Gaya Mengasuh Anak dan Pengaruhnya dalam Kesuksesan Mereka

2016.07.27
Gaya Mengasuh Anak dan Pengaruhnya dalam Kesuksesan Mereka

Apakah Anda pernah berpikir tipe orang tua seperti apakah Anda? Apakah Anda tahu gaya mengasuh anak secara umum dapat dikategorikan ke dalam empat macam? Terlebih penting lagi, apakah Anda tahu dengan mengetahui termasuk tipe orang tua apakah Anda dapat memberi keuntungan pada perkembangan anak Anda?

Ada banyak penelitian yang dilakukan para ahli mengenai macam-macam gaya orang tua dalam mengasuh anak dan pengaruhnya pada perkembangan anak. Ada dua aspek utama yang digunakan pada penelitian-penelitian ini, yaitu kontrol dan kehangatan. Kontrol di sini merujuk pada tingkat keseriusan orang tua dalam mengatur anak. Mulai dari sangat ketat dalam mengontrol anak sampai dengan sangat santai dan hanya memberi beberapa peraturan saja.

Di sisi lain, kehangatan merujuk pada tingkat di mana orang menerima dan menanggapi perilaku anak atau tidak menerima dan bahkan menolak perilaku anak. Ketika kedua aspek ini digabungkan sebagai alat ukur, maka aka nada empat tipe orang tua yang muncul. Berikut adalah ke-empat tipe orang tua tersebut:

 

 

  • Ambitious Comander

 

parents type_go getter

Orangtua dengan gaya pengasuhan ini memiliki tujuan yang jelas dan visi ideal bagi anak mereka. Cenderung dominan dalam pengambilan keputusan dengan mendorong mereka untuk medapatkan keahlian tertentu agar mereka dapat tampil unggul di sekolah maupun luar sekolah. Keberhasilan bagi mereka adalah saat melihat anak-anak berada di atas.

 

 

  • Silent Achiever

 

parents type_pathfinder

Orangtua dengan gaya pengasuhan ini percaya bahwa pertumbuhan alami sangat penting untuk perkembangan yang sehat anak mereka. Mereka cenderung mencari yang terbaik bagi anak-anak dan membangun lingkungan yang dapat dapat menarik minat belajar anak.

 

  • Short-term Worrier

 

parents type_incubator

Orangtua dengan gaya pengasuhan ini memberikan kebebasan bagi anak-anak dan memperhatikan kebutuhan mereka. Mereka memberikan bimbingan yang sesuai serta melancarkan jalan bagi anak-anak meraih kesuksesan di masa depan.

 

 

  • Happy-Go-Lucky

 

parents type_pharmacist

Gaya pengasuhan ini percaya pada perkembangan positif anak mereka. Mereka berusaha membangun hubungan yang kuat dengan anak-anak, memberi dukungan penuh terhadap kebutuhan mereka serta memastikan mereka dapat hidup dengan nyaman dan bahagia.

 

Sekarang Anda tahu empat kelompok besar tipe orang tua. Termasuk tipe orang tua apakah Anda? Ikuti Tes Gaya Pola Asuh Anda sekarang juga untuk cari tahu jawabannya!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_0f3b46e44fffeb4cc16c52d408f1fb6d', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_0f3b46e44fffeb4cc16c52d408f1fb6d', '1573761522', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)