5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Bonding Bersama Anak

2019.06.26
5 Aktivitas Untuk Meningkatkan Bonding Bersama Anak

Bonding adalah ikatan emosional yang terjalin antara anak dan orangtua. Ikatan emosional ini tidak muncul begitu saja. Namun, tercipta melalui kebiasaan-kebiasaan atau kegiatan yang dilakukan bersama antara anak dan orangtua. Kebiasaan seperti makan bersama atau beribadah bersama bisa memunculkan ikatan antara anak dan orangtua. Untuk melakukan bonding time, seluruh anggota keluarga harus berkomitmen untuk ikut serta mengikuti kegiatan. Sedang mencari ide untuk meningkatkan bonding dengan si kecil? Lima kegiatan berikut ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan bonding dengan si kecil

1. Mendongeng

storytelling with kids

Setelah seharian beraktivitas di luar, mendongeng menjadi kegiatan untuk meningkatkan komunikasi antara anak dan orangtua. Selain dapat meningkatkan bonding dengan anak, mendongeng dapat meningkatkan imajinasi anak yang penting untuk perkembangan daya pikir anak. Manfaat mendongeng lainnya adalah, anak memiliki tabungan kosakata yang banyak dan bermanfaat untuk keterampilan bahasanya kelak.

 

2. Memasak

cooking with kids

Kegiatan satu ini cocok dilakukan di akhir pekan. Tentukan menu yang akan dibuat dan ajak anak untuk berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan. Tidak perlu membuat menu yang terlalu rumit, asalkan semua anggota keluarga terlibat. Anda dapat membagi tugas antar anggota keluarga misalnya Anda dan pasangan bertugas untuk memotong-motong bahan dan memasak, sedangkan si kecil bertugas untuk mencuci bahan-bahan, menimbang, atau memberikan hiasan (garnish) ketika makanan jadi. Setelah makanan selesai dibuat, jangan lupa untuk bersantap bersama yaa.

3. EF GO 

Si kecil senang dengan kegiatan outdoor? Anda bisa mengikuti EF GO yang akan berlangsung di Agustus 2019 ini. EF Go adalah kegiatan petualangan di outdoor dengan jarak tempuh 3,5 K pertama  di Indonesia. Kegiatan petualangan di EF Go bukan kegiatan yang biasa loh. Banyak tantangan seru yang dapat mempererat kekompakan dan bonding antara Anda dan anak. Selain itu, tantangan yang ada di EF Go akan mengasah kemampuan bahasa Inggris anak.

4. Berkebun

Ajari anak mencintai lingkungan dengan berkebun. Untuk melakukan kegiatan ini, tidak perlu membutuhkan halaman yang luas. Anda cukup menyiapkan pot, tanah, dan benih tanaman. Jika tidak ada pot, Anda bisa memanfaatkan botol bekas sebagai media tanamnya loh. Anda juga dapat mencoba menanam sayuran dengan metode hidroponik seperti sawi atau bayam. Hasil panennya bisa Anda buat santapan lezat dan sehat untuk keluarga.

5. Bernyanyi 

Selain dapat meningkatkan kekompakan, ada banyak manfaat yang didapat dari bernyanyi. Antara lain melatih kecerdasan anak, melatih kemampuan mengingat, dan juga melatih kecerdasan emosi anak loh. Kecerdasan emosi berinteraksi dengan orang lain nantinya, maupun dalam mengolah perasaannya sendiri.

Itu dia lima inspirasi kegiatan yang dapat meningkatkan bonding antar anggota keluarga. Jangan lupa untuk mengunjungi EF Go! dan dapatkan harga spesial! Jadi, tunggu apa lagi, yuk segera ajak anak bermain di alam dan rasakan serunya berpetualang di EF Go!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_2b7424cf453f3682ba70017408de89c1', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_2b7424cf453f3682ba70017408de89c1', '1573758559', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)