Rekomendasi Buku Anak Mengenai Berbagi

2016.06.23
Rekomendasi Buku Anak Mengenai Berbagi

Mengajarkan anak untuk menyukai membaca adalah hal yang penting. Melalui membaca anak belajar banyak hal dan meningkatkan kemampuan bahasa mereka. Salah satunya adalah mengajarkan mengenai berbagi atau sharing.

Berbagi merupakan hal penting karena dari sini anak belajar untuk bersosialisasi. Bagi anak usia dini hal ini bukanlah sesuatu yang mudah. Melalui pendekatan buku, kita dapat mengajarkan mereka mengenai “berbagi” atau “sharing”:

Ladybug Girl and the Best Ever Playdate

Usia 3-5 tahun

book1

Buku ini diambil dari seri Ladybug Girl, yang mendapatkan penghargaan buku bergambar terpopuler oleh New York Times. Anak-anak biasanya lupa pada teman mereka ketika mendapatkan mainan baru. Di sini mereka belajar kalau teman lebih berharga dari sebuah mainan. Buku ini memiliki ilustrasi yang cantik dan menarik untuk mengembangkan imajinasi anak-anak.

 

Llama Llama Time to Share

Usia 3-5 tahun

book2

Ya, tidak mudah buat anak-anak untuk berbagi mainan mereka. Begitu pula dengan unta kecil ini. Dengan bantuan dan bimbingan sang ibu, mereka belajar berbagi dan menjadi teman baik. Berbagai gambar menarik dan cerita fabel yang disukai anak-anak, buku ini akan menjadi salah satu kesukaan mereka!

 

That’s (Not) Mine

Usia 2-7 tahun

book3

Suatu hari. Muncul sofa yang cantik dan nyaman di ruang tamu. Semua orang ingin menduduki sehingga terjadilah masalah! Siapa yang dapat duduk di sana kalau semua ingin mendudukinya? Melalui argumen yang panjang akhirnya mereka menemukan sebuah solusi. Mau tahu solusinya? Ayo, baca buku yang berisi gambar-gambar lucu ini! Terkadang cerita yang sederhana memiliki makna yang dalam.

 

Henry in Love

Usia 3-6 tahun

book4

Inilah cerita murni mengenai cinta dan persahabatan. Seekor anak kucing yang berani dan penuh percaya diri bertemu dengan seekor kelinci. Ia sangat menyukai si kelinci. Mereka berbagi banyak hal dan akhirnya menjadi sahabat sejati. Anak-anak akan belajar mengenai apa itu cinta? Baagaimana berbagi? Dan tentunya dengan ilustrasi sederhana yang memikat.

 

Stone Soup

Usia 4-8 tahun

book5

Stone Soup merupakan cerita dongeng yang terkenal di Amerika Serikat. Ada 2 orang miskin yang datang ke sebuah desa yang aneh, mereka meminta makanan dari pintu ke pintu. Sayangnya, tidak ada yang mau memberikan mereka makanan. Hingga mereka mengarang sebuah cerita untuk membuat magic stone soup, sup ini mebutuhkan berbagai bahan untuk menjadikannya lezat. Awalnya, seorang anak laki-laki menawarkan wortel hingga akhirnya semua orang ikut serta. Buku ini mengajarkan anak-anak untuk memiliki belas kasihan bagi yang lemah dan berbagi dengan sesama. Alur cerita yang kuat dan bebas disertai gambar yang penuh warna dapat membuat anak-anak fokus.

 

Martha Speaks: Toy Trouble

Usia 4-8 tahun

book6

Buku lainnya mengenai rebutan mainan. Namun, yang menarik dari cerita ini adalah buku ini menggambarkan cara pandang anak-anak dalam menyelesaikan masalah. Di sini anak-anak dapat belajar bagaimana menyelesaikan masalah dan mereka menjadi lebih mengerti mengenai berbagi dan berperilaku baik.

 

If You Plant a Seed

Usia 4-8 tahun

book7

Kita percaya apa yang kita tuai bergantung dari berapa banyak bibit yang kita tanam. Pada kenyataannya terkadang hal ini tidak sesuai. Hewan-hewan yang dengan rajin menanam telah berhasil menuai lebih dari mereka yang malas-malasan. Buku dengan kata-kata yang singkat dan gambar yang menarik ini mengajarkan anak-anak kebahagiaan dalam berbagi.

Mengajarkan anak-anak berbagi bukanlah hal yang mudah. Untuk itu Anda harus belajar bersabar. Membimbing mereka melalui langkah-langkah kecil dapat membuahkan hasil yang tidak terduga!

 

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_f9aaf74aa4c7d0583d66a1b0543f2084', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_f9aaf74aa4c7d0583d66a1b0543f2084', '1575889060', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)