6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

2019.03.14
6 Cara Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

Carl Pickhardt, seorang psikolog mengatakan musuh dari kepercayaan diri adalah patah semangat dan ketakutan. Ia menambahkan bahwa anak yang kurang percaya diri tidak mau mencoba hal-hal baru atau hal-hal yang berbau tantangan karena mereka takut gagal dan mengecewakan orang lain.

Untuk itu, menumbuhkan rasa percaya diri pada anak penting ditanamkan di dalam diri anak sejak dini. Anda dapat melakukan 6 hal berikut untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak Anda.

1. Temukan kegiatan yang membuat anak senang

Semua anak memiliki bakat yang berbeda-beda. Ada yang memiliki bakat menyanyi, memainkan alat musik, olahraga, menulis, melukis, atau mempelajari bahasa asing. Cari tahu apa bakat alami si kecil dan libatkan anak ke dalam kegiatan yang sesuai dengan minatnya.

Setelah Anda berhasil menemukan kegiatan yang membuatnya senang jangan lupa untuk terus mengasahnya. Pickhardt mengatakan latihan adalah proses menanam usaha dengan harapan dan kepercayaan diri, kemajuan dan perbaikan akan mengikuti secara alami. Tapi, Anda harus berhati-hati jangan sampai latihan tersebut membuat anak tertekan.

Jika anak Anda memiliki minat mempelajari bahasa asing, Anda dapat mengikutsertakan buah hati Anda ke EF Life Club. EF Life Club merupakan kegiatan extrakulikuler  yang penting dan merupakan bagian dari pengajaran komprehensif oleh EF. Dengan tema kegiatan yang beragam, anak dapat melakukan berbagai macam aktivitas yang seru sambil meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

2.Ajarkan arti kerja keras

kid studying with friends

Ajarkan anak untuk memahami arti kerja keras. Berikan pengertian bahwa untuk menggapai sesuatu dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan juga kegigihan. Jika anak mengerti mengapa mereka perlu bekerja keras, ia akan memiliki pandangan yang berbeda tentang kehidupan. Anak-anak akan senang untuk sering melakukan kegiatan dan merasa bangga ketika mereka berkontribusi. Dengan cara ini, anak-anak tahu bahwa mereka mampu dalam banyak hal. Hal ini yang membangun karakter dan membantu membangun kepercayaan diri pada anak.

3.Jangan pernah membandingkan

girl with her reflection

Setiap anak dikaruniai bakat yang berbeda-beda. Oleh karena itu jangan pernah Anda membanding-bandingkan dengan anak lain. Berikan motivasi kepada anak tanpa harus membandingkan dengan orang lain, karena hal ini akan mengganggu psikologis anak

4. Intens melakukan komunikasi

mother and daughter

Salah satu hal yang dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri adalah ketika ia mampu mengungkapkan yang terjadi pada dirinya. Oleh karena itu, luangkanlah waktu untuk mengobrol dengan anak sehingga anak dapat menceritakan apa saja hal yang terjadi pada dirinya.

5.Beri tantangan baru

Beri tantangan baru kepada anak ketika Anda melihat ia sudah mulai jenuh dengan kegiatan sehari-harinya. Anda juga dapat mengikutsertakan anak untuk mengikuti kompetisi. Apakah Anda tahu kompetisi memiliki manfaat untuk anak? Klik link berikut untuk mengetahui manfaat kompetisi untuk anak.

Untuk ketiga kalinya EF kembali  mengadakan EF Challenge. EF Challenge merupakan video kompetisi dan juga kompetisi ajang bakat untuk anak usia 3-9 tahun dan remaja usia 10-17 tahun. Kompetisi ajang bakat ini tentu merupakan kesempatan emas untuk memberikan tantangan baru sekaligus menunjukkan bakat anak

6.Beri penghargaan

Ketika anak berhasil menjalani sebuah tantangan, beri penghargaan kepadanya agar ia termotivasi untuk melakukan tantangan-tantangan berikutnya. Ingat,  menang atau kalah adalah hal yang biasa. Anda harus mempersiapkan anak untuk menerima kemenangan dan kekalahan dengan baik. Anda dapat melatih agar anak berjiwa besar ketika menerima kekalahan atau sebaliknya, mengajari anak untuk tetap rendah hati ketika menjadi pemenang. Yang perlu Anda tekankan kepada anak adalah, untuk menggapai sesuatu dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan juga kegigihan. Jika anak Anda mengalami kekalahan, berikan motivasi kepada anak untuk berusaha lebih giat lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Anda sudah siap mengikutsertakan sang buah hati di EF Challenge 2019? Submit video bakat terbaik anak Anda di EF Challenge 2019 dan raih grand prize EF homestay voucher senilai US $ 5,000!
.

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_b2f9335f9dd542e984d0c23835fae12b', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_b2f9335f9dd542e984d0c23835fae12b', '1573827564', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)