Seri Gaya Pola Asuh Dari EF: Cukupkah Hanya Dengan Menangkap Disaat Mereka Terjatuh?

2016.08.01
Seri Gaya Pola Asuh Dari EF: Cukupkah Hanya Dengan Menangkap Disaat Mereka Terjatuh?

Anda adalah tipe orangtua yang selalu ada saat anak membutuhkan, memiliki hubungan yang erat dengan mereka selayaknya seorang teman serta siap memberikan solusi jika anak datang dan meminta pendapat Anda. Anda percaya mengasuh anak-anak bukan berarti mengontrol mereka. Tentu saja hal ini benar, namun ada beberapa hal yang tidak disadari orangtua denga gaya pola asuh Happy-Go-Lucky.

 

family-logos-1 Does the following situation sound familiar to you?

Anda baru sadar kalau Anda dapat membantu anak Anda berhasil dalam ujian Bahasa Inggris setelah ia mengatakan kalau ia mendapat nilai buruk atau gagal lolos ujian.

Anda meminta pendapat anak Anda untuk keputusan yang besar meskipun ia masih terlalu kecil untuk membuat keputusan tersebut.

 

family-logos-1 The dangers of this parenting style

Saat anak tidak memperoleh cukup bimbingan maka mereka tidak memperoleh keterampilan memecahkan masalah yang cukup untuk membuat keputusan yang benar. Terlalu mempercayakan anak dalam membuat keputusannya sendiri tidaklah selalu baik untuk mereka.

Ekspektasi rendah seringkali membuat pencapaian yang rendah juga. Orangtua tidak seharusnya bersikap terlalu memaksakan tapi juga bukan berarti terlalu membebaskan mereka. Ada kalanya Anda harus mendorong anak-anak lebih agar mereka berhasil.

Beberapa penelitian menemukan orangtua dengan pola asuh yang permisif memiliki hubungan dengan pencapaian akademik yang rendah.

 

family-logos-1 How do pharmacist parents become more active in parenting?

 

1000 Lebih percaya diri dalam menghadapi anak-anak; anak-anak dapat menghadapi masalah mereka jika Anda memandu mereka ke jalan yang benar.

1001 Seringkali anak-anak tidak mengerti jika mereka sedang berada dalam masalah. Untuk itu Anda perlu lebih sensitif terhadap perasaan dan situasi yang sedang mereka hadapi. Jangan tunggu hingga mereka datang dan meminta bantuan Anda saat semua sudah terlambat. Mungkin Anda tidak terbiasa dengan pengaturan dalam keluarga, tapi pastikan ada quality time dengan mereka.

1002 Bantu mereka membuat tujuan (jangka pendek dan jangka panjang). Meskipun Anda selalu siap memberikan solusi dan bantuan saat mereka membutuhkan, namun bagaimana dengan tujuan jangka panjang? Dengan lebih memperhatikan kebutuhan serta ketertarikan mereka, Anda dapat membantu mereka membuat keputusan.

Andalah yang paling mengerti anak Anda. Anda dapat mengaplikasikan tips di atas, namun jangan lupa kepribadian serta situasi anak Anda. Selalu ada buat anak Anda tidak hanya saat mereka terjebak dalam masalah tapi juga bantu mereka untuk tumbuh dan berkembang menjadi lebih kuat.

 

Jika Anda merasa ini bukan gaya pola asuh Anda, coba ikuti “Parenting Style Quiz” dari EF dan cari tahu gaya pola asuh Anda. Mengetahui gaya pola asuh Anda dapat sangat berguna untuk menjalani keseharian bersama anak-anak.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_74cec30d0dedeb767c9dbe50673311da', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_74cec30d0dedeb767c9dbe50673311da', '1573697497', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)