Pentingnya Membatasi Screen Time

2019.07.08
Pentingnya Membatasi Screen Time

Di era modern sekarang ini, Anda tentu tidak asing dengan istilah screen time. Istilah ini digunakan untuk menjelaskan durasi seseorang terekspos smartphone, gadget, televisi, atau komputer. Sekarang ini banyak sekali anak usia di bawah 2 tahun sudah memakai gadget. Padahal, American Academy of Pediatric (AAP) tidak menyarankan anak usia di bawah 2 tahun terpapar gadget karena pada usia ini, anak sedang mengalami perkembangan di bidang kognitif, bahasa, dan kemampuan sosial emosional. Sehingga anak memerlukan praktek langsung dan interaksi dari orangtua untuk mengoptimalkan perkembangan mereka.

Jika anak sudah terpapar gadget sejak dini, ada beberapa dampak buruk yang memengaruhi tumbuh kembang anak. Antara lain; anak kehilangan kesempatan untuk berinteraksi sosial dengan lingkungannya, meningkatnya kemungkinan anak terpapar konten dewasa atau kekerasan yang akan berpengaruh kepada perilakunya, perilaku anak cenderung lebih agresif, tempramental, dan kurang dapat mengontrol emosinya, serta dapat mengganggu jam tidur anak.

Lalu, bagaimana cara membatasi screen time pada anak? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, seperti: berinteraksi langsung dengan anak dan perbanyak aktivitas fisik seperti membaca buku, bernyanyi, menari, dan membatasi waktu menonton TV. Pilih program TV yang edukatif, informatif, dan tidak mengandung kekerasan. Dampingi anak ketika ia menonton TV dan beri edukasi mengenai program TV yang ia tonton dan hindari menonton TV saat makan dan sebelum tidur. Jangan lupa matikan TV ketika tidak digunakan. Hindari gadget untuk menenangkan anak ketika ia sedang tantrum karena akan berpengaruh terhadap perkembangan pengendalian emosi. Tetapkan waktu tanpa gadget misalnya ketika makan malam atau ketika akhir pekan.

American Academy of Pediatrics menyarankan anak di bawah usia 2 tahun tidak terpapar gadget sama sekali. Namun, diperbolehkan untuk melakukan video call dengan anggota keluarga yang tinggal jauh karena akan membantu mereka mengenai wajah. Sedangkan untuk anak usia di atas 2 tahun, Anda dapat memperkenalkan program-program bermutu. Namun, jangan lupa untuk tetap mendampingi si kecil ya. Untuk anak usia 2–5 tahun, American Academy of Pediatrics menyarankan untuk membatasi screen time maksimal satu jam.

Agar anak tidak mengalami ketergantungan gadget, ajak anak untuk beraktivitas di luar dan bereksplorasi agar tumbuh kembang anak tetap optimal. Anda bisa mengikuti EF GO yang merupakan kegiatan petualangan di outdoor dengan jarak tempuh 3,5 K pertama  di Indonesia. Kegiatan petualangan di EF Go bukan kegiatan yang biasa loh. Banyak tantangan seru yang dapat mempererat kekompakan dan bonding antara Anda dan anak. Selain itu, tantangan yang ada di EF Go akan mengasah kemampuan bahasa Inggris anak. Jadi, tunggu apa lagi daftar EF Go! sekarang dan rasakan serunya berpetualang.