Mengoptimalkan Jam Tidur

2019.07.09
Mengoptimalkan Jam Tidur

Selain asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi tinggi, tumbuh kembang anak dicapai dengan berbagai hal, contohnya dengan tidur yang cukup. Ketika tidur, sel-sel otak berkembang secara optimal dan memberikan kesempatan otak untuk beristirahat dan melakukan pembenahan. Tapi, apakah Anda tau ternyata setiap malam anak kekurangan 1 jam tidur! Hal ini diakibatkan oleh penggunaan alat elektronik seperti TV, laptop, komputer, dan smartphone yang ada di kamar anak. Paparan cahaya dan suara dari alat-alat elektronik tersebut membuat anak sulit untuk tidur. Kekurangan tidur bisa berdampak buruk terhadap anak seperti: anak sulit berkonsentrasi di sekolah, sistem kekebalan tubuh yang kurang baik, anak cenderung hiperaktif sehingga sulit mengatur emosinya, dan beresiko terkena obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk itu, Anda perlu mengoptimalkan jam tidur anak agar tumbuh kembangnya berjalan optimal. Beberapa cara berikut ini dapat Anda praktekkan untuk mengoptimalkan jam tidur anak.

Jauhi barang elektronik minimal satu jam sebelum jam tidur. Hal ini bertujuan untuk menghindari paparan sinar dari barang elektronik yang dapat mengganggu tidur. Sebagai gantinya, Anda bisa membacakan dongeng kepada anak atau membiarkan anak membaca buku. Selain membantu anak tertidur, cara ini juga merangsang imajinasi anak loh. Anda dapat memasang aromaterapi yang menenangkan seperti wangi bunga lavender agar anak merasa rileks.

Hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur. Kafein tidak hanya terkandung di dalam kopi loh. Teh, soda dan coklat pun mengandung kafein. Kafein merupakan jenis obat stimulan yang bekerja sebagai adenosine receptor antagonist. Adenosine merupakan senyawa di dalam tubuh yang membuat mengantuk. Kafein menghambat kerja adenosine receptor dalam tubuh sehingga anak terhindar dari rasa mengantuk. Sebagai gantinya, Anda bisa memberikan susu hangat untuk membantu anak tidur.

Idealnya, anak usia 5-12 tahun harus tidur minimal 10-11 jam di malam hari. Sedangkan, remaja usia 13-18 tahun membutuhkan waktu tidur 8.5 – 9.5 jam di malam hari. Beberapa manfaat yang didapatkan anak ketika mendapatkan jam tidur yang optimal antara lain:

Meningkatkan Kreatifitas

Ketika tidur, otak akan memperkuat memori dan melakukan penataan sehingga mudah menerima informasi-informasi baru. Anak yang mendapat tidur cukup cenderung lebih kreatif karena perkembangan otaknya lebih optimal.

Lebih sehat

Ketika tidur, tubuh membentuk sel-sel antibodi yang melindungi tubuh dari serangan penyakit. Jika anak tidak mendapat waktu tidur yang cukup, tubuh tidak memiliki waktu yang cukup untuk membentuk sel-sel antibodi sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Memperkuat memori

Ketika anak tidur, otak sibuk menyusun memori baru dan memperkuat memori sebelumnya. Kemudian menghubungkan memori baru dengan memori sebelumnya.

Mengurangi stress

Anak yang tidak mendapat tidur cukup cenderung lebih mudah stress dibandingkan dengan anak yang mendapatkan waktu tidur yang optimal. Hal ini karena istirahat membuat emosi lebih stabil sehingga ia tidak mudah stress.

Nah, sudah tau kan manfaat mengoptimalkan jam tidur anak. Yuk mulai biasakan anak mendapat waktu tidur yang cukup dan berkualitas untuk menunjang perkembangan tumbuh kembangnya.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_ebad4dc14f92bf7febc38464f1119ca2', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_ebad4dc14f92bf7febc38464f1119ca2', '1573758580', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)