Bagaimana Menggunakan Film Kartun untuk Mengembangkan Kosa Kata Anak Saya?

2016.09.07
Bagaimana Menggunakan Film Kartun untuk Mengembangkan Kosa Kata Anak Saya?

Apakah anak Anda penggemar film kartun? Pernahkah Anda menggunakan film kartun sebagai salah satu cara mengajarkan bahasa Inggris pada mereka? Kalau belum, inilah saatnya! Kartun dapat menjadi salah satu media yang efektif untuk mengajarkan sesuatu kepada anak-anak. Alasannya sederhana saja karena anak-anak suka sekali dengan film kartun. Tapi nggak semua film kartun sesuai buat mengajarkan bahasa Inggris. Ikuti tips berikut ini dalam memilih film kartun yang sesuai:

 

cartoon How to pick the right cartoons?/ Bagaimana memilih film kartun yang sesuai?

 

  • Pilih film kartun dengan penutur bahasa asli. Ini untuk memastikan bahasa yang digunakan asli dengan pengucapan yang benar.
  • Pilih tema yang konsisten. Contohnya: Kungfu Panda, pada film ini kata Master muncul lebih dari 100 kali, dengan begitu anak-anak menjadi mudah mengingatkan berkat pengulangan tersebut.
  • Hindari film kartun tanpa suara. Semua orang suka Tom and Jerry, tapi ini bukan film kartun yang sesuai untuk belajar bahasa Inggris. Alasannya karena tidak ada yang berbicara dalam film ini!
  • Pilih film kartun dengan latar belakang kehidupan sehari-hari. Ini dapat membantu mereka belajar kosa kata dan kalimat yang dapat digunakan setiap hari.

 

cartoon Watching it once is not enough/ Menonton Sekali Tidaklah Cukup

Anda perlu menontonnya berulang kali dengan anak-anak dan bimbing mereka melalui cara:

  • Saat pertama kali menontonnya, coba diskusikan apa yang terjadi di film dan informasi apa yang mereka dapatkan di film.
  • Waktu kedua kalinya, perhatikan kata-kata yang muncul lebih dari sekali dan berikan pertanyaan yang berhubungan dengan kosa kata tersebut.
  • Pada akhirnya, Anda dapat menggunakan kartu bergambar, soal latihan atau aktivitas lainnya untuk memperkuat ingatan.

cartoon2Perhatikan untuk tidak membacanya terlalu cepat.

 

cartoonPlay word games after watching the video/ Bermain Permainan Kata Setelah Menonton Video

 

  • Kata di dalam kata

Gunakan kesempatan yang ada untuk menggali lebih dalam kata yang ada agar anak-anak belajar bagaimana kata tersebut terbentuk. Contohnya: kata photographer, Anda dapat mengajarkan kata photo atau good morning – morning; fireman – fire, dan lain sebagainya.

  • Word Train

Saat anak Anda sudah menguasai kosa kata, Anda dapat bermain Word Train. Contoh: Jika dalam film muncul kata apple, Anda dapat meminta mereka memberikan kata-kata yang dimulai dari akhiran kata sebelumnya. ApplEEgGGirLdan seterusnya.


Baca juga tips lainnya dalam mengajarkan bahasa Inggris bagi anak Anda, KLIK DI SINI untuk artikel lengkap.

 

(Diedit dan ditulis ulang dari: https://www.teachingenglish.org.uk/article/using-c