Belajar Bahasa Inggris Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak?

2017.03.15
Belajar Bahasa Inggris Bisa Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak?

Sebagai orang tua, kita tahu pentingnya bagi anak-anak untuk memiliki rasa percaya diri. Memang, setiap anak itu unik dan memiliki keterampilan dan juga kemampuan yang berbeda. Namun, confidence atau rasa percaya diri merupakan salah satu keterampilan halus yang bisa dilatih dan dikembangkan pada diri setiap anak. Mempelajari bahasa baru, seperti Bahasa Inggris, bisa menjadi alat yang efektif untuk melatih dan meningkatkan rasa percaya diri ini. Kenapa begitu?

 

  • Keterampilan untuk berkomunikasi

 

 Sebagai makhluk sosial, kita tak akan pernah lepas dari kebutuhan untuk berkomunikasi. Tentunya, keterampilan untuk berkomunikasi ini berhubungan erat dengan seberapa bagus kita menguasai bahasa yang kita gunakan untuk berkomunikasi. Semakin banyak bahasa yang dikuasai, tentunya akan semakin membantu kita dalam berkomunikasi dengan lebih banyak orang.

Mungkin Anda berpikir, tak hanya kemampuan bahasa yang diperlukan untuk dapat berkomunikasi dengan baik! Diperlukan juga kemampuan untuk berpikir terbuka dan logis, kemampuan untuk mendengarkan, empati, dsb. Memang semua itu benar. Akan tetapi, kemampuan berbahasa adalah yang paling mendasar. Dengan berkomunikasi, anak akan merasa didengarkan. Ia akan merasa pendapatnya dan pemikirannya berharga bagi orang lain. Ini secara tak langsung akan meningkatkan rasa percaya diri anak.

 

  • Mengekspresikan ide

 

Apakah Anda pernah memperhatikan anak usia di bawah tiga tahun yang menangis berteriak-teriak karena kemauannya tidak dituruti, sementara orang tuanya juga tak tahu apa yang ia inginkan? Anak yang sudah bisa berbicara, namun tak memiliki kosakata yang cukup untuk mengungkapkan kemampuannya juga bisa merasakan stress seperti itu.

Ketika mempelajari bahasa asing seperti Bahasa Inggris, tentunya anak-anak tak bisa lepas dari mengingat kosakata dan peraturan tata Bahasa. Semakin kaya kosakata yang diingat, dan semakin dalam pemahaman akan peraturan tata bahasa, maka semakin kaya pula kemampuan untuk dapat mengekspresikan ide-ide yang ada di dalam kepala mereka. Hal ini  tentunya akan membantu meningkatkan percaya diri pada anak karena ia bisa berbagi ide dan mengungkapkan apa yang ia pikirkan kepada orang lain. Apalagi, jika ia bisa mengungkapkan idenya dalam bahasa asing.

 

  • Lebih daripada yang lain 

 

Hampir semua orang bisa menguasai satu bahasa. Namun, menguasai dua buah bahasa? Itu baru tak biasa. Anak yang fasih berbicara bahasa asing seperti Bahasa Inggris, akan merasa dirinya lebih daripada yang lain. Hal ini, jika dipupuk secara positif, tentunya dapat menjadi sumber pendorong rasa percaya diri luar biasa pada anak.

Semua anak ingin merasa hebat. Jika anak menguasai Bahasa Inggris secara fasih, tentunya bisa dipuji, “Kamu hebat yah! Bagus sekali Bahasa Inggrisnya.” Apakah ini akan meningkatkan rasa percaya dirinya? Tentu saja!

Menguasai Bahasa Inggris adalah satu dari banyak cara untuk meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Tunggu apa lagi, ayo bantu anak belajar Bahasa Inggris sekarang. Anda bisa mulai menjadi guru dan pendamping anak untuk belajar di rumah.

Unduh lembar kerja Bahasa Inggris gratis di sini!