4 Alasan Mengapa Anak Anda Perlu Olahraga

2016.08.22
4 Alasan Mengapa Anak Anda Perlu Olahraga

Bulan Agustus ini kita banyak disuguhkan dengan berbagai berita mengenai olahraga. Ya, tentunya karena bulan ini pesta olahraga besar dunia, Olimpiade diadakan. Meskipun kebanyakan orangtua hanya fokus pada kemajuan akademik anak-anak namun nggak ada salahnya kalau kita juga mulai memperhatikan kemampuan fisik mereka. Berdasarkan penelitian, para ahli menyarankan agar tidak melupakan perkembangan fisik mereka. Melakukan olahraga tidak hanya mengembangkan kemampuan fisik tapi juga mental. Ini dia alasan mengapa anak-anak perlu olahraga:

 

1-02Physical Health1-02

Olahraga tentu saja memberikan keuntungan fisik bagi siapa saja yang melakukannya. Berdasarkan penelitian di Inggris tahun 2014, anak-anak yang mengalami obesitas terus meningkat hingga 19,1% di usia 10-11 tahun. Sangat penting dimulai sejak dini mengajarkan anak-anak bermain di luar dan melakukan kegiatan fisik. Dibandingkan menghabiskan waktu di depan TV atau bermain games di iPad, kegiatan fisik tentunya lebih banyak memberikan keuntungan kesehatan bagi mereka.

 

1-02Social skills1-02

Mengembangkan kemampuan sosial merupakan hal penting untuk perkembangan anak-anak. Salah satu caranya adalah dengan membuat mereka terlibat dalam kegiatan olahraga, terutama aktivitas beregu. Mengkomunikasikan ide, mendengarkan orang lain serta memecahkan masalah bersama hanyalah bagian kecil dari yang mereka dapatkan jika terlibat dalam kegiatan olahraga.

Anak-anak juga belajar kepemimpinan dan mengajarkan mereka pentingnya berkomunikasi. Hal-hal ini tentunya merupakan keterampilan yang berguna bagi masa depan mereka.

 

1-02Self-esteem1-02

Para ahli mengatakan bahwa anak-anak dengan tingkat self esteem yang rendah cenderung memiliki masalah sosial dan perilaku ketika remaja. Aktif dalam kegiatan olahraga dapat membantu meningkatkan self esteem (harga diri) mereka.

Ketika anak menentukan tujuan di lapangan dan berhasil mencapainya maka mereka akan merasa bangga akan kemampuan diri sendiri. Mengikutsertakan dalam kegiatan olahraga sejak kecil tentunya dapat menghindari mereka dari masalah sosial dan perilaku di kemudian hari.

 

1-02Academic success1-02

Tentunya inilah harapan dari orangtua. Berdasarkan penelitian, olahraga memiliki pengaruh langsung dengan keberhasilan di sekolah. Menurut studi yang dilakukan di University of South Carolina dan Pennsylvania State University pada tahun 2013, berpartisipasi dalam olahraga beregu memiliki pengaruh yang kosisten dan signifikan pada nilai sekolah – termasuk kesempatan lebih di tingkat pendidikan tinggi.

Olahraga dikenal memberikan energi bagi kita untuk membantu berpikir lebih jernih dan kreatif. Meningkatkan konsentrasi, suasana hati serta kemampuan mengingat.

1-03

Pada dasarnya, olahraga adalah kunci utama yang dibutuhkan anak Anda untuk tetap sehat secara fisik dan mental. Tentu saja ini memiliki pengaruh yang besar terhadap performa mereka di sekolah dan kehidupan sehari-hari.

 

Referensi:

https://www.pitchero.com/blog/9-reasons-why-kids-should-play-sport

http://dailyparent.com/articles/5-critical-reasons-your-child-should-play-team-sports/

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_a062a43a5b0ceca42ead4072648e42d7', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_a062a43a5b0ceca42ead4072648e42d7', '1569238476', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)