Rahasia Sukses Menjadi Entrepreneur

2019.07.16
Rahasia Sukses Menjadi Entrepreneur

Kamu pasti sering mendengar istilah startup kan. Startup adalah perusahaan rintisan yang menggunakan teknologi untuk memecahkan suatu permasalahan. Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Gojek, Bukalapak, Tokopedia, dan Traveloka kaan. Empat perusahaan tersebut adalah salah satu pemain startup di Indonesia yang kini sudah menjadi unicorn (perusahaan dengan nilai kapitalisasi $1Miliar). Saat ini banyak sekali pengusaha muda (entrepreneur) bermunculan di Indonesia yang mendirikan startup. Para entrepreneur ini menawarkan ide-ide dan inovasi menarik yang mendisrupsi dunia bisnis.

Gimana para entrepreneur ini bisa menciptakan sebuah inovasi? Kuncinya adalah kreativitas. Kreativitas adalah alat yang terpenting untuk seorang entrepreneur. Kreativitas merupakan kunci untuk menghasilkan ide dan proses. Kreativitas tidak hanya sekedar ide. Namun, bagaimana cara entrepreneur beradaptasi dengan situasi baru, menghadapi ketidakpastian, dan menemukan solusi ketika muncul permasalahan.

Kreativitas adalah tentang bagaimana mendorong potensi yang dimiliki dan terus mengembangkannya. Seorang entrepreneur yang sukses selalu mengasah kreativitasnya untuk mengembangkan bisnisnya. Banyak entrepreneur yang merasa nyaman dengan situasi sekarang sehingga ia tidak lagi menggunakan kreativitasnya. Akibatnya, ia kalah bersaing dengan kompetitornya. Keempat unicorn di atas sukses karena mereka terus berkreasi sehingga terciptalah berbagai inovasi-inovasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.

Menjadi seorang entrepreneur bisa menjadi salah satu pilihan karir loh. Asalkan kamu terus mengasah kreativitas yang kamu miliki, kamu pasti bisa menghasilkan ide dan inovasi yang dibutuhkan oleh orang banyak. Untuk kamu yang memiliki segudang ide kreatif, yuk ikut EF 360. EF 360 adalah kompetisi untuk siswa SMA yang bertujuan untuk mengembangkan ide kreatif yang memiliki pengaruh besar di dunia pendidikan. Peserta yang mengikuti kompetisi ini berkesempatan mengikuti workshop yang dimentori oleh mentor-mentor yang ahli di bidang bisnis dan pemasaran. Di kompetisi ini, peserta akan berlomba menciptakan inovasi kreatif yang berkaitan di dunia pendidikan sesuai dengan studi kasus yang diberikan oleh EF.  Peserta terbaik akan mengunjungi EF Global Office di Shanghai! Jadi, sudah siap pergi ke Shanghai? Segera daftar di Creative 360 dan berikan ide terbaikmu!