Mengulik Bakat Terpendam Anak

2019.04.04
Mengulik Bakat Terpendam Anak

Setiap anak dianugerahi Tuhan dengan bakatnya masing-masing. Di dalam dirinya, ada potensi bawaan yang harus ditemukan dan dikembangkan. Menjadi tugas Anda sebagai orang tua untuk menemukan apa sih bakat yang dimiliki anak. Jangan sampai bakat yang dianugerahkan Tuhan tenggelam begitu saja. Nah bagaimana sih cara menemukan bakat anak?

1. Memperhatikan Kebiasaan dan Kesukaan Anak

boys with his friends in class

Perhatikan kegiatan yang anak lakukan di dalam kesehariannya. Apakah anak tertarik dengan sesuatu atau anak memiliki kebiasaan yang terus menerus ia lakukan. Biasanya, hal yang disukai dan kebiasaan menjadi pertanda bakat apa yang dimiliki oleh anak.  Untuk itu Anda perlu memperhatikan dengan seksama kegiatan yang dilakukan oleh anak. Siapa tau di antara kebiasaan dan kesukaan itu terdapat potensi bakat yang bisa dieksplor lebih lanjut. Anda juga bisa mengajak anak ke berbagai jenis pameran untuk mengobservasi hal yang ia senangi.

2. Biarkan anak bereksplorasi

girl and boy with puppets

Eksplorasi menjadi hal yang baik untuk anak untuk menemukan bakat-bakat yang terpendam di dalam dirinya. Biarkan anak mencoba hal-hal baru selama hal itu positif. Anda cukup mengawasi dan mengarahkan.

3. Mengikuti perlombaan

kids painting

Apakah Anda tau, mengikuti perlombaan memiliki manfaat positif untuk anak loh. Salah satunya adalah mengetahui bakat terpendam anak. Setiap anak memang dikaruniai bakatnya masing-masing. Namun, jika bakatnya tidak terekspos, maka bakat tersebut akan terpendam sia-sia.

Pilih perlombaan yang sesuai dengan kesukaan anak seperti menyanyi, menari, atau melukis. Tapi, Anda perlu berhati-hati ketika mengikutsertakan anak ke dalam perlombaan. Jangan sampai anak malah tertekan dengan target yang Anda berikan. Jelaskan pada anak lomba yang ia ikuti dapat menambah teman dan menambah pengalaman. Berikan semangat kepada anak bahwa kompetisi ini menjadi kesempatan yang bagus untuk memamerkan bakatnya di depan umum. Namun, jangan tekankan bahwa menjadi pemenang adalah kewajiban. Dan janganlah pula membandingkan anak dengan pemenang kompetisi. Kompetisi adalah milik anak, bukan milik Anda. biarkan anak bebas berkreasi sesuai dengan keinginannya.

Salah satu perlombaan yang bisa diikuti anak adalah EF Challenge 2019. Apa itu EF Challenge 2019? EF Challenge merupakan video kompetisi dan juga kompetisi ajang bakat untuk anak usia 3-9 tahun dan remaja usia 10-17 tahun. Di EF Challenge, anak dibebaskan untuk menampilkan bakat yang ia miliki mulai dari menyanyi, melukis, bercerita, memasak, melakukan olah raga bela diri, dan lainnya. Oh iya, EF Challenge berhadiah EF homestay voucher senilai US $ 5,000 loh! Jangan sia-siakan kesempatan ini dan langsung upload video bakat terbaik si kecil!

Baca Juga: Manfaat Kompetisi Untuk Anak, Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengikuti Kompetisi Ajang Bakat

4. Biarkan anak untuk memilih

girl with doughnut

Berikan keleluasaan kepada anak untuk memilih dan melakukan hal yang ia senangi selama hal tersebut positif. Jangan sampai Anda melarang anak melakukan hal yang ia suka karena akan menghambat anak untuk menemukan bakat yang dimiliki. Tetapi, jika kegiatan tersebut memberikan dampak negatif kepada anak, berikan penjelasan dan pengertian

5. Berkonsultasi Dengan Guru

Untuk mengetahui bakat terpendam yang dimiliki anak, Anda dapat berkonsultasi dengan guru di sekolah. Karena sebagian besar hari anak dihabiskan di sekolah, sehingga guru dapat memberikan masukan kepada Anda mengenai bakat yang dimiliki si kecil. Anda bisa menanyakan apakah anak menonjol dalam mata pelajaran tertentu atau tidak. Rajinlah berkomunikasi dengan guru atau wali kelas anak untuk mengetahui perkembangan anak Anda di sekolah.

6. Tetap Mendukung

mother and son in the kitchen

Meskipun bakat yang dimiliki anak tidak sesuai dengan harapan Anda, tetaplah dukung bakatnya. Anda tidak bisa memaksa anak dengan bakat menulis dengan menyanyi. Dengan dukungan orang tua, bakat yang dimiliki anak akan berkembang pesat. Dengan memaksimalkan bakat anak, anak bisa menjadi sukses dan berprestasi. Bahkan bisa jadi bakat yang terpendam tersebut bisa menjadi jalan sukses baginya kelak.

Itu dia 6 cara untuk mengulik bakat terpendam anak. Kolaborasi antara orang tua, guru, dan sekitarnya menjadi penting untuk mengetahui bakat yang dimiliki anak. Jangan lupa untuk mengupload video bakat terbaik anak Anda di EF Challenge 2019 dan tunjukkan kepada dunia bakatnya!