Bagaimana Cara Membantu Anak Saya Belajar Bahasa Inggris?

2016.09.05
Bagaimana Cara Membantu Anak Saya Belajar Bahasa Inggris?

Ingin membantu anak Anda belajar bahasa Inggris di rumah tapi kesulitan untuk memulainya? Mungkin Anda merasa kurang percaya diri akan kemampuan bahasa Inggris sendiri atau belum menemukan metode yang tepat. Untuk itu, kami akan memberikan 6 tips yang dapat membantu Anda mengajarkan bahasa Inggris di rumah:

 

study2 Using stories / Menggunakan Cerita

Anak-anak suka dengan buku yang berwarna-warni dan ilustrasi yang menarik. Pilihlah buku cerita bahasa Inggris dengan ilustrasi. Saat membacakan buku dalam bahasa Inggris, bimbing mereka untuk melihat gambar. Anda dapat menunjuk pada berbagai benda yang ada dalam gambar sambil menanyakan pertanyaan sederhana seperti, “Where is the cat?”.

Anda dapat menggunakan metode ini saat cerita menjadi lebih dinamis. Ini membantu mereka mengembangkan kemampuan mendengar dalam bahasa Inggris.

 

studyUsing songs / Menggunakan Lagu

Mother and her little daughter sing into the microphone, looking

Lagu adalah salah satu cara mempelajari kata-kata baru dan meningkatkan pengucapan mereka. Melalui kalimat bersajak dan pengulangan, mereka dapat belajar kata-kata baru dengan lebih mudah. Aksi yang dilakukan saat bernyanyi juga membuat mereka mudah untuk mengerti arti kata dalam lagu.

 

study2 Using English in everyday situations / Gunakan Bahasa Inggris dalam Keseharian

Dimulai dengan hal sederhana, seperti berbicara mengenai baju:

“Let’s put on your shirts.”

“Which of these two pants do you want to wear today?”

Biarkan anak-anak terbiasa mendengar dalam bahasa Inggris sebelum mereka mulai menggunakannya. Perlahan-lahan Anda dapat meningkatkan kesulitan kalimat dan kosa kata seiring dengan perkembangan bahasa mereka.

 

study Play in English / Bermain dalam Bahasa Inggris

study4

Anak-anak secara alami belajar dari lingkungan mereka. Mereka belajar melalui percobaan dan kesalahan yang dilakukan. Untuk membantu mereka berbahasa Inggris, coba bermain dalam bahasa Inggris. Anda dapat bermain berbagai permainan populer dalam bahasa Inggris seperti, hide and seek (petak umpet), iSpy, atau unduh aplikasi permainan yang menggunakan bahasa Inggris di gadget Anda.

 

study2 Do it Yourself! / Prakarya

Anak-anak senang dengan kegiatan yang melibatkan keterampilan motorik; menggunting, menempel, memasak hingga menggambar. Lakukan ini bersama mereka dalam bahasa Inggris! Anda dapat menggunakan bahasa Inggris untuk instruksi seperti:

 

“Could you pass me the glue, please?”

“Why don’t you paint a picture?”

“Can you help me tidy up?”

 

Jika Anda merasa tidak percaya diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris, gunakan instruksi tertulis dalam bahasa Inggris atau audio.

 

study Establishing a routine / Menciptakan Rutinitas

Bagi anak usia dini waktu belajar 15 menit sudah cukup untuk melatih bahasa Inggris mereka. Anda dapat menambah waktu seiring bertambahnya usia mereka. Coba lakukan aktivitas yang sama setiap hari dan biarkan mereka merasa nyaman dan percaya diri akan kegiatan tersebut. Anda dapat bermain dalam bahasa Inggris atau membacakan buku cerita dalam bahasa Inggris setiap hari setelah pulang sekolah. Jika Anda punya ruangan yang cukup besar, buatlah “English corner” dimana Anda menyimpan semua materi bahasa Inggris yang ada. Pengulangan sangatlah penting – anak-anak perlu mendengar kata dan frase berulang kali sebelum mereka akhirnya menggunakannya.

 

Dukung dan mulailah dari hari ini bersama kami. Kami menyediakan berbagai materi belajar gratis, mulai dari dongeng anak, kartun bahasa Inggris hingga berbagai tips belajar bahasa Inggris yang berguna. Semua ada di EF Blog!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_e689b044620fcf79ceb3b5103a0a2d47', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_e689b044620fcf79ceb3b5103a0a2d47', '1574216434', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)