4 Tips Mengubah Kreatifitas Menjadi Bisnis di Masa Depan

2019.08.19
4 Tips Mengubah Kreatifitas Menjadi Bisnis di Masa Depan

“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.

Kutipan di atas adalah kutipan dari seorang Pendiri Negara Indonesia ini, Ir. Soekarno. Kutipan penyemangat kepada generasi muda dan mempunyai makna yang dalam terhadap keberlangsungan negeri ini, Indonesia 🇮🇩. Generasi muda seiring dengan perkembangan teknologi belakangan ini seharusnya semakin banyak mendapatkan wawasan yang luas terhadap hobi yang di milikinya, menjadikannya sebagai skill tambahan dan bukan malah berkutat di dalam aktifitas keseharian yang tidak bermanfaat.

Diskon (((Lagi))) s/d 2,4 Juta di EF Kursus Bahasa Inggris, lebih detail klik link biru ini PROMO ▶Extra FunBelajar Bicara Inggris di EF English First makin menyenangkan!

Nah menyikapi hal tersebut, berikut 4 Tips yang bisa membuat hobi kamu menjadi skill yang bermanfaat dan bisa menjadi ladang bisnis di kemudian hari :

1. Ubah Hobi Kamu Menjadi Keterampilan (Identify Hobby and Turn it Into Skills)

hobi

Tantang sisi kreatif dan inovatif kamu dengan melakukan aktifitas yang mendorong kamu di luar zona nyaman. Banyak contoh pebisnis sukses yang memulai bisnis mereka dari hobi yang mereka asah menjadi suatu keterampilan. Pada akhirnya, jika tidak diasah, hobi akan tetap menjadi hobi. Namun keterampilan pada umumnya memiliki nilai jual dan komersil jika dikembangkan.

2. Temukan Komunitas Kreatif di Indonesia (Find the Right Community)

komunitas kreatif

Banyak komunitas-komunitas kreatif di Indonesia yang bisa menampung ide kreatif dan yang diciptakan untuk menjadi ruang berkreasi dan berkarya. Menjadi bagian dari komunitas yang sesuai dengan industri kreatif yang kamu minati, memiliki banyak keuntungannya di antaranya bisa mengikuti workshop dan seminar-seminar eksklusif.

3. Asah Skill Bisnis Kamu (Learn Business Acumen)

business acumen

Salah satu hal terpenting dalam mengubah kreatifitas menjadi bisnis adalah pengasahan kecerdikan/ kemahiran berbisnis (business acumens) dan tentunya juga didukung dengan Business Plan yang baik. Jika mengandalkan kreatifitas saja, produk hanya akan memiliki nilai seni, tapi dengan mengerti dasar berbisnis, produk kini memiliki nilai jual. Contoh keterampilan berbisnis yang bisa dipelajari dengan mudah secara online antara lain adalah cara pemasaran barang, akuntansi dasar, dan pengaturan sumber daya manusia.

4. Jalin Kerjasama Pendanaan (Find Source of Funding)

funding

Menemukan sumber pendanaan untuk bisnis di masa depan. Tergantung dari tipe bisnis yang hendak digeluti, pendanaan bisnis bisa dilakukan dengan berbagai cara. Secara tradisional, pendanaan bisnis bisa didapat dari dana pribadi/ keluarga, investor, atau crowdfunding.

Bagaimana, apakah sudah terpikirkan hobi dan keterampilan yang kamu miliki? Kalau sudah yakin dengan skill kamu yuk buruan ikutan ▶ EF 360Kompetisi Ide Bisnis dari EF dengan hadiah Kursus Bahasa Inggris, beasiswa dan tentunya Trip to Shanghai ke EF Global Office.

trip to shanghai

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_a9213b54c614a884b08139a39c648288', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_a9213b54c614a884b08139a39c648288', '1574264974', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)