7 Teknik Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

2015.03.03
7 Teknik Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu

Belajar bahasa bukanlah sebuah hal menakutkan apabila kita mengetahui cara belajar yang tepat. Mari kita simak 7 teknik belajar bahasa yang dapat kita pelajari di bawah ini serta dua teknik yang harus ditinggalkan. Teknik-teknik yang disebutkan telah diteliti dan dipercaya mampu membuat belajar bahasa menjadi lebih mudah.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

Immersion

Immersion adalah cara yang umum dipergunakan. Strategi dari immersion adalah meletakkan pembelajar bahasa Inggris pada lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris. Misal, jika ingin menjadi terlatih dalam bahasa Inggris maka magang atau ikut kursus di negara yang berbahasa Inggris sangat dianjurkan.

Berada di negara yang menggunakan bahasa Inggris membuat kita terbiasa mendengar penutur asing berbicara setiap hari dan mau tidak mau harus berbicara dengan bahasa Inggris. Metode immersion akan membuat bahasa Inggris pembelajar lebih alami daripada mengikuti kelas setiap hari.

Distributed practice

Distributed practice pada dasarnya adalah strategi belajar secara ‘sedikit-sedikit tapi sering’. Penelitian menunjukkan bahwa menjejalkan materi pelajaran secara maraton dalam waktu singkat tidaklah bermanfaat untuk pembelajaran jangka panjang, karena informasi tersebut tidak masuk ke dalam bagian dalam otak.

Daripada mengalokasikan satu hari dalam seminggu untuk pembelajaran bahasa Inggris lebih baik belajar hanya selama setengah jam tetapi dilakukan setiap hari. Penelitian menunjukkan bahwa semakin sering Anda belajar semakin baik informasi yang dipelajari tersimpan. Jika ingin mengingat sesuatu yang berjumlah banyak maka luangkanlah waktu untuk belajar dari jauh-jauh hari!

Practice tests

Sebuah penelitian akademik dari AS baru-baru ini mengungkapkan bahwa ujian praktek adalah cara yang bagus untuk belajar. Ujian praktek membuat aktivitas otak menjadi lebih kuat dalam menyerap informasi dan dapat mengasah kemampuan otak untuk mengingat serta menggali dari hasil pembelajaran.

Anda dapat berlatih dengan cara ujian praktik sendiri. Cara yang paling mudah adalah dengan mengetes kata-kata yang telah Anda pelajari setiap minggunya tanpa melihat materi yang Anda punya.

Social learning

Salah satu cara yang bagus untuk belajar bahasa adalah dengan teknik social learning. Teknik ini membutuhkan Anda untuk berteman dengan orang-orang dari budaya yang berbeda. Ketika Anda tertarik untuk mempelajari kultur budaya dan kebiasaan dari teman baru, maka Anda juga akan dapat dengan mudah mempelajari bahasanya.

Flash cards

Studi pendidikan psikologi menemukan bahwa flash cards adalah metode belajar yang efektif.  Flash cards adalah teknik yang hampir mirip dengan ujian praktek, bedanya Anda menggunakan kartu petunjuk ketika sedang ujian yang berfungsi untuk membangunkan memori sehingga anda berpikir lebih cepat.

Implicit learning

Teknik belajar implisit adalah teknik belajar yang umum. Teknik belajar ini berkaitan dengan bagian dalam otak yang menyerap tindakan dan informasi secara tidak sadar.Teknik implisit hampir sama dengan teknik immersion di mana ternyata otak diam-diam menyimpan informasi bahasa Inggris apabila Anda dikelilingi oleh lingkungan yang berbahasa Inggris. Cobalah untuk membiasakan diri mendengarkan radio atau film dalam bahasa Inggris, teknik ini benar-benar membantu.

Artikel dari majalah TIME menjelaskan:

“Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan awal tahun oleh peneliti di University of Illinois at Chicago melaporkan bahwa orang yang sedang belajar suatu bahasa baru menunjukkan proses bahasa mereka seperti penutur asli ketika mereka menerima informasi secara implisit, tetapi tidak berlaku ketika mereka menerima pelatihan eksplisit (instruksi yang terfokus kepada tata bahasa suatu bahasa).

Abundance of information

Penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ini dibantu oleh sistem alam bawah sadar tubuh. Alam bawah sadar tubuh menyerap tindakan dan bahasa secara cepat dan mendalam ketika terdapat informasi yang melimpah.

Sebagai contoh, berkonsentrasi pada suatu kata atau tata bahasa mungkin tidak banyak membantu Anda. Tetapi mendengarkan musik, radio dan film dalam bahasa Inggris, serta materi baca, atau dikelilingi oleh penutur asli, akan memungkinkan Anda untuk menyerap suara dan informasi tanpa disadari.

Dan dua teknik yang Anda bisa tinggalkan:

Highlighting

Penelitian mengatakan belajar bahasa dengan menggarisbawahi atau menandai kalimat berbahasa Inggris dengan warna bukanlah metode yang efektif. Hasil penelitian ini dikemukakan oleh peneliti yang meneliti bahwa flash cards & distributed practice merupakan metode yang lebih efektif.

Image association

Teknik mengasosiasikan gambar dengan kata ternyata tidak terlalu efektif. Teknik ini hanya bekerja bagi sebagian orang saja, jika Anda kurang suka mengasosiasikan gambar dengan kata maka teknik ini hanya akan mempersulit proses belajar Anda.