10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Remaja

2019.03.27
10 Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Remaja

Meningkatkan minat baca sejak dini merupakan hal yang penting, apalagi di masa remaja. Membaca merupakan salah satu cara untuk belajar bahasa Inggris.  Seiring dengan kemajuan teknologi, orang-orang cenderung memilih untuk membaca informasi dari dunia maya yang cenderung memiliki konten yang sedikit. Sehingga, menyebabkan orang-orang kurang memiliki kemampuan untuk membaca teks yang panjang.

Padahal, dalam proses belajar di sekolah dibutuhkan kemampuan untuk memahami teks yang panjang. Belum lagi, jika kamu mau melanjutkan studi di luar negeri, yang membutuhkan kemampuan membaca teks dan pemahaman mengenai bahasa Inggris yang lebih dalam. Namun, tidak usah khawatir, kemampuan membaca dapat dilatih, misalnya dengan memulai membiasakan diri dalam membaca novel.

Selain ceritanya menghibur, novel mengemas nilai moral dengan cara yang seru, sehingga mudah dipahami. Apalagi dengan membaca novel berbahasa Inggris tentunya akan melatih kemampuan bahasa Inggrismu.

10 rekomendasi novel bahasa Inggris untuk kamu

1. Harry Potter and the Sorcerer’s Stone – J.K.Rowling (1997)

harry potter first book

Siapa yang tidak tahu dengan serial Harry Potter? Serial ini tentunya tidak dapat dilewatkan. Serial ini terdiri atas tujuh buku, dan apabila ini pertama kalinya kamu membaca serial tersebut, kamu dapat memulai dari buku pertamanya, yaitu ‘Harry Potter and the Sorcerer’s Stone.’ Buku ini menceritakan tentang seorang anak yatim piatu bernama Harry Potter yang tinggal di rumah pamannya. Namun, Harry diperlakukan tidak adil oleh keluarga pamannya tersebut, dimana di rumah itu Harry dipaksa untuk tinggal di dalam lemari di bawah tangga rumah pamannya. Namun, hal berubah ketika Harry mengetahui bahwa ia merupakan seorang penyihir dan diterima di sekolah penyihir Hogwarts. Keberadaan Harry Potter di dunia sihir sendiri terbilang istimewa, karena ia merupakan satu-satunya orang yang berhasil selamat dari kutukan Lord Voldemort. Tahun pertama Harry di Hogwarts merupakan pengalaman terbaik bagi Harry, namun ia menemukan ada suatu benda rahasia yang tersembunyi di dalam sekolah Hogwarts. Agar benda tersebut tidak jatuh ke tangan yang salah, Harry dan teman-temannya berusaha mencari benda tersebut, akan tetapi hal tersebut dapat membahayakan mereka.

2. The Hunger Games – Suzanne Collins (2008)

hunger games book

Serial trilogi the Hunger Games merupakan salah satu serial yang populer di dunia. Pasalnya, dengan popularitas dari serial buku tersebut, cerita ini berhasil diangkat ke layar lebar dan meraih popularitas yang besar. Apabila ini pertama kalinya kamu membaca trilogi dari the Hunger Games, kamu dapat memulai membaca dari novel pertamanya dengan judul yang sama. Novel ini menceritakan mengenai bangsa Panem yang memiliki wilayah yang makmur bernama Capitol, dan dikelilingi oleh 12 distrik yang lebih miskin. Namun, terjadi pemberontakan dari distrik ke-13 terhadap Capitol yang menyebabkan kehancuran dan awal mulai dari terciptanya acara televisi yang bernama ‘Hunger Games.’ Acara ini merupakan bentuk dari hukuman dan peringatan kekuatan dari Capitol. Sehingga setiap distrik diharuskan untuk menyerahkan 1 perempuan dan 1 laki-laki yang berusia antara 12 hingga 18 tahun melalui sistem undian. Orang-orang yang terpilih diharuskan untuk bertarung hingga mati, dan menyisakan hanya satu orang yang selamat sebagai pemenangnya.

Cerita dimulai, ketika adik dari Katniss Everdeen, yaitu Primrose, terpilih menjadi representatif dari distrik 12, Katniss dengan sukarela mengajukan untuk menggantikan posisi Primrose tersebut. Katniss dan Peeta sebagai representatif dari distrik 12, harus melawan pesaing yang lebih kuat dari mereka.

3. Fangirl – Rainbow Rowell (2013)

fangirl book

Bagi kamu pecinta cerita ringan, novel Fangirl mungkin dapat menjadi pilihanmu. Novel ini menceritakan mengenai Cath, seorang mahasiswa baru di University of Nebraska-Lincoln, yang memiliki kembaran identik, yaitu Wren. Cath dan Wren memiliki kepribadian yang berbeda. Wren merupakan anak yang suka bergaul, sementara Cath lebih tertarik untuk menulis. Sewaktu kecil, Wren dan Cath merupakan penggemar berat dari serial Simon Snow, namun semenjak kuliah Wren memutuskan untuk tidak lagi menjadi penggemar dari serial tersebut. Sementara Cath masih terobsesi dengan serial tersebut, dan giat menulis fan fiction dari serial itu yang memiliki ribuan pembaca setia. Cath mengalami kesulitan dalam beradaptasi di sekolah, karena Wren tidak mau sekamar dengan Cath di asrama, dan Cath memiliki Social Anxiety Disorder. Kini Cath harus berjuang untuk bertahan diluar zona nyamannya. Akankah Cath berhasil untuk bertahan?

4. Percy Jackson & The Olympians: The Lightning Thief – Rick Riordan (2015)

Ada yang masih ingat dengan serial Percy Jackson? Serial novel Percy Jackson & The Olympians terdiri dari lima buku. Buku pertamanya, yaitu ‘The Lightning Thief’ menceritakan seorang anak bernama Percy Jackson yang mengidap disleksia dan ADHD. Pada perjalanan sekolahnya ke Metropolitan Museum of Art, seorang gurunya berubah menjadi monster dan mencoba membunuh Percy. Hal ini membuat ibu Percy memutuskan bahwa sudah saatnya untuk memberitahu identitas Percy yang sebenarnya. Percy dikirim ibunya untuk mengikuti Camp Half Blood, dimana dia akhirnya mengetahui bahwa ia merupakan seorang Demigod – keturunan manusia dan dewa – dan merupakan anak dari Poseidon. Percy diberikan tugas untuk mengungkap sebuah misteri yang dapat menyebabkan peperangan antara para Dewa. Percy bersama teman-temannya, Grover dan Annabeth memulai perjalanannya ke gerbang alam bawah tanah untuk mencegah peperangan tersebut.

5. Life of Pi – Yann Martel (2001)

life of pi novel

Life of Pi menceritakan kisah Piscine Molitor “Pi” Patel, yang menceritakan kisah masa kecilnya di India, dimana ayahnya memiliki kebun binatang di Pondicherry. Namun, pada Februari 1976, pemerintahan India mendeklarasikan “The Emergency” terhadap kondisi negaranya, sehingga keluarga Pi memutuskan untuk bermigrasi ke Kanada. Akan tetapi, terjadi masalah ketika proses pengangkutan binatang-binatang dari kebun binatangnya ke Kanada. Pada proses pemindahannya, terjadi badai di rute perjalanan mereka, yang menyebabkan kapal yang mereka tumpangi tenggelam. Pi berhasil selamat dengan menggunakan perahu darurat, bersama seekor Hyena, Zebra, Orang utan, dan Macan. Bagaimana petualangan Pi selanjutnya? Akankah Pi dapat selamat di perjalanan?

6. The Fault in Our Stars – John Green (2012)

the fault in our star book

The Fault in Our Stars menceritakan kisah Hazel, seorang gadis yang mengidap penyakit kanker yang menyebabkan kemanapun ia pergi harus membawa tabung oksigen untuk bernapas. Hal ini membuat Hazel depresi, sehingga sang ibu membuat Hazel menghadiri kelompok pendukung pasien kanker. Tidak disangka, dengan menghadiri pertemuan tersebut, hidup Hazel berubah ketika ia bertemu dengan Augustus Waters. Bagaimana kisah Hazel dan Augustus dalam menghadapi penyakit ganas tersebut?

7. The Diary of a Young Girl – Anne Frank, Eleanor Roosevelt (Introduction) (1993)

anne frank book

Jika kamu merupakan penggemar sejarah, kamu pastinya tahu sosok Anne Frank. Anne Frank merupakan salah satu korban genosida pada masa Perang Dunia II. Dalam persembunyiannya selama 2 tahun, Anne menuangkan ceritanya melalui tulisan di buku hariannya yang kemudian dipublikasikan dengan judul ‘The Diary of a Young Girl’ atau biasa dikenal sebagai ‘The Diary of Anne Frank.’ Jadi, bagi kamu yang menyukai sejarah, buku ini tentunya bisa masuk list kamu.

8. My Sister’s Keeper – Jodi Picoult (2004)

my sister keeper book

My Sister’s Keeper menceritakan kisah Anna Fitzgerald, seorang anak perempuan berumur 13 tahun. Anna dilahirkan dengan satu tujuan yaitu sebagai pendonor organ bagi kakaknya, Kate, yang mengidap leukimia. Tidak seperti anak pada umumnya, Anna telah melewati beragam operasi agar kakaknya dapat bertahan hidup. Namun hal tersebut membuat Anna mempertanyakan keberadaannya, yang seakan-akan hanya ada sebagai donor untuk kakaknya. Melalui hal tersebut, Anna akhirnya membuat keputusan dimana keputusannya tersebut dapat memecah belah keluarganya. Bagaimana hasil perjuangan Anna dalam memperjuangkan haknya?

9. Everything, Everything – Nicola Yoon (2015)

everything book

Everything, Everything menceritakan kisah Madeline “Maddy” Whittier, seorang gadis berumur 17 tahun yang mengidap severe combined immunodeficiency (SCID) sehingga menyebabkan ia tidak boleh keluar dari rumah dan segala barang disekitarnya harus disterilkan terlebih dahulu. Kehidupannya hanya di isi oleh ibunya, Pauline dan perawatnya yaitu Carla. Akan tetapi, pada suatu hari Maddy melihat tetangga barunya, Olly melalui jendela kamarnya. Dunia Maddy yang sepi, kini diisi dengan kehadiran Olly.

10. The Princess Diaries – Meg Cabot (2000)

pricecess diaries novel

Siapa yang dulu sering bermimpi menjadi seorang puteri? The Princess Diaries mungkin dapat membawamu kembali ke impianmu itu. Novel ini menceritakan sosok Mia Thermopolis, seorang gadis biasa yang sedang duduk di bangku kelas 9, tiba-tiba diberitahu bahwa ia merupakan keturunan dari kerajaan Genovia, dan tidak hanya itu. Mia merupakan seorang puteri mahkota dari kerajaan tersebut. Tentu saja hal ini mengubah hidup Mia secara drastis. Penasaran bagaimana perjalanan Mia dalam menjadi seorang Puteri?

Dapatkan Diskon Kursus Back To School 2,5 Juta di EF, klik link biru ini ▶Diskon 2,5 Juta back To SchoolKursus Bahasa Inggris di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!