Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

2019.07.30
Cara Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah IQ (intellectual quotient). Lalu, bagaimana dengan EQ? EQ (emotional quotient) adalah kecerdasan emosional yang menggambarkan seseorang mengatur emosinya dengan cara yang sehat. Para ahli mengatakan bahwa IQ harus diimbangi dengan EQ untuk membantu anak mencapai kesuksesan di masa depan. Anak dengan kemampuan EQ yang lebih tinggi juga diketahui memiliki risiko mengalami kecemasan dan depresi lebih rendah karena mereka terbiasa mengelola emosi dan mampu berhubungan dengan baik dengan lingkungan di sekitarnya.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Bagaimana cara meningkatkan kecerdasan emosional anak? Pertama, Anda perlu mengenalkan si kecil berbagai emosi mulai dari usia dua tahun. Misalnya jika anak tertawa, Anda bisa mengatakan “Adek senang ya lihat badut. Om badutnya lucu yaa?” Semakin sering si kecil mendengar jenis-jenis emosi, ia akan belajar menilai emosi apa yang sedang terjadi padanya. Anak usia dua tahun sudah mampu mengungkapkan keinginannya. Waktu ini adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak untuk mengontrol diri dan emosi. Misalnya ajarkan mereka bahwa keinginan mereka tidak mungkin akan dipenuhi semuanya. Tentu awalnya anak akan memberontak seperti menangis atau merengek. Namun, jika Anda tidak goyah dengan pemberontakan tersebut, maka anak akan belajar mengelola emosinya.

Kemampuan menjalin hubungan atau berinteraksi dengan orang lain juga berhubungan dengan kecerdasan emosional. Oleh karena itu, mulailah mengajarkan anak untuk berinteraksi dengan orang lain. Mulailah dari mengenalkan anak dengan keluarga atau saudara. Setelah anak sudah dapat berhubungan dengan baik dengan orang lain, tahap selanjutnya adalah berempati kepada orang lain. Sesekali, ajak anak ke panti asuhan atau rumah penampungan untuk memberikan donasi atau bantuan. Tujuannya agar anak terlatih untuk berbuat baik dengan sesama.

Itu dia beberapa cara untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak. Yang terpenting adalah, Anda harus menjadi role model yang baik untuk anak terlebih dahulu karena Anda adalah guru pertama anak. Prinsipnya adalah anak membutuhkan contoh yang nyata agar ia bisa menirunya.