Cara Belajar Cepat dan Efektif

2016.05.10
Cara Belajar Cepat dan Efektif

Mempelajari hal baru bukanlah sesuatu yang mudah. Dengan waktu belajar yang semakin sempit karena berbagai aktivitas, kamu harus punya trik khusus agar waktu belajarmu menjadi lebih efektif. Belajar dengan cepat saja tidaklah cukup, tapi juga harus dapat mengingat setiap informasi yang diberikan dan menggunakannya di berbagai situasi yang berbeda.

Belajar efektif nggak semudah membalikkan telapak tangan, kamu harus mengikuti trik khusus berikut setiap hari hingga akhirnya kamu dapat menghemat waktu belajarmu dan mencapai hasil yang maksimal:

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Memory Improvement Basics

aa

Mau meningkatkan daya ingat? Kamu nggak perlu minum vitamin khusus. Biasakan untuk belajar secara rutin dan bukan dengan sistem kebut semalam, gunakan visual atau singkatan yang menarik untuk mempercepatmu mengingat sesuatu dan cobalah untuk fokus akan satu hal untuk mempermudahmu mengingat,

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Keep Learning (and Practicing) New Things

Teruslah berlatih! Contohnya, ketika kamu belajar suatu bahasa maka kamu harus menggunakan agar informasi yang kamu terima di kelas tidak hilang – ini dikenal dengan “use-it-or-lose-it”. Kalau kamu tidak mau pelajaran yang baru dipelajari terlupakan, teruslah berlatih dan gunakan!

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Learn in Multiple Ways

Kalau kamu lebih suka belajar melalui mendengarkan rekaman suara maka cobalah untuk belajar dengan membaca atau presentasi. Belajar dengan berbagai cara yang berbeda dapat membuat informasi yang tersimpan di otak bertahan lebih lama. Menurut Judy Willis, “Semakin banyak bagian di otak digunakan untuk menyimpan data mengenai satu subyek, semakin makan inetrkoneksi yang terjadi. Ini memberikan kesempatan siswa untuk menarik informasi yang tersimpan dari berbagai tempat. Dan kita tidak hanya mengingat tapi juga belajar”.

 

light-bulb-idea-image-lightbulb Teach What You’ve Learned to Another Person

ab

Mana yang lebih kamu pahami, saat kamu mempresentasikan sesuatu di depan kelas atau saat mendengarkan presentasi dari temanmu? Ya, saat kamu berbagi pengetahuan maka kamu membantu dirimu sendiri untuk lebih paham akan pengetahuan tersebut. Kamu dapat memulainya dengan menulis blog, membuat podcast atau ikut serta dalam diskusi kelompok.

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Utilize Previous Learning to Promote New Learning

Mengingat kembali pelajaran sebelumnya dapat mempermudahmu memahami pelajaran baru yang berhubungan dengan informasi yang kamu terima sebelumnya.

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Gain Practical Experience

Saat kamu belajar bahasa kamu dapat mempraktekannya dalam komunikasi sehari-hari, membaca buku atau menonton film asing untuk mendapatkan “language-immersion experience”. Dengan menggunakan metode ini maka kamu menjadi lebih mudah mengingat dan mengaplikasikannya. Bersama EF kamu akan mendapatkan pengalaman ini, lihat kami di sini!

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Look Up Answers Rather Than Struggle to Remember

Mengingat detil kecil bukanlah hal yang mudah. Saat kamu lupa sesuatu, lebih kamu mencari jawaban yang benar daripada menghabiskan waktu untuk mengingatnya. Ingat belajar merupakan proses yang didalamnya termasuk “trial” dan “error”.

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Use Testing to Boost Learning

ac

Cobalah mengikuti tes latihan pada setiap akhir pelajaran yang baru kamu pelajari. Saat kamu mengikuti ujian maka pelajaran yang baru kamu pelajari membuatmu mengingat pelajaran tersebut dengan lebih baik.

 

light-bulb-idea-image-lightbulb  Stop Multitasking

Fokus akan satu hal dapat membuat proses belajarmu menjadi lebih efektif. Jadi kalau dalam satu hari ada 2 mata ujian kamu harus pintar membagi waktu untuk mempelajari materi yang ada.

 

Diadaptasi dari: Kendra Cherry

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_7c215228990e9ffeefcd90ddda234ba2', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_7c215228990e9ffeefcd90ddda234ba2', '1574039628', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)