5 Keuntungan Belajar Inggris Sejak Usia Dini

2017.01.13
5 Keuntungan Belajar Inggris Sejak Usia Dini

Pertanyaan umum yang ditanyakan oleh orangtua adalah: kapan waktu yang tepat untuk belajar bahasa Inggris? Jawaban kami adalah The earlier the better! (Lebih cepat lebih baik). Apa alasannya?

Anak-anak usia dibawah 6 tahun sangat sensitif terhadap sinyal wicara. Artinya, mereka dapat mengimitasi dan belajar aksen dengan sangat mudah. Ini menjadi alasan mengapa belajar bahasa Inggris sejak usia dini sangat dianjurkan. Berikut adalah 5 keuntungan yang dapat mereka peroleh dari belajar bahasa Inggris sejak dini:

starts3 Achieve confidence (Meraih kepercayaan diri)

Kita tahu kalau rasa percaya diri merupakan kunci dalam motivasi belajar anak. Saat anak-anak merasa kesulitan menerima pelajaran, ini dapat menurunkan rasa percaya diri dan semangat belajar mereka (apapun jenis pelajarannya).

Belajar bahasa Inggris sejak dini dapat menjadi salah satu upaya untuk mencegah mereka kehilangan kepercayaan diri. Saat mereka memasuki dunia sekolah maka pelajaran bahasa Inggris yang diperoleh sebelumnya dapat membantu mereka mempersiapkan diri untuk pelajaran bahasa Inggris di kelas. Dengan tampil lebih unggul melalui pengalaman belajar sebelumnya tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri.

stars5 Be creative (Kreatif)

Berdasarkan analisa kasus, siswa yang belajar bahasa Inggris setelah memasuki sekolah dasar memiliki kecenderungan untuk merasa khawatir salah mengucapkan kata-kata dibandingkan mereka yang belajar bahasa Inggris di usia lebih awal.

Kalau begitu, kenapa nggak ajak anak Anda “bermain” dengan kata-kata dalam bahasa Inggris saat mereka masih terbebas dengan aturan yang disebut dengan “jawaban yang benar”.  Ini merupakan saat terbaik bagi mereka untuk mengeksplorasi sebuah bahasa dan menemukan caranya sendiri untuk memahami bahasa tertentu.

stars4 Love reading (Gemar membaca)

Serial TV, film, radio and kartun merupakan media yang menarik bagi anak-anak. Ini menjadikan buku sebagai media yang tidak menarik lagi. Padahal buku merupakan media yang baik dalam memperkenalkan bahasa dan latar belakarng budaya. Sama halnya dengan koran yang merupakan sumber informasi dari perkembangan bahasa dan berita bagi warga negara.

Jika Anda mendorong si kecil untuk membaca buku bahasa Inggris sejak dini maka mereka akan memperoleh kebiasaan membaca yang dapat dikembangkan di kemudian hari. Ingatlah untuk selalu memulainya dari yang termudah!

stars Be outgoing (Mudah bersosialisasi)

Apakah Anda khawatir jika si kecil memiliki kepribadian yang introvert? Jika, ya ajak ia belajar bahasa Inggris! Fungsi utama bahasa adalah untuk berkomunikasi. Jika si kecil mulai diperkenalkan dengan bahasa Inggris sejak dini maka ia akan lebih percaya diri untuk berbicara dengan teman, guru bahkan orang asing.

stars2 Increase Parent-Child Interactions (Meningkatkan interaksi orangtua-anak)

Belajar bahasa Inggris memiliki keuntungan yang besar dan tidak hanya terfokus pada anak. Saat orangtua ikut serta dalam pendidikan anak maka ini dapat meningkatkan interaksi antara orangtua dan anak.

Waktu Anda membantu anak-anak membaca buku komik dalam bahasa Inggris atau bermain aplikasi bahasa Inggris di iPad atau bernyanyi bersama, aktivitas ini dapat membantu memperkuat hubungan Anda dengan mereka. Manfaatkan waktu yang ada dengan mereka baik untuk membangun hubungan maupun meningkatkan kemampuan mereka!

 

Setelah mengetahui berbagai keuntungan belajar bahasa Inggris sejak usia dini, tentunya Anda sudah siap untuk memulainya, bukan? Sebagai langkah pertama, Anda dapat memulainya bersama kami melalui program EF Small Stars yang diperuntukan bagi anak-anak usia 4-6 tahun.

 star  star  star