Cara Asik Mengajarkan Anak Bahasa Inggris di Rumah

2017.03.09
Cara Asik Mengajarkan Anak Bahasa Inggris di Rumah

Mengajarkan anak bahasa Inggris di rumah memang susah-susah gampang. Tapi kalau sudah tahu trik yang tepat, anak bisa lebih tertarik untuk terus belajar bahasa Inggris, lho!

Temukan Cara Cepat dan Menarik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak, klik link biru ini ▶Pelajaran Bahasa InggrisFun Learning dan Games Seru hanya di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Orangtua mana, sih, yang nggak mau anaknya punya kompetensi yang baik? Punya daya saing di masa depan. Dengan bertambahnya jumlah populasi di dunia dan juga kemajuan teknologi yang pesat, persaingan generasi anak kita pasti akan jauh lebih berat dibandingkan dengan yang kita alami.  Zaman sekarang saja kita sudah dituntut untuk bisa bersaing hampir dengan 7 miliar orang. Gimana dengan anak-anak kita nanti?

Salah satu tanggung jawab kita sebagai orangtua adalah untuk memberikan keterampilan utuh yang dibutuhkan anak di masa datang. Baik kemampuan kompetensi, termasuk kualitas karakternya termasuk kamampuan literasi.

Bicara tentang kemampuan literasi tentu saja berkaitan dengan kemampuan anak dalam menguasai bahasa, termasuk Bahasa Inggris. Ya memang, bahasa ibu penting untuk dikuasai terlebih dahulu. Tapi, bahasa asing pun tak boleh ketinggalan.

Berdasarkan banyak penelitian yang dilakukan pakar bahasa, banyak yang mengatakan sebenarnya semakin cepat anak belajar bahasa asing, maka semakin mudah anak menguasai bahasa itu. Misalnya, McLaughlin dan Genesee yang berpendapat kalau anak-anak lebih cepat memperoleh bahasa tanpa banyak kesukaran dibandingkan dengan orang dewasa.

Namun dalam hal ini, Dra. Mayke S. Tedjasaputra M, Si, dosen perkembangan anak Fakultas Psikologi UI, mengingatkan bahwa orangtua sebaiknya sensitif, memperhatikan apakah anaknya bingung atau tidak jika dikenalkan beberapa bahasa sekaligus. Intinya, kalau anak sudah mampu memahami bahasa ibu, dan terlihat tidak bingung, mengajarkan bahasa asing sedini mungkin memang tidak masalah.

Lalu, metode apakah yang bisa digunakan di rumah untuk mengajarkan anak bahasa Inggris di rumah? Tentunya, sebagai orang tua kita perlu belajar metode mengajarkan yang seru dan menarik untuk menarik perhatian dan juga minat anak-anak untuk belajar.

book_icon Lewat Buku Cerita

Sejak masih di dalam kandungan, bisa mulai dibiasakan untuk membacakan buku cerita kepada bayi yang masih di dalam perut. Kebiasaan ini nantinya akan mudah diteruskan sampai si anak bertambah besar, menjadi kebiasaan membaca buku sebelum tidur. Buku yang dibacakan bisa diselang-seling antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Untuk lebih menyenangkan, orang tua bisa membaca dengan lebih banyak interaksi dengan anak dan juga mengajak diskusi setelah membaca buku.

Lihat rekomendasi buku anak bahasa Inggris dari EF sekarang.

talk_icon Percakapan sederhana dengan Bahasa Inggris

Jangan membatasi peluang anak untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya, percakapan sederhana sehari-hari di rumah bisa juga digunakan sebagai kesempatan untuk mendukung proses belajar anak. Misalnya, “Which of these two pants do you want to wear today?” Jika anak masih malu-malu untuk menjawab, Anda bisa memberikan pilihan. Misalnya, “The blue one? Or the black one?” Selalu ingatkan anak satu hal yang sangat penting: jangan pernah takut untuk salah. Dengan tahu kesalahan justru akan membuat kita belajar melakukan hal yang lebih baik dan benar, bukan?

games_icon Games

Bermain tentunya merupakan cara belajar asik dan menyenangkan untuk anak-anak. Siapa yang tak suka bermain? Ada banyak format permainan yang bisa dimainkan anak-anak mulai dari board game sampai ke gadget. Tentunya, setiap orang tua memiliki kebijakan masing-masing tentang jenis permainan yang boleh dimainkan oleh anak. Usia anak tentunya akan mempengaruhi keputusan ini. Untuk anak balita, mungkin permainan yang bisa disentuh seperti boneka tangan akan lebih sesuai. Anda bisa membuat percakapan lucu antara anak dan boneka. Untuk anak yang lebih besar, permainan board game seperti scrabble atau bingo bisa jadi pilihan seru untuk belajar bahasa Inggris.

Dapatkan games bahasa Inggris BINGO gratis di sini.

DIY_icon Membuat DIY

Kalau lagi malas ke luar rumah, kita bisa mengajak anak untuk melakukan prakarya. Tentunya nggak perlu membuat kerajinan yang rumit, karena yang penting adalah interaksi dengan anak dan juga bonding session. Kegiatan prakarya ini bisa juga digunakan sebahai kesempatan untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya, untuk mengucapkan instruksi sederhana seperti “Could you pass me the glue, please?”,“Why don’t you paint a picture?”, atau  “Can you help me tidy up?”.

Unduh berbagai kegiatan prakarya (DIY) gratis dari EF sekarang.

Dukungan orang tua sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan anak dalam berbasa Inggris. Selain belajar di rumah, tentunya Anda bisa mendaftarkan anak di tempat kursus yang berpengalaman dan profesional, seperti EF English First yang menyediakan kursus bahasa Inggris bagi anak-anak dan juga remaja.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_1f83626bf8fe4f8716b1086a9ad5c8b1', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_1f83626bf8fe4f8716b1086a9ad5c8b1', '1573642925', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)