Seri Gaya Pola Asuh Dari EF: 4 Hal Yang Dapat Dipelajari Dari Orangtua Di Amerika

2016.08.31
Seri Gaya Pola Asuh Dari EF: 4 Hal Yang Dapat Dipelajari Dari Orangtua Di Amerika

Kebebasan seperti apakah yang dapat kita berikan pada anak-anak? Membiarkan mereka memilih sendiri atau justru mendorong mereka menuju jalan yang seharusnya? Untuk hal ini kita dapat belajar dari orangtua di Amerika dalam mengasuh anak mereka:

 

silent1 “OK. Let me listen to what you want to say.”

Bagi orangtua di Amerika, mereka sangat menghargai “hak asasi manusia”, ini membuat mereka memberikan kebebasan, kesetaraan dan kebahagian bagi anak-anak. Dengan kesetaraan hubungan antara anak dan orangtua, mereka tidak menentukan hobi dan masa depan bagi anak mereka. Yang mereka lakukan adalah berusaha menghargai perbedaan, mendukung kesukaan dan pilihan mereka serta menyediakan lingkungan yang positif untuk perkembangan mereka.

 

silent1 “You cannot get any grade less than an A!? I will never say it.”

Kepribadian anak-anak jauh lebih penting dari hasil akademik. Inilah yang membuat aktivitas luar ruangan dan olahraga menjadi populer di Amerika. Mereka tidak membandingkan performa anak-anak di sekolah dan di kehidupan sehari-hari dengan nilai mereka sendiri. Tekanan sosial dan tradisi kepatuhan tidak dapat diberlakukan dengan ketat bagi anak usia dini.

 

silent1 “Let it go.”

Mereka tidak menjadi kritis saat anak-anak membuat kesalahan. Terkadang orangtua mengalami tekanan negatif dari luar, tidak adil kalau kita melampiaskannya kepada anak-anak. Saat anak melakukan kesalahan, berikan dukungan dan tunjukan empati Anda. Anda dapat melakukannya dengan memberikan pemahaman atas apa yang seharusnya mereka lakukan agar tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan.

 

silent1 “Let’s figure out what we can do differently.”

Ada saatnya Anda dapat berkata “Ya” pada anak-anak  selama ini bukan karena Anda menyerah dengan perilaku merengek dan desakan mereka. Orangtua di Amerika membiarkan anak-anak tahu alasan penolakan mereka. Mereka membiarkan anak-anak mengenal prinsip dasar dan mempercayakan anak-anak untuk mengontrol diri sendiri. Jika Anda akan berteriak “Tidak” pada anak-anak kenapa nggak menggantinya dengan “Yuk, kita cari cara lainnya”

 

Pendekatan seperti ini dikenal denga gaya pola asuh Silent Achiever. Mereka percaya bahwa pertumbuhan alami sangat penting untuk perkembangan yang sehat anak mereka. Mereka juga cenderung mencari yang terbaik bagi anak-anak dan membangun lingkungan yang dapat dapat menarik minat belajar anak.

Bagaimana dengan Anda? Ikuti “Parenting Style Quiz” dari EF dan cari tahu gaya pola asuh Anda. Apapun jawabannya, ingatlah Anda hanyalah membantu anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara alami.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_ce82cac524ec34a8162dce0ef73541b4', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_ce82cac524ec34a8162dce0ef73541b4', '1574191691', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)