EF Tips: 10 Tips Untuk Membangun Kedekatan Ayah dengan Anak

2017.09.15
EF Tips: 10 Tips Untuk Membangun Kedekatan Ayah dengan Anak

Tentu tak adil jika anak hanya dekat dengan ibu, sementara ayah juga punya peran penting untuk membangun kedekatan emosional dengan anak. Percaya atau tidak, ayah yang terlibat dalam tumbuh kembang anak membuat anak jadi lebih cerdas secara sosial, akademis, dan psikologis. Yuk, coba praktekkan tips sederhana di bawah ini:

  1. Beri perhatian bila anak menangis atau sedih
  2. Jangan terlalu keras dan memaksa
  3. Mengajak bermain saat waktu senggang. Jangan selalu sibuk dengan gadget
  4. Bicara dan berkomunikasi dengan baik. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan kata, lagu atau kecupan di pipi atau kening anak
  5. Beri dukungan dan pujian
  6. Jika Ayah salah, jangan sungkan untuk meminta maaf kepada anak
  7. Jangan bertengkar di depan anak. Jadilah panutan yang baik di depan anak
  8. Biasakan tak bawa pekerjaan kantor saat bermain dengan anak
  9. Libatkan anak membantu mengerjakan pekerjaan rumah yang tak terlalu rumit
  10. Ayah juga harus sesekali merasakan memberikan / menyuapi makanan pada anaknya

Mungkin Anda pernah mendengar istilah “Golden Age” yaitu periode sejak anak lahir hingga kurang lebih usia 6 tahun dipercaya sebagai periode keemasan, di mana anak mengalami perkembangan yang pesat terutama kecerdasan otak.

Proses pembelajaran pada pendidikan usia dini dapat mencapai hasil yang optimal bila anak mendapatkan stimulasi yang sesuai dengan perkembangan di usianya.

Anak belajar melalui observasi, eksperimen dan komunikasi dengan orang lain. Masa ini sangat penting sebagai pondasi utama bagi perkembangan anak di usia selanjutnya.

Oleh karenanya, di EF kami menyedikan pendidikan bahasa asing untuk usia dini mulai dari usia 3 – 6 tahun. Anak – anak dapat belajar bahasa asing dengan cara yang menyenangkan. Materi yang dikemas oleh tim akademik kami disesuaikan dengan kemampuan siswa, sehingga belajar bahasa asing di usia dini bukanlah sebuah hal yang menakutkan melainkan pilihan yang tepat untuk mengasah kemampuan dan kecerdasan anak.

Ketahui program kursus Small Stars yang ada di EF English First di sini dan dapatkan Penawaran Spesial untuk pendaftaran siswa baru hingga tanggal 25 September 2017. Jangan sampai ketinggalan!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_149e0d0a11595c95068d5bf09e72a62a', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_149e0d0a11595c95068d5bf09e72a62a', '1574143521', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)