5 Cara Melatih Anak Mengambil Keputusan

2019.06.19
5 Cara Melatih Anak Mengambil Keputusan

Setiap hari kita dihadapkan pada berbagai macam pilihan, mulai dari bangun tidur hingga malam hari. Oleh karena itu mengambil keputusan dengan bijak sangat penting. Mengambil keputusan pada penting ditanamkan sejak dini karena terkait dengan kemandirian anak. Bagaimana memulai mengajarkan anak mengambil keputusan? Simak tips di bawah berikut ini yaa.

1. Tunjukkan caranya

Perlihatkan kepada anak bagaimana cara mengambil keputusan. Contohnya saat memilih menu di restoran, memilih film yang akan ditonton, dan lainnya. Lalu beri penjelasan kepada anak kelebihan dan kekurangan untuk setiap pilihan. Hal ini mengajarkan si kecil bahwa sebelum menentukan pilihan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu.

2. Persempit pilihan


Jika anak langsung dihadapakan pada banyak pilihan, anak malah akan bingung. Untuk itu, sebaiknya batasi pilihan yang diberikan lalu biarkan anak memilih. Contohnya ketika membeli baju, minta si kecil memilih antara warna biru atau abu-abu.

3. Menjelaskan sisi positif dan negatif pada tiap pilihan


Saat melatih anak dalam mengambil keputusan, ada baiknya Anda membantu untuk menjelaskan hal positif maupun negatif yang dapat ditimbulkan dari keputusan yang akan mereka buat. Dengan begitu, anak akan berlatih untuk berpikir secara rasional. Selain itu hal tersebut dapat membantu anak dalam memperkaya pengetahuan mereka mengenai kemungkinan-kemungkinan yang akan ditimbulkan, yang mungkin tidak terpikirkan oleh mereka sebelumnya.

4. Hormati keputusan anak

Ketika anak telah memilih, hormati segala keputusan yang telah ditentukan oleh anak. Anda dapat terus mendukung keputusan anak dan memberikan feedback tentang pilihannya. Dengan demikian, anak akan lebih percaya diri. Namun apabila keputusan yang dipilih oleh anak dirasa kurang tepat. Jangan memarahi mereka, karena hal tersebut bagian dari proses belajar anak.

5. Ajak anak diskusi

Membuat keputusan yang bijak tentu saja tidak dapat dilakukan secara instan, melainkan membutuhkan waktu. Luangkan waktu untuk berdiskusi dengan anak tentang pengalaman Anda dalam mengambil keputusan atau tanyakan apakah ada hal yang perlu Anda bantu atau tidak.

Demkian lima tips yang dapat membantu anak berlatih dalam mengambil keputusan. Intinya, biarkan mereka belajar menentukan keputusan mulai dari hal yang paling sederhana dan jangan lupa untuk memberikan feedback positif kepada mereka agar mereka semakin termotivasi untuk lebih mandiri dan tidak takut dalam membuat keputusan. Selamat mencoba!