Manfaat Kegiatan Outdoor Untuk Anak

2019.05.27
Manfaat Kegiatan Outdoor Untuk Anak

Berdasarkan penelitian dari Sandra L. Hofferth, Ph.D, Profesor di Department Family Science, University of Maryland School of Public Health, saat ini semakin sedikit anak yang melakukan kegiatan di luar ruangan (outdoor). Rata-rata waktu yang dihabiskan anak di luar ruangan menurun lebih dari 9 jam per minggu. Anak-anak lebih memilih berdiam di rumah sambil memainkan gadget atau menonton tv. Selain itu, beberapa orang tua menganggap bahwa kegiatan outdoor adalah kegiatan yang membahayakan untuk anak, sehingga banyak orang tua yang merasa lebih aman jika anak bermain di dalam ruangan. Padahal kegiatan outdoor memiliki manfaat yang sangat baik untuk anak. Apa sajakah itu?

Manfaat kegiatan outdoor untuk anak

1. Mengasah kreativitas

girl with toys

Ketika anak berada di luar ruangan, ia dapat melihat langsung benda-benda yang ada sekitarnya dan mempelajari sesuatu secara langsung dan tidak hanya melalui media gambar saja. Hal ini akan meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak karena akan bereksplorasi dengan benda-benda yang ia lihat misalnya membuat pajangan dari daun-daun kering atau membuat mainan dari ranting-ranting pohon. Selain itu, Bermain di luar ruangan juga dapat meningkatkan kemampuan anak dalam memahami ilmu-ilmu baru, berpikir kritis, dan kemampuan memecahkan masalah.

2. Meningkatkan keinginan belajar

kid with map

Terus menerus belajar di dalam kelas dengan gaya belajar yang selalu mendengarkan guru dan mencatat materi bisa membuat anak bosan. Kegiatan di luar ruangan bermanfaat sebagai penyegaran agar anak kembali semangat belajar karena anak memiliki waktu untuk bereksplorasi dan bergerak bebas di ruangan terbuka.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

happy kid

Terlalu lama berada di dalam ruangan membuat anak kekurangan vitamin D. Padahal vitamin D sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Vitamin D berperan untuk membantu penyerapan kalsium dan fosfor. Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, produksi insulin hingga pengaturan dan pertumbuhan sel. Melakukan kegiatan di luar ruangan dan terpapar sinar matahari selama 5-10 menit dapat mencukupi kebutuhan vitamin D anak. Selain itu, kegiatan di luar ruangan membuat anak bergerak lebih bebas seperti berlari dan melompat. Hal ini baik untuk kesehatan anak dan melatih motorik kasar anak.

4. Mendekatkan anak dengan alam

kid reading book

Bermain di luar ruangan dapat mendekatkan anak dengan alam. Ajak anak untuk mengeksplorasi taman, hutan, atau pantai dan ajak mereka untuk merasakan sejuknya udara segar dan menikmati angin. Dengan begitu, anak akan dilatih untuk lebih peduli dengan lingkungan dan memiliki kesadaran untuk menjaga alam.

5. Meningkatkan kemampuan sosial

dua anak mengerjakan tugas

Ketika anak bermain di luar, ia akan bertemu dengan teman-temannya atau bahkan orang-orang baru. Hal ini akan melatih kemampuan bersosialisasi anak. Kemampuan sosialisasi yang baik memungkinkan kemampuan anak untuk memecahkan masalah dan bekerja sama dengan orang lain.

Itu dia lima manfaat kegiatan outdoor untuk anak. Anda sedang mencari kegiatan outdoor yang seru? Yuk daftar EF Go. EF Go adalah kegiatan petualangan di outdoor pertama di Indonesia. Kegiatan petualangan di EF Go bukan kegiatan yang biasa loh. Terdapat tantangan seru yang dapat mempererat kekompakan sekaligus mengasah kemampuan bahasa Inggris anak. Penasaran? Segera kunjungi EF Go! dan dapatkan harga spesial untuk keluarga. Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera ajak anak bermain di alam dan rasakan serunya berpetualang di EF Go!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_902fad73f5ea28e401f487dba43d86d7', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_902fad73f5ea28e401f487dba43d86d7', '1573649328', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)