Enam Rekomendasi Buku yang Dapat Dibaca Sebelum Musim Panas Berakhir

2017.07.17
Enam Rekomendasi Buku yang Dapat Dibaca Sebelum Musim Panas Berakhir

Pada musim panas, apapun yang kamu lakukan, baik pergi ke pantai untuk menikmati matahari, ataupun diam di rumah dengan menyalakan AC, membaca buku merupakan sesuatu nilai tambah untuk beraktivitas di musim panas ini.

Kenapa kita tidak bersama-sama membaca buku di musim panas ini? Berikut adalah beberapa daftar buku yang dapat dibaca pada musim panas!

 

  1. Untuk pecinta petualangan

  1

The Enormous Crocodile  merupakan cerita penjahat serakah mengerikan yang suka menipu anak-anak. Tapi hewan-hewan lain sudah cukup muak dengan trik liciknya, sehingga mereka merencanakan untuk membalas kriminal ini, sekali untuk selamanya! Penjelasan singkat: Buaya jahat ini merencanakan rencana rahasia dan beberapa trik cerdas untuk mengamankan makan siangnya hanya sekedar digagalkan oleh tetangganya.

 

  1. Bacaan klasik yang harus dibaca untuk anak dan orang dewasa yang pernah menjadi anak-anak

2

The Little Prince, Sebuah perumpaan klasik mengenai seorang pilot dan seorang pangeran. Ketika si pilot membuat pendaratan darurat di gurun sahara, dia bertemu dengan si pangeran yang membagikan cerita bijaksana dan mempesona kepadanya.

 

Beberapa cerita seperti buku ini sangat populer untuk dibaca dan secara universal dihargai oleh anak-anak dan orang dewasa. Buku ini mengajarkan kepada kita makna hidup, cinta, tanggung jawab, dan kesendirian. The Little Prince tidak pernah gagal mengambil hati dari semua pembaca dari segala umur.

 

  1. Persiapan untuk tahap selanjutnya – taman kanak-kanak sampai sekolah dasar

 3

Stuart Goes To School

Buku ini merupakan sekuel lucu untuk buku Stuart’s Cape yang menceritakan kecerdasan seorang anak umur 8 tahun dan ketakutannya pada hari pertama kelas 3 SD.

Hari pertama sekolah ada di sini, dan Stuart khawatir. Bagaimana jika dia terjebak di kamar mandi laki-laki? Bagaimana jika dia tidak memiliki apa-apa untuk ditunjukkan dan diceritakan? Yang terburuk, bagaimana jika ibunya benar-benar memaksanya memakai celana kotak-kotak hijau dan kemeja dengan gambar koboi kecil? Tidakkah dia tahu bahwa pada hari-hari membuat teman atau lainnya, yang Stuart butuhkan sebenarnya adalah untuk mengenakan jubahnya?

 

  1. Persiapan untuk tahap selanjutnya – sekolah dasar sampai sekolah menengah pertama

4

Buku seri Diary of a Wimpy Kid oleh Jeff Kinney menceritakan perjuangan anak tengah yang masih SMP bernama Greg Heffley,  dan diceritakan dalam format buku hariannya. Ilustrasi Kinney menambahkan banyak humor, tetapi dengan gaya tulisnya digabung dengan suara dari Greg membuat buku ini mudah dibaca. Tidak diragukan lagi buku ini merupakan buku yang biasa anak ingat paling banyak dari masa kecil mereka.

 

  1. Untuk para remaja yang memiliki kesadaran lebih terhadap dunia

5

I Am Malala: How One Girl Stood Up for Education and Changed the World oleh Malala Yousafzai. Buku ini merupakan cerita Malala edisi bacaan anak muda. Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian yang menceritakan bagaimana ayahnya mengajarnya untuk berdiri atas dirinya sendiri, dan pengalaman hidupnya di Pakistan sebagaimana harus berhadapan dengan grup Taliban ketika dia berusia 10 tahun. Dia menjelaskan betapa pentingnya edukasi, terutama untuk wanita, dan kelangsungan hidupnya yang menakjubkan setelah diserang di bis.

 

  1. Apabila kamu belum pernah membaca buku ini di SMA, kamu harus membacanya!

6

The Great Gatsby oleh F. Scott Fitzgerald merupakan kisah cinta dalam kisah cinta.  Menceritakan secara detail mimpi amerika, lalu membagi-bagi cerita didalamnya dengan berbagai cara yang memungkinkan. Cerita ini dimulai setelah perang besar di pulau long di new York, tempat para orang kaya tinggal. Sang narrator, Nick Carraway, secara simpatik menceritakan jejak mimpi romantic Gatsby yang menjadi pendiri dari realita korupsi, kisah egoisme dari Tom dan Daisy, serta cerita kekerasan yang ada di dalamnya.