5 Tips Mengajarkan Anak Mandiri

2019.06.19
5 Tips Mengajarkan Anak Mandiri

Anda pasti menginginkan si kecil menjadi mandiri. Biasanya, anak yang mandiri akan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan, lebih percaya diri, dan mampu menyelesaikan masalahnya dengan lebih baik. Selain itu anak mandiri juga tidak terlalu tergantung dengan orang tua dan tidak akan manja. Namun, terkadang kebiasaan dalam mengasuh anak tanpa disadari membuat anak menjadi manja. Membuat anak menjadi mandiri tentu membutuhkan waktu. Tips berikut ini dapat Anda coba untuk mengajarkan anak menjadi mandiri.

1. Membuat jadwal harian

daily schedule
Jadwal harian membantu anak lebih mudah mengingat dan memahami apa yang harus mereka kerjakan. Jadwal harian juga membuat anak belajar bertanggung jawab dan membantu mereka mengingat apa yang harus mereka kerjakan. Untuk itu, mulai biasakan si kecil untuk membuat jadwal harian.

2. Jangan selalu membantu

girl helps boy

Bagian ini mungkin sulit dilakukan. Namun, Anda harus dapat membedakan aktivitas mana yang perlu dibantu, dan mana yang bisa dilakukan sendiri oleh anak. Biarkan anak bereksplorasi meskipun ruangan menjadi berantakan dan mengotori lantai. Cukup awasi anak dari jauh dan baru bantu anak jika ia membutuhkan pertolongan orang dewasa seperti menggunting kertas atau mengambil benda yang tidak terjangkau oleh anak.

3. Ajari untuk mematuhi peraturan

Setiap keluarga pasti memiliki peraturan yang berbeda. Ajari anak sejak dini tentang peraturan dan mematuhinya. Dan Anda harus konsisten untuk menegakkan peraturan. Jika makan malam dimulai pukul 7 malam, maka setiap hari makan malam dimulai pukul 7 malam. Jika anak merengek tidak mau makan malam malam dan Anda luluh, maka anak akan menganggap bahwa peraturan dapat berubah. Sedangkan jika Anda tegas dan konsisten, anak akan belajar menghargai peraturan.

4. Latih untuk mengambil keputusan

kids clothing

Untuk melatih kemandirian, Anda harus menanamkan rasa percaya pada anak. Berikan kebebasan anak untuk memilih. Anda bisa mulai dengan membiarkan anak untuk memilih pakaiannya sendiri. Berikan pujian agar anak merasa lebih percaya diri dengan pilihannya.

5. Biasakan untuk mengucapkan tiga kata ajaib

three magic word
Mengajarkan anak untuk memiliki kemandirian tidak hanya dari kegiatan yang mereka lakukan melainkan juga dari apa yang mereka ucapkan. Anda harus mulai membiasakan anak untuk mengucapkan tiga kata ajaib; tolong, terima kasih, dan maaf. Mengucapkan tolong saat meminta bantuan orang lain, terima kasih sebagai ungkapan pada orang lain yang telah membantu dan maaf saat melakukan sebuah kesalahan juga merupakan salah satu modal penting dalam membentuk karakter anak yang mandiri.

Itu dia lima tips yang dapat Anda coba untuk mengajarkan si kecil menjadi mandiri. Anda tidak perlu menunggu hingga anak besar untuk menerapkan tips ini. Semakin cepat Anda mengajari, maka anak akan menjadi mandiri dan tidak manja. Selamat mencoba.