4 Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengikuti Kompetisi

2019.03.13
4  Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Mengikuti Kompetisi

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri anak adalah dengan sering mengikuti kompetisi. Terbiasa mengikuti kompetisi memupuk rasa percaya diri anak. Sering mengikuti kompetisi juga menjadikan anak menjadi kreatif. Sehingga anak akan belajar berpikir cepat dan mencari alternatif untuk menyelesaikan masalah. Namun, mengikutsertakan buah hati ke dalam sebuah kompetisi ajang bakat bukan perkara mudah loh. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum mengikutsertakan anak ke dalam sebuah kompetisi. Apa sajakah itu? Simak penjelasan berikut ya

Pilih kompetisi yang sesuai

Banyak sekali kompetisi untuk anak yang menarik untuk diikuti. Namun, pastikan Anda memilih kompetisi yang sesuai dengan kemampuan dan kepribadian anak. Pastikan pula kompetisi yang diikuti oleh anak sesuai dengan umur dan materi perlombaan ya. Dengan begitu, anak akan menikmati dan dapat mengambil manfaat dari kompetisi tersebut. Materi lomba yang tak sesuai kemampuan, membuat anak Anda merasa tak mampu. Perasaan tak mampu malah membuat anak kehilangan rasa percaya diri.

Beri motivasi tapi jangan menuntut

motivation word

Memberikan motivasi kepada anak merupakan hal yang penting. Tetapi Anda perlu berhati-hati, jangan sampai motivasi tersebut berubah menjadi tuntutan. Jelaskan pada anak lomba yang ia ikuti dapat menambah teman dan pengalaman. Berikan semangat kepada anak bahwa kompetisi ini menjadi kesempatan yang bagus untuk memamerkan bakatnya di depan umum. Namun, jangan tekankan bahwa menjadi pemenang adalah kewajiban. Dan janganlah pula membandingkan anak dengan pemenang kompetisi. Kompetisi adalah milik anak, bukan milik Anda. biarkan anak bebas berkreasi sesuai dengan keinginannya.

Siapkan fisik dan psikis anak

strong kid

Mengikuti kompetisi tentu membutuhkan tenaga yang tak sedikit. Pastikan anak memiliki fisik yang sehat dan tidak sedang dalam kondisi lelah ataupun sakit. Sebelum mengikuti kompetisi, siapkan makanan yang bergizi dan latihan fisik yang ringan agar anak mengikuti kompetisi dengan semangat.

Ajarkan mengenai kemenangan dan kekalahan

happy kid

Menang atau kalah adalah hal yang biasa. Anda harus mempersiapkan anak untuk menerima kemenangan dan kekalahan dengan baik. Anda dapat melatih agar anak berjiwa besar ketika menerima kekalahan atau sebaliknya, mengajari anak untuk tetap rendah hati ketika menjadi pemenang. Yang perlu Anda tekankan kepada anak adalah, untuk menggapai sesuatu dibutuhkan kerja keras, ketekunan, dan juga kegigihan. Jika anak Anda mengalami kekalahan, berikan motivasi kepada anak untuk berusaha lebih giat lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik

Mengalami kekalahan memang tidak selalu mudah untuk anak. Tetapi Anda dapat membantu anak untuk berpikir positif mengenai kompetisi. Sebelum mengikuti kompetisi ajang bakat, beri pengertian tentang kemenangan dalam kompetisi. Katakan kemenangan tidak selalu diartikan dengan mendapatkan piala atau hadiah, namun buat tujuan tersendiri dan tanamkan dalam benak anak. Misalnya, anak menang jika berani tampil di depan umum dengan percaya diri atau ketika anak dapat menyelesaikan penampilannya hingga selesai. Berikan apresiasi kepada anak setelah berkompetisi, seperti perayaan kecil-kecilan.

 

Jika kompetisi berjalan dengan baik, maka anak akan menunjukkan reaksi positif seperti:

  1. Anak meminta ikut serta di kompetisi lain
  2. Anak dapat menerima kemenangan atau kekalahan dengan tenang tanpa emosi yang berlebihan
  3. Ada kegiatan baru yang ingin mereka pelajari
  4. Termotivasi untuk untuk menjadi lebih baik
  5. Anak terlihat bahagia dan kepercayaan diri mereka meningkat

Sebaliknya,  jika anak merasakan kompetisi yang tidak sehat anak akan menunjukkan kondisi:

  1. Menolak mengikuti kompetisi lagi
  2. Berpura-pura atau berbohong untuk menghindari kompetisi
  3. Menunjukkan gejala depresi seperti kecemasan, sulit tidur, dan kehilangan nafsu makan setelah kompetisi berakhir

 

Untuk ketiga kalinya EF kembali mengadakan EF Challenge yang berhadiah EF homestay voucher senilai US $ 5,000! EF Challenge merupakan video kompetisi dan juga kompetisi ajang bakat untuk anak usia 3-9 tahun dan remaja usia 10-17 tahun. Klik EF Challenge untuk mengupload video bakat anak Anda. Upload video bakat terbaik anak Anda dan raih Grand Prizenya. #AkuBisa Jadi Juara

 

Dapatkan Diskon Kursus Terbatas 2,3 Juta di EF hanya 7 Hari, klik link biru ini ▶PaydayKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_200e6e7db25687f8ceffbd33f26321ab', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_200e6e7db25687f8ceffbd33f26321ab', '1569179753', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)