10 Tips Memulai Kebiasaan Membaca pada Anak

2019.03.27
10 Tips Memulai Kebiasaan Membaca pada Anak

Kita semua tahu bahwa membaca merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk belajar bahasa Inggris. Bukan hanya meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, rajin membaca juga dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan yang bersifat jangka panjang seperti pengetahuan kosakata yang terus bertambah, meningkatkan konsentrasi, meningkatkan kemampuan untuk berpikir secara kritis dan analitis, serta memperluas wawasan anak. Karena itu, membaca menjadi kemampuan penting yang harus dimiliki oleh anak untuk mendukung mereka menjadi sukses.

Dengan membiasakan anak membaca sejak kecil, terutama dalam bahasa Inggris. Anak akan terbiasa untuk melakukan 4 komponen penting dalam bahasa Inggris, yaitu Membaca (Reading), Menulis (Writing), Mendengarkan (Listening), dan Berbicara (Speaking).

Nah, nilai manfaat membaca di atas akan sangat maksimal jika kebiasaan membaca sudah ada dan ditanamkan sejak anak kecil. Lalu bagaimana jika anak tidak terbiasa membaca sejak kecil? Atau bagaimana jika anak rupanya tidak menyukai kegiatan membaca?

Jawabannya, tidak ada kata terlambat dan tentu ada caranya. Anda bisa memulai segera untuk membiasakan membaca pada anak dan menggunakan banyak strategi bukan hanya untuk membuat anak terbiasa membaca, tapi juga untuk menarik minat mereka. Simak tips-tips berikut untuk mengetahui bagaimana memulai kebiasaan membaca pada anak.

1. Membuat Tempat Baca yang Menarik

Menciptakan suasana dan tempat yang asik, menarik dan mendukung untuk membaca bukan hanya dapat mendorong anak untuk menjadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan, tapi juga dapat menarik minat anak terhadap membaca.

Saat membangun tempat baca ini, usahakan melibatkan anak dalam prosesnya. Seperti mengajaknya untuk membeli perabotan dan membiarkan dia memilih kursi yang nyaman atau cat tembok yang ia sukai. Isi ruangan in dengan kursi yang nyaman seperti bean bag dan permainan interaktif seperti flash card atau buku 3D.

2. Mendorong Anak untuk Membaca Di Manapun

Sebagai orang tua, Anda bisa memberikan pengertian bahwa membaca menjadi aspek penting yang harus ia ketahui. Selain buku, Anda bisa menggunakan majalah atau komik bergambar dan berwarna.

Selagi berada di perjalanan, ajak anak Anda untuk membaca rute bis atau kereta, plang-plang nama yang ada di depan took, tanda rambu lalu lintas, instruksi permainan dan hal-hal lainnya. Sehingga membaca tidak di anggap sebagai hal yang membosankan oleh anak Anda karena membaca bisa dimanapun dan apapun.

3. Menjadi Contoh Bagi Anak

Seorang anak merupakan pencontoh yang baik di masa kecil. Karena itu, jika Anda merasa sulit untuk mengatur atau meminta anak Anda untuk melakukan suatu, barangkali itu karena anak Anda tidak melihat Anda sebagai orang tuanya melakukan hal yang sama.

Cara yang ampuh untuk ‘menanamkan’ sesuatu pada Anak adalah Anda harus melakukan hal tersebut di depan anak secara langsung. Sama seperti membaca, Anda bisa menjadi role model dengan banyak membaca di depan anak. Dengan melihat Anda membaca koran, buku, atau majalan akan membuat Anak menyadari bahwa membaca adalah hal yang penting. Anda juga bisa mengajak Anak anda untuk membaca bersama dengan bacaannya sendiri.

4. Menyiapkan Bahan Membaca di Rumah

Selanjutnya adalah dengan menyediakan dan memberikan akses membaca yang mudah bagi anak. Dengan melakukan hal ini, akan membantu anak mengerti bahwa membaca tidak selalu hanya dilakukan di sekolah, tapi bisa dimanapun terutama di rumah.

Jadi, selain tempat yang nyaman untuknya membaca, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan membaca yang menarik untuknya. Anda juga bisa mengenai bercerita buku kesukaan Anda saat Anda seusianya.

5. Mengunjungi Perpustakaan Lokal

Sesekali, Anda bisa mengajak anak Anda untuk mengunjungi perpustakaan yang ada di kota Anda. Biarkan mereka bebas menjelajahi perpustakaan dan memilih buku yang menarik perhatian mereka.

6. Membahas Bacaan yang Anak Baca

Setiap anak menyelesaikan satu bacaan, Anda bisa mengajak anak untuk membahas apa yang sudah ia baca. Anda bisa bertanya apa yang terjadi di dalam buku tersebut, dan apa bagian kesukaannya dari bacaan yang ia baca.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat melihat dan melatih kemampuan anak dalam memahami suatu hal. Anda juga dapat melakukan hal ini sebagai kebiasaan keluarga. Bukan hanya melatih kemampuan anak, tapi juga dapat meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga.

7. Mendukung Anak Anda

Jika Anda melihat anak Anda kesulitan dalam membaca, jangan memburu-buru mereka dan dampingin anak agar mengetahui kenapa mereka kesulitan melakukannya. Anda juga bisa berbicara kepada gurunya dan memberi tahu perhatian Anda agar guru bisa membantu anak Anda di sekolah.

8. Memberikan Hubungan Antara Membaca dan Kehidupan Nyata

Bukan hanya mendorong anak Anda untuk banyak membaca, Anda juga bisa membantu anak untuk mengaplikasikan atau melakukan hal yang ia baca di kehidupan sehari-harinya. Dengan membuat koneksi antara hal yang ia baca dan kehidupan nyata, dan membawa hal yang anak baca menjadi pengalamannya sendiri, akan membantu untuk meningkatkan minatnya dalam membaca.

9. Menunjukkannya Berbagai Jenis Genre

Untuk menarik minat anak dalam membaca, coba temukan genre atau tema apa yang diminati oleh anak Anda. Coba ajak mereka untuk membaca buku dengan genre yang berbeda seperti misteri, komik, biografi, atau Sci-Fi.

Menemukan genre apa yang cocok dan disenangi oleh anak, akan meningkatkan semangat anak dalam membaca. Jangan khawatir jika anak lebih menyukai buku bertema fantasi dibanding ilmiah, karena hal tersebut dalam meningkatkan imajinasinya dan membantu anak untuk berpikir kritis dan ilmiah.

10. Bacakan Buku atau Cerita Setiap Malam

Jadikan membaca sebagai kegiatan rutin Anda dan anak Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda bukan hanya bisa memperkuat bonding antara Anda dan anak, tapi juga dapat membantu anak untuk melihat membaca sebagai sebuah kegiatan relaksasi.

Nah 10 tips di atas adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat Anak menyukai dan menjadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan. Yang harus Anda ingat, jangan terlalu memaksakan anak dan terus coba untuk membuat membaca sebagai kegiatan yang seru untuk dilakukan.