5 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris Remaja yang Memenangkan Penghargaan Buku Internasional

2017.04.19
5 Rekomendasi Buku Bahasa Inggris Remaja yang Memenangkan Penghargaan Buku Internasional

Ada banyak sekali penghargaan buku anak dan remaja di dunia. Mereka memiliki kriteria dan standar yang berbeda-beda untuk setiap seleksi, baik dalam hal grup umur maupun dari segi tipe sastra.

Kami telah memilih lima buku bahasa Inggris remaja yang telah memenangkan berbagai penghargaan buku internasional sebagai rekomendasi untuk Anda.

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

1. Shackleton’s Journey

Shackleton's Journey

Penulis: William Grill

Penghargaan: Medali CILIP Kate Greenaway– 2015

Tingkatan Lexile: 1140L

Buku ini menceritakan kisah nyata tentang penjelajah Inggris bernama Ernest Shackleton. Pada tahun 1914, Shackleton memimpin 27 orang dari London, mencoba untuk menyeberangi benua Antartika. Para juri penghargaan ini memberikan pendapat mengenai buku ini: warna yang dipilih oleh penulis menyoroti rasa kesendirian Shackleton dan sesama rekan kerjanya. Dia menggunakan warna-warna yang hangat untuk menunjukkan kehangatan manusia, dan warna biru dingin untuk menunjukkan kesunyian dunia disekitar mereka. Ilustrasi indah berada di dalam seluruh konten buku, tanpa ada rincian yang hilang.

 

2. Buffalo Soldier

buffalo soldier

Penulis: Tanya Landman

Penghargaan: Medali CILIP Carnegie

Tingkatan Lexile: 840L

Ini merupakan sebuah novel sejarah yang menggunakan salah satu dari orang yang mengikuti perang saudara di amerika serikat sebagai dasar cerita. Ketika perang saudara, seorang budak gadis berkulit hitam bernama Charlotte dibebaskan di amerika selatan, akan tetapi kehidupannya masih penuh resiko karena masalah warna kulit. Dalam masa keputusasaan, Charlotte menyamar sebagai seorang pria, dan ikut bergabung dengan tentara sebagai seorang prajurit… Para juri berpikir bahwa buku ini menyajikan sebuah pertanyaan yang benar-benar bermakna: kenapa gadis berkulit hitam ini tidak bisa mendapatkan rasa aman dalam menjalani hidup bahkan ketika dia telah dibebaskan dalam lingkungan tersebut? Apakah arti dari sebuah kebebasan? Untuk membiarkan setiap orang dapat merasakan perlindungan akan kebebasan, apakah yang seharusnya dilakukan oleh masyarakat?

 

3. Crossover

Crossover

Penulis: Kwame Alexander

Penghargaan: Medali Newbery

Tingkatan Lexile: 750L

Ini adalah sebuah cerita mengenai persahabatan, cinta, dan keluarga dari dua kakak beradik kembar. Kakak beradik ini benar-benar tergila-gila dengan permainan basket, akan tetapi mereka menjadi musuh karena kesalahpahaman. Dalam periode ini, ayah mereka jatuh sakit di rumah sakit dan meninggal. Pada akhirnya, dengan bantuan dari ibu mereka, mereka dapat keluar dari kesedihan akibat kematian ayah mereka dan berdamai, kembali menjadi keluarga yang dekat dan bersatu. Sebuah alasan penting mengenai buku ini mendapatkan penghargaan adalah karena bahasa naratifnya yang unik penuh dengan irama. Sebagai contoh, ketika plot cerita berupa ritme cepat dari permainan, penulis menggunakan bentuk musik rap, dimana membantu membangkitkan minat remaja dalam membaca dan memberikan rasa pencapaian.

 

4. Challenger Deep

Challenger Deep

Penulis: Neal Shusterman

Penghargaan: Hadiah Buku Nasional untuk Sastra Anak Muda

Tingkatan Lexile: HL800L

Hadiah Buku Nasional adalah sebuah kehormatan yang hampir paling tinggi dalam sastra amerika, dengan empat hadiah dari karya non-fiksi, karya fiksi, puisi, dan sastra remaja. Karya-karya yang mendapatkan penghargaan ini sering kali dihubungkan dengan konten maksud yang mendalam. Alasan mengapa buku ini memenangkan sebuah penghargaan adalah karena penulis mendeskripsikan karakter psikotik remaja dalam mental dan pemikiran yang benar-benar realistis dan mendalam. Sang anak, dari penulis buku ini, ketika beranjak remaja, adalah seorang psikiatris. Penulis terinspirasi dari perjuangan anaknya ketika dalam penyakitnya, dan kemudian membuat buku tersebut. Buku ini sungguh menyentuh, dan telah memberikan pertolongan nyata kepada mereka yang mengalami situasi dilema yang sama.

 

5. Harry Potter and the Deathly Hallows

Harry Potter and the Deathly Hallows

Penulis: J. K. Rowling

Penghargaan: Penghargaan Sastra Hans Christian Andersen

Tingkatan Lexile: 980L

Harry Potter and the Deathly Hallows adalah sebuah cerita novel panjang yang diciptkan oleh penulis asal Inggris bernama J · K · Rowling, yang dimana buku ini merupakan buku ke 7 dari novel sihir serial “Harry Potter”, dan merupakan buku terakhir dari seri tersebut. Buku ini adalah buku terakhir dari seluhu rangkaian novel, dan menceritakan nasib akhir dari semua karakter penting. Harry potter dan teman-temannya menghancurkan banyak horcruxs, mengalahkan Lord Voldermort, dan akhirnya mendapatkan kemenangan besar di dunia sihir.