Mengenal Gaya Belajar Anak

2019.07.09
Mengenal Gaya Belajar Anak

Setiap anak memiliki kepribadian dan kemampuan yang berbeda-beda. Begitu pula cara belajar. Setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Di sekolah umum, mungkin metode pembelajaran disamakan untuk semua murid. Namun, Anda bisa membantu anak untuk belajar lebih baik di rumah. Untuk menentukan cara belajar yang tepat, Anda harus mengetahui tipe belajar manakah anak Anda? Secara umum, ada 4 tipe belajar yaitu; visual, audio, kinestetik, dan kombinasi. Apa perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini yaa

Visual

Anak dengan gaya belajar visual menyerap materi lebih baik dengan melihat. Ia terbantu dengan alat peraga seperti diagram, pohon konsep, tabel, infografik, flashcards, dan bentuk visual lainnya. Ia akan mudah kehilangan fokus jika ia hanya mendengarkan penjelasan saja.

Coba perhatikan anak ketika ia sedang mengerjakan tugas sekolah. Jika ia lebih mudah mengerti dengan membaca, tertarik pada gambar, diagram, tabel serta grafik dan hal visual lainnya; kemungkinan besar anak Anda adalah tipe visual. Untuk membantunya belajar di rumah, sediakan papan tulis dan sediakan alat peraga untuk memudahkannya belajar.

Audio

Anak tipe audio memahami materi dengan cara mendengarkan. Ia lebih memahami instruksi yang didikte secara verbal, bukan dalam bentuk tulisan. Perhatikan ketika ia membaca atau menghafalkan sesuatu, apakah ia membaca keras-keras materi pelajaran atau tidak. Jika iya, berarti anak Anda adalah tipe audio. Beberapa anak audio merasa nyaman belajar sambil mendengarkan musik. Untuk mendukung anak tipe ini, Anda bisa menyediakan podcast dan meminta guru untuk menempatkan anak di deretan depan agar ia dapat mendengar penjelasan materi dengan lebih baik.

Kinestetik 

Metode kinestetik artinya anak tidak bisa hanya duduk di bangku dan mendengarkan penjelasan. Ia harus bergerak dan melakukan sesuatu ketika belajar. Anak dengan tipe kinestetik mengerti materi dengan cara dipraktekkan contohnya praktek di laboratorium, bernyanyi, menari, atau bermain drama. Untuk membantu anak tipe kinestetik fokus saat membaca, ajari anak untuk menggerakan jari-jarinya mengikuti arah teks. Dan biarkan anak berjalan-jalan sebentar ketika belajar.

Kombinasi

Tipe satu ini adalah kombinasi dari dua tipe. Misalnya anak lebih mudah belajar dengan bermain flashcard sambil berjalan-jalan, artinya anak Anda adalah tipe visual dan kinestetik.

Dengan mengenali gaya belajar anak, anak pun belajar dengan lebih efektif. Ia bisa memahami informasi lebih baik tanpa merasa terbebani. Agar anak belajar lebih nyaman, siapkan area atau sudut kosong di rumah untuk menjadi ruang belajar anak. Siapkan ruangan senyaman mungkin dan letakkan alat bantu belajar sesuai dengan gaya belajarnya. Misalnya jika anak Anda tipe visual, siapkan alat peraga seperti flashcards, papan tulis, grafik, dan lainnya. Apapun gaya belajar anak Anda, pastikan cara belajarnya seru dan menyenangkan agar anak semangat belajar.

Ingin anak merasakan asyiknya belajar bahasa Inggris? Yuk daftarkan si kecil di EF. Anak dapat melakukan berbagai macam aktivitas seru sambil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya melalui Life Club. Penasaran serunya belajar bahasa Inggris di EF? Segera klik Semangat Sekolah untuk mendapatkan diskon spesial hingga Rp 2,5 juta dan bonus merchandise eksklusif EF.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta Back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_043d745c70f5e89d2e2d41465da1b9dc', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_043d745c70f5e89d2e2d41465da1b9dc', '1571355315', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)