Lingkungan dan Visi Berpengaruh pada Masa Depan Anak

2018.09.18
Lingkungan dan Visi Berpengaruh pada Masa Depan Anak

Jalan pemikiran Anda akan menentukan masa depan anak.

Ada berbagai opini berbeda perihal cara mendidik anak, dan kadang opini ini berlawanan satu sama lain. Ada orang tua yang berpendapat bahwa anak-anak memiliki jalur pertumbuhan mereka sendiri, sehingga orang tua tak perlu banyak ikut campur. Sebaliknya ada juga yang berpendapat bahwa kompetisi di dunia nyata sangatlah ketat, sehingga orang tua harus turun tangan langsung demi memastikan masa depan anak. Masing-masing opini tersebut ada benarnya. Menurut saya, elemen terpenting dalam pertumbuhan anak adalah memiliki lingkungan pertumbuhan yang sehat dan baik, serta memiliki orang tua yang berpikiran terbuka.

Bagaimanakah cara menciptakan lingkungan yang baik?

Lingkungan dimana anak bertumbuh tak hanya seputar dunia sekolah dan keluarga, tetapi juga pengaruh dari orang-orang dan hal-hal di sekitar mereka. Lingkungan pertumbuhan yang baik setidaknya harus memiliki 2 poin berikut ini:

  1. Orang tua yang memimpin dengan teladan, dan keluarga yang memberi dukungan rohani dan materi.

Orang tua tak boleh memaksakan kehendak di dalam proses pertumbuhan anak, Saya telah menyaksikan banyak orang tua yang menyerah dalam mengejar impian mereka, tetapi lalu ‘mewariskan’ impian ini pada anak mereka dan menuntut anak untuk mewujudkan impian tersebut. Para orang tua semacam ini mempunyai rencana mendetail tentang hidup anak mereka, mengorbankan semua waktu dan energi mereka, dan berpikir bahwa mereka telah membuka jalan bagi anak. Padahal sebenarnya hal ini adalah sebuah beban besar di mata anak. Anak tidak mendapatkan pengalaman berharga ataupun contoh nyata dari orang tua mereka. Ini adalah lingkungan pertumbuhan yang negatif.

Sebaliknya, orang tua harus bekerja keras untuk impian mereka sendiri, dan harus sadar bahwa anak dan orang tua merupakan 2 individu berbeda, serta memberi contoh nyata bagi anak.Ciptakanlah lingkungan keluarga yang aman dan nyaman. Biarkan anak merasakan rasa cinta dan hormat dari keluarga dan teman-teman mereka. Ajarkan anak bahwa setiap orang memiliki kepribadian dan impian masing-masing, tetapi setiap anggota keluarga saling terkait dan mendukung satu sama lain. Hubungan keluarga yang akrab dan intim semacam ini adalah lingkungan keluarga yang sehat dan positif.

  1. Memiliki lingkungan sosial dan pembelajaran yang baik.

Sangatlah penting untuk memilih sekolah yang mempunyai suasana belajar yang baik. Tetapi, orang tua sering lupa bahwa anak tingkat SMP-SMA biasanya sangat dipengaruhi oleh teman-teman sebaya mereka. Anak seringkali terpaksa mengikuti peer pressure agar bisa diterima oleh teman-teman mereka. Oleh karena itu, lingkaran pertemanan yang baik juga merupakan hal yang sangat penting bagi pertumbuhan anak.

Selain memperhatikan lingkungan belajar di sekolah, orang tua juga harus memberi perhatian khusus pada teman-teman sang anak. Doronglah anak untuk berteman dengan anak lain yang mempunyai pemikiran sama dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler berbeda. Dengan begitu, anak akan bisa belajar dan saling mendukung satu sama lain. Jangan lupa, dunia sosial anak saat ini juga termasuk dunia internet dan sosial media. Orang tua harus memperhatikan bahasan penggunaan Kesimpulannya, ciptakanlah dunia sosial yang sehat untuk anak.

Visi orang tua sangat mempengaruhi anak, dan merupakan kunci masa depan anak. Jadi bagaimanakah cara orang tua memperluas visi mereka?

Pertama-tama, kita harus mendefinisikan ulang “berguna” dan “tak berguna”.

Orang tua memberitahu hal-hal yang berguna dan tak berguna berdasarkan pengalaman hidup mereka, lalu mendidik anak untuk menghindari hal-hal yang tak berguna. Hal ini memang terdengar sangat masuk akal. Akan tetapi, di dunia yang selalu berubah ini, apa yang dulunya tak berguna mungkin saja akan menjadi hal berguna di masa depan; dan sebaliknya, hal yang saat ini dikejar oleh semua orang mungkin akan dianggap tak lagi penting di masa depan. Oleh karena itu, orang tua harus mengikuti perkembangan zaman; tetap mengandalkan pengalaman mereka, tetapi juga memandang jauh ke depan, melihat pola/gambaran yang lebih besar, lalu membimbing dan mendorong anakuntuk berani bertualang dan berani berkreasi. Orang tua tak boleh menggunakan alasan “berguna” dan “tak berguna” sebagai satu-satunya standar dalam melakukan sesuatu.

Biarkan anak memperluas visi mereka, dan berikan anak kesempatan untuk memilih.

Dunia masa depan adalah dunia yang penuh dengan keberagaman. Orang-orang tak puas hanya dengan satu keterampilan saja. Maka orang tua harus memberi kesempatan pada anak untuk memperluas visi dan melatih keterampilan, untuk mengenal diri mereka sendiri, beragam gaya hidup berbeda, dan dunia secara keseluruhan. Jangan terburu-buru untuk merancang kehidupan anak, karena rancangan orang tua belum tentu ideal untuk anak. Anak hanya bisa mengerti dunia dan diri mereka sendiri jika mereka diberi kesempatan untuk melihat dan mendengar lebih banyak. Berikan anak kesempatan untuk memilih apa yang mereka inginkan dalam hidup dan karir masa depan mereka.

Mendidik anak memang bukanlah hal yang mudah. Saya harap orang tua yang cerdas dapat menemukan titik keseimbangan, dan saya harap anak-anak Anda akan tumbuh besar dengan sehat dan bahagia berkat perhatian dan bantuan orang tua.

Mengenai penulis:

Tracy Liu (Mrs.)

Mrs. Tracy Liu adalah ibu dari 2 anak. Setelah lulus dari universitas Nankai dengan jurusan bahasa Inggris, dia telah bekerja di beberapa perusahaan internasional untuk berbagai peran dari jurnalis, sales, marketing hingga ke posisi senior manajemen. Dia pernah tinggal di Beijing, Shanghai, Paris, dan Hong Kong bersama dengan keluarganya. Saat ini dia hidup di Shanghai, dengan bekerja paruh waktu untuk merawat seorang putra berumur 11 tahun dan seorang putri berumur 6 tahun, dan separuh waktunya digunakan untuk bekerja menulis artikel orang tua di blogs dan forum orang tua. Pengalaman pribadi dan latar belakangnya telah mengajarkan dirinya pengertian yang mendalam mengenai kebudayaan Barat dan Timur mengenai pendidikan dan perkembangan anak-anak dan remaja. Dia memiliki kepercayaan yang mendalam bahwa setiap anak memiliki pemahaman dan pemikiran mereka sendiri, dan pekerjaan kita sebagai orang tua adalah untuk mengkultivasi dan menemukan metode yang bekerja untuk mendorong perkembangan yang sehat kepada masing-masing individu dan di dalam masyarakat.

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 7 Hari, klik link biru ini ▶PaydayKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!