Membangun Komunikasi dengan Anak

2019.08.01
Membangun Komunikasi dengan Anak

Komunikasi antara orangtua dan anak adalah hal yang penting dalam membangun hubungan dalam keluarga. Meskipun terlihat sederhana, namun komunikasi yang terjalin dengan baik memberikan manfaat bagi perkembangan anak. Salah satunya adalah meningkatkan kepercayaan diri anak, membuat anak merasa lebih bahagia, dan membantu mereka membangun hubungan sosial dengan orang lain. Komunikasi efektif ditandai dengan anak merespon pesan Anda dengan tepat dan positif. Bagaimana cara membangun komunikasi yang baik dan efektif dengan anak?

1. Luangkan waktu Anda

Meskipun Anda selalu bisa menghubungi anak melalui ponsel, namun interaksi secara langsung tetaplah penting. Meskipun Anda sibuk bekerja, luangkan waktu Anda meskipun sebentar untuk mengobrol dengan anak. Ketika Anda sedang mengobrol dengan anak, jangan gunakan handphone Anda! Hal ini membuat Anak merasa tidak dihargai ketika mereka sedang berbicara.

2. Jadi pendengar yang baik

Jika anak sedang berbicara, dengarkan dengan baik. Anak akan senang ketika Anda mendengarkan ceritanya. Setelah anak selesai berbicara Anda bisa menanyakan hal yang terkait dengan ceritanya. Misalnya ketika anak bercerita tentang berwisata dengan teman-teman sekolah. Anda bisa menanyakan apa saja yang ia lihat di sana, apa saja yang menarik di tempat itu, dan lainnya.

3. Perhatikan bahasa tubuh anak

Bahasa tubuh berkata lebih jujur dari suara yang keluar dari mulut anak. Ketika anak cemberut setelah pulang sekolah, langsung tanyakan apa yang terjadi di sekolah. Ajak anak mengobrol sambil menikmati cemilan kesukaan anak. Anda perlu mewaspadai perubahan mendadak perilaku anak, karena siapa tau mereka sedang mengalami stres.

4. Menghargai usaha anak

Hargailah setiap usaha yang dilakukan anak. Meskipun anak gagal, hibur dan berikan motivasi kepada anak.

Itu dia cara membangun komunikasi dengan anak yang dapat Anda praktekkan. Selamat mencoba!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_d4f0cbb49cc62c0aa70a6b5680278eb4', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_d4f0cbb49cc62c0aa70a6b5680278eb4', '1571425883', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)