Mengatasi Kecanduan Games Pada Anak

2019.07.12
Mengatasi Kecanduan Games Pada Anak

Akhir-akhir ini, banyak berita yang melaporkan tentang kecanduan games pada anak, terutama kecanduan games online. Bahkan WHO (World Health Organization) memasukkan kecanduan games ke dalam gangguan kesehatan jiwa. Meskipun games memiliki manfaat positif untuk melatih koordinasi antara tangan dan mata serta meningkatkan keterampilan komputer anak, kecanduan games berdampak buruk dan membahayakan loh. Salah satunya mengganggu kesehatan mata, tubuh, dan bahkan dapat berujung kematian. Apa sih tanda-tanda anak kecanduan games?

  1. Lupa waktu

Anak yang kecanduan game akan lupa waktu. Bahkan ia lupa makan, minum, dan tidur. Hal ini dapat berujung kematian karena tubuh kekurangan cairan dan tidak mendapat istirahat yang cukup. Prestasi akademik anak juga cenderung turun karena ia tidak mengerjakan tugas-tugas sekolah.

  1. Tidak peduli sekitar

Anak yang mengalami kecanduan game tidak suka berkumpul dengan keluarga atau bermain dengan teman-temannya dan lebih suka berdiam diri di rumah, bahkan di kamarnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kecanduan games pada anak? Anda bisa mencoba tips berikut ini.

Pilih games yang akan dimainkan

Sekarang, ada banyak sekali games yang bermunculan. Untuk itu, sebelum anak mengunduh atau membeli games, Anda harus mencari tau apakah games tersebut dapat memicu kecanduan atau tidak. Anda bisa memilihkan games yang dapat dimainkan bersama keluarga sehingga waktu bermain dapat Anda kontrol.

Atur jadwal bermain

Untuk menghindari kecanduan bermain games, atur jadwal bermain anak. Tetapkan berapa lama anak dapat memainkan games. Bila perlu, letakkan alarm di sampingnya agar ia tidak melebihi batas waktu yang sudah ditentukan. Namun, jika anak memberikan penolakan hadapi dengan tenang untuk menghindari memburuknya situasi. Ketika anak sudah selesai bermain, sembunyikan perangkat bermain games dari jangkauan anak. Tujuannya agar anak berkomitmen dengan kesepakatan yang sebelumnya sudah disepakati. Anda juga perlu memberikan syarat sebelum bermain. Misalnya, ia harus menyelesaikan tugas-tugasnya terlebih dahulu. Hal ini akan membuat anak belajar dan terbiasa untuk melakukan prioritas utama terlebih dahulu

Selingi dengan aktivitas fisik

Untuk memberikan jeda ketika bermain game, ajak anak melakukan aktivitas fisik. Seperti berjalan di taman, atau bersepeda sebentar. Cara ini mencegah badan anak kaku karena terlalu lama berada di posisi yang sama karena bermain games. Anda juga dapat mengikutsertakan anak Anda ke EF Go, kegiatan petualangan di outdoor dengan jarak tempuh 3,5 K pertama  di Indonesia. Di EF Go, banyak tantangan seru yang dapat mempererat kekompakan dan bonding antara Anda dan anak. Selain itu, tantangan yang ada di EF Go akan mengasah kemampuan bahasa Inggris anak.

Itu dia tips mengatasi kecanduan games pada anak yang dapat Anda coba. Jangan lupa untuk segera daftar EF Go! Dan ajak anak bermain di alam dan rasakan serunya berpetualang di EF Go!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_62b41ad46d3fe3b27e20909e66c26352', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_62b41ad46d3fe3b27e20909e66c26352', '1574058059', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)