Serunya Menjadi Scriptwriter

2019.04.08
Serunya Menjadi Scriptwriter

Pernahkan EFriends penasaran siapakah dibalik cerita film atau serial yang bisa membuatmu tertawa, menangis, bahagia, atau ketakutan? Cerita yang tersaji di film atau serial yang kamu tonton adalah hasil karya yang dibuat oleh penulis naskah atau scriptwriter. Di dunia perfilman, naskah atau skenario menjadi hal dasar untuk pembuatan film. Nah, tugas scriptwriter adalah membuat jalan cerita, plot, menciptakan karakter tokoh-tokoh dan juga dialog antar tokoh.

Menjadi scriptwriter tidak harus menulis naskah film saja loh. Kamu bisa juga menulis naskah untuk drama, sinetron, sandiwara, sitkom, bahkan kamu juga bisa menulis untuk naskah iklan loh. Seru kan!

Apa saja yang harus kamu ketahui untuk menjadi seorang scriptwriter? Membaca dan menulis merupakan kunci dasar untuk menjadi scriptwriter. EFriends harus sering membaca berbagai jenis bacaan baik itu novel, puisi, naskah, biografi, dan lainnya. Dengan sering membaca, kamu dapat menambah kosakata yang berguna dalam pembuatan cerita. Selain itu, imajinasi mu akan terasah berkat membaca. Tuangkan ide-ide yang kamu dapatkan ke dalam bentuk tulisan. Memang menulis itu tidak mudah, tapi EFriends harus mulai membiasakan menulis setiap hari. Menulislah setiap hari, dalam bentuk apapun. Dengan begitu, kamu akan membentuk sebuah gaya menulis yang akan menjadi ciri khasmu. Serunya menjadi scriptwriter adalah naskah yang kamu tulis akan dibuat menjadi visual. Jadi imajinasimu menjadi kenyataan.

Seorang scriptwriter menjadi pengamat kehidupan di sekelilingnya. Kamu bisa memulai memperhatikan orang-orang, peristiwa, tempat, interaksi, dan hal-hal lainnya yang ada di sekelilingmu. Hasil dari pengamatan ini bisa menjadi inspirasi dalam membuat sebuah cerita loh. Banyak film yang dibuat berdasarkan kisah nyata seperti The Imitation Games, The King’s Speech, Spotlight, dan masih banyak lagi.

Nah, sebentar lagi liburan sekolah tiba. Gunakan kesempatan ini untuk melatih kemampuan membaca dan menulis kamu setiap harinya. Kamu bisa menulis cerita apa saja yang kamu lakukan ketika liburan, seperti pergi berenang di water park atau bepergian ke luar kota. Kamu bisa juga mengikuti summer camp dan mengikuti program untuk menulis. Selama liburan sekolah nanti, EF kembali mengadakan Holiday Academy. Holiday Academy adalah program summer camp yang dirancang oleh EF untuk mengasah minat dan bakat yang kamu miliki. Kemampuan bahasa Inggris kamu juga akan kamu dilatih di Holiday Academy. Jadi, kamu dapat menulis cerita berbahasa Inggris.

Untuk kamu yang ingin belajar menjadi script writer, kamu dapat mencoba kelas On Stage (untuk usia 9-17 tahun) dan Writers Guild (untuk usia 11-13 tahun). Kedua program ini mengasah kemampuan kamu dalam menulis. Kamu akan dilatih untuk membuat berbagai macam tulisan dalam bahasa Inggris. Di program On Stage, kamu akan dilatih untuk berbicara dan membaca dalam bahasa Inggris sekaligus kepercayaan diri sambil bermain peran. Seru sekali bukan?

Tapi jika kamu ingin mencoba hal baru, program Holiday Academy lainnya tidak kalah seru loh. Kamu bisa mencoba program Storytellers (untuk usia 3-7 tahun), Phonics (untuk usia 4-7 tahun), dan Reading Science (untuk usia 9-13 tahun). Kelima program Holiday Academy akan membuat kemampuan bahasa Inggris kamu meningkat ketika kamu kembali sekolah.

Kamu tak mau kan ketinggalan liburan seru di Holiday Academy? Yuk segera ikutan Holiday Academy. Klik Holiday Academy untuk mendapatkan harga spesial mulai dari Rp 725 ribu!