Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat dengan Mengetahui Gaya Belajarmu

2015.04.13
Belajar Bahasa Inggris Lebih Cepat dengan Mengetahui Gaya Belajarmu

Tidak semua orang belajar dengan cara yang sama. Kita semua memiliki gaya belajar yang berbeda berdasarkan latar belakang dan kepribadian masing-masing, dan banyak ilmuwan mencoba mengkategorikan cara belajar ke dalam berbagai gaya berbeda. Salah satu sistem terpopuler dikembangkan oleh seorang pria bernama Neil Fleming dengan menggunakan kategori di bawah ini.

Lihatlah berbagai gaya belajar di bawah ini dan tentukan mana yang paling menggambarkan diri Anda, lalu gunakan tips yang sesuai dengan gaya belajar Anda untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris dengan lebih cepat.

 

Pelajar Visual

Apakah Anda lebih menyukai foto dan gambar? Jika demikian, maka Anda adalah seorang pelajar visual. Pelajar visual senang menggunakan diagram dan grafik untuk membantu mereka memahami konsep atau ide baru.

Bagi pelajar visual, menggunakan flashcard bergambar akan membantu mengingat kosakata baru, dan menggambar di buku catatan akan membantu Anda mengingat apa yang dipelajari di kelas. Untuk membantu memahami cara kerja tenses, maka buatlah grafik timeline yang menunjukkan cara penggunaan tenses.

 

Pelajar Auditori

Apakah Anda tak kesulitan dalam memahami penjelasan lisan? Apakah Anda pernah berbicara pada diri sendiri? Jika demikian, maka Anda mungkin seorang pelajar auditori.

Bagi pelajar auditori, kegiatan mendengarkan dan berbicara (kadang juga dengan cara menulis) akan membantu Anda mengingat konsep dan ide baru. Manfaatkanlah sumber-sumber audio misalnya rekaman kosakata baru di kamus, dan coba buat rekaman Anda sendiri dengan menggunakan perekam suara di smartphone Anda. Jika Anda menggunakan flashcard, maka gunakan deskripsi tulisan dibanding gambar.

 

Pelajar Kinestetik

Apakah Anda tak bisa duduk diam di kelas? Apakah Anda lebih suka melakukan suatu hal secara langsung dibanding mendengarkan orang lain menjelaskan caranya? Jika demikian, artinya Anda adalah pelajar kinestetik.

Pelajar kinestetik belajar dengan cara mempraktekkan atau mengaitkan pengetahuan dengan tindakan tertentu. Jika Anda adalah seorang pelajar kinestetik, maksimalkan kegiatan di kelas dengan cara terlibat langsung di berbagai aktivitas dan cobalah untuk menggunakan bahasa Inggris sesering mungkin di luar kelas.

Jika Anda harus belajar secara mandiri, tentukanlah berbagai tugas yang akan memaksa Anda untuk menggunakan bahasa Inggris yang baru saja Anda pelajari. Lakukan pula aktivitas fisik dalam sesi latihan, misalnya dengan memainkan peran atau adegan dari acara TV berbahasa Inggris.

 

Jadi, dari uraian di atas, jenis pelajar apakah Anda dan tips latihan manakah yang akan Anda coba?