5 Olahraga Seru Untuk Keluarga

2019.06.10
5 Olahraga Seru Untuk Keluarga

Olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan dan menyehatkan apalagi jika dilakukan bersama keluarga. Berolahraga bersama keluarga tidak hanya membuat badan sehat, namun juga dapat meningkatkan kekompakan dalam keluarga dan tentu saja mempererat hubungan dalam keluarga. Bagi anak, olahraga memberikan banyak manfaat seperti, meningkatkan kecerdasan, mengajarkan anak nilai sportivitas, sebagai sarana sosialisasi bagi anak, membangun percaya diri mereka dan meningkatkan rasa bahagia. Olahraga seru di bawah ini bisa menjadi referensi untuk Anda untuk menghabiskan akhir pekan Bersama keluarga.

1. Berlari/ Jogging

Jogging atau berlari adalah olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan jantung, pembakaran kalori dan pembentukan massa jantung. Olahraga ini adalah jenis olahraga yang paling sederhana karena tidak memerlukan peralatan khusus. Namun, Anda tetap perlu memerhatikan beberapa hal seperti melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan memulai olahraga ini secara bertahap untuk menghindari cedera. Nah, untuk si buah hati A nda dapat melatihnya dengan berjalan santai terlebih dahulu agar anak mulai terbiasa. Anda dapat mulai dengan mengajak anak untuk berjalan jalan dan berlari kecil di taman maupun lapangan di dekat rumah.

 

2. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh anak. Berenang memberikan manfaat yang penting bagi tumbuh kembang anak, seperti melatih keberanian dan kedisiplinan. Selain itu, berenang termasuk keahlian yang dapat terus dimiliki anak hingga dewasa. Sehingga tidak heran apabila berenang merupakan salah satu kemampuan yang perlu dipelajari sejak dini. Olahraga yang memerlukan gerakan dari seluruh anggota tubuh ini diyakini membakar kalori tubuh lebih cepat dari berjalan kaki. Anak-anak mungkin saja tidak secara spontan berani dalam melakukan olahraga ini. Oleh karena itu, peran orang tua sangat perlu dalam mengenalkan anak kepada olahraga renang. Anak dapat memulainya dengan bermain air di kolam dangkal dan setelah itu Anda dapat mulai mengajarkan anak teknik-teknik dasar dalam berenang seperti menggerakkan tangan dan kaki. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati di kolam renang dan melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk mengindari kram saat berenang.

 

3. Bersepeda

 

Sepeda adalah salah satu hiburan permainan bagi anak. Sepeda tidak hanya menyenangkan namun juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan metabolisme, membakar lemak tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan keseimbangan tubuh. Sebagai permulaan, Anda dapat mengajak anak bersepeda di sekitar perumahan Anda sebelum mengajak mereka ke track yang lebih jauh lagi. Selain itu, Anda juga perlu untuk melengkapi peralatan yang menunjang olahraga ini seperti helm, pelindung lutut, celana khusus bersepeda dan botol minum agar Anda dan buah hati tetap terhidrasi dengan baik.

4. Sepak bola

Olahraga ini merupakan salah satu olahraga andalan karena kita sering kali mengajak anak bermain dengan menggunakan bola sejak kecil. Sepak bola bermanfaat dalam kesehatan anak, yaitu dapat merangsang perkembangan sistem saraf anak. Sepak bola tidak hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tapi juga pada kepribadian anak. Anak akan belajar membaca situasi yang sedang dihadapinya dan melatih anak untuk bekerja sama dengan tim. Selain itu anak juga dapat belajar belajar untuk berkonsentrasi, fokus dan tanggung jawab. Sebagai orang tua, kita perlu mendampingi anak dalam bermain sepak bola. Anda dapat memulai dengan teknik menendang sederhana dan mengoper bola di pekarangan atau lapangan yang luas agar anak dapat lebih puas bermain. Namun sebelum bermain sepak bola, ada baiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu agar tidak cedera.

5. Badminton

Prestasi para atlet badminton Indonesia sudah tersohor di mancanegara. Anda dapat mengenalkan badminton sejak dini kepada anak. Siapa tau, di masa depan si kecil menjadi atlet badminton yang mengharumkan Indonesia. Badminton melatih ketangkasan, kecepatan, juga menguatkan otot kaki dan tangan. Anda bisa melakukan permainan bersama anak Anda, atau membuat tim bersama anggota keluarga yang lain.

Itu dia 5 olahraga seru yang dapat Anda lakukan bersama keluarga tersayang. Mengajak anak berolahraga sangat bermanfaat, tidak hanya bagi fisiknya namun juga mental dan kepribadian anak. Melalui olahraga, anak juga dapat belajar nilai sportivitas, kerja sama dan fokus. Sudah siap untuk olahraga di akhir pekan ini atau sedang mencari kegiatan seru? Yuk daftar EF Go. EF Go adalah kegiatan petualangan di outdoor pertama di Indonesia. Kegiatan petualangan di EF Go bukan kegiatan yang biasa loh. Terdapat tantangan seru yang dapat mempererat kekompakan keluarga sekaligus mengasah kemampuan bahasa Inggris anak. Penasaran? Segera kunjungi EF G0 dan dapatkan harga spesial untuk keluarga. Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera ajak anak bermain di alam dan rasakan serunya berpetualang di EF Go!