buku dengan audio

Buku dengan audio dapat membangun kemampuan bahasa  dan pemahaman bacaan yang lebih baik.

5book  Biarkan mereka memilih

Ketertarikan adalah kunci utama. Buku bacaan harus dapat menstimulasi dan membangun ketertarikan mereka. Saat mereka mengalami kesulitan namun mereka tertarik dengan materi dalam buku maka mereka akan berusaha menghadapi kesulitan itu.

 

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_2f36ca4c3429920ccb9f7c87438d0d28', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_2f36ca4c3429920ccb9f7c87438d0d28', '1575888680', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)