10 Buku Cerita Anak-anak yang Mengajarkan Tata Krama

2017.08.04
10 Buku Cerita Anak-anak yang Mengajarkan Tata Krama

Berikut ini adalah beberapa contoh buku cerita anak-anak yang seru dan dapat berfungsi untuk mengajarkan etika dan tata krama. Jujur saja, topik ini terkadang sangat sulit untuk diajarkan ke anak kecil, tetapi apabila dibawa dalam cara yang seru dan ringan, hal ini bisa menyenangkan. Dan, karena anak sering belajar lebih baik dengan menggunakan cerita, cara “tidak langsung” untuk mengajarkan tata krama merupakan cara yang lebih efektif daripada dengan menggunakan pendekatan “berceramah”!

Temukan Cara Cepat dan Menarik Belajar Bahasa Inggris untuk Anak, klik link biru ini ▶Pelajaran Bahasa InggrisFun Learning dan Games Seru hanya di EF English First, Belajar Bahasa Inggris makin seru!

1. Excuse Me: A Little Book of Manners

Umur: 3-5 Tahun

Penulis: Karen Katz

buku anak bahasa Inggris-Excuse Me: A Little Book of Manners

Please” dan “thank you” merupakan kata yang seru dan mudah diingat dengan menggunakan kata “Excuse Me!” Buku yang sederhana dan repetitif, buku ini merupakan cara yang sempurna untuk mengenalkan kata ajaib yang layak diketahui oleh anak-anak kecil. Dari bersendawa sampai merusak mainan saudaraanya, balita akan senang melihat bayi-bayi menarik ini dalam situasi yang mereka ketahui, dan mereka akan bersenang-senang membuka buku ini untuk menemukan kata-kata yang benar untuk mengucapkan “Excuse me!” dan “I’m sorry!”

 

2. Penguin Says “Please”

Umur: 3-5 Tahun

Penulis: Michael Dahl

Illustrator: Oriol Vidal

buku anak bahasa Inggris-Penguin Says Please

Pinguin ini sangat menuntut dan mengharuskan belajar untuk menggunakan tata kramanya dan mengucapkan kata tolong. Ini merupakan buku yang sangat sederhana dan sangat berguna untuk mendorong anak Anda untuk mengucapkan kata “please.”

 

3. My Teacher is a Monster! 

Umur: 3-6 Tahun

Penulis: Peter Brown

buku anak bahasa Inggris-My Teacher is a Monster

Seorang anak muda bernama Bobby memiliki guru terburuk. Dia suka berteriak, bersuara nyaring, dan apabila Anda melempar pesawat terbang kertas, dia akan menghukum Anda saat jam istirahat. Dia adalah seorang monster! Untungnya, bobby dapat pergi ke tempat favoritnya di taman setiap akhir pekan untuk bermain. Sampai pada suatu hari… dia menemukan gurunya disana! Setelah melewati satu hari, Bobby belajar bahwa si monster tidaklah seperti apa penampilan mereka.

 

4. Clifford’s Manners

Umur: 3-6 Tahun

Penulis: Norman Bridwell

buku anak bahasa Inggris-Clifford's manner

Clifford memiliki tata krama yang baik. Dia selalu mengucapkan kata “please” dan “thank you“, mengikuti peraturan, dan berbagi dengan teman-temannya. Sangat mudah untuk seseorang menjadi seperti Clifford: bahkan ketika dia melakukan kesalahan, dia berusaha untuk tetap bersikap baik dan perhatian.

 

5. The Berenstain Bears Forget Their Manners

Umur: 3-9 Tahun

Penulis: Stan Berenstain & Jan Berenstain

buku anak bahasa Inggris-The Berenstain Bears Forget Their Manners

Buku klasik cerita beruang Berenstain ini merupakan cara terbaik untuk mengajarkan anak mengenai pentingnya tata krama yang baik! Datang dan kunjungi Negara Beruang dengan buku klasik pertama kali dari Stan dan Jan Berenstain. Mama telah memperhatikan bahwa papa, kakak dan adik tidak menggunakan tata krama yang baik, maka sekarang semua bergantung oleh mama untuk membantu sang keluarga kembali ke jalan yang benar.

 

6. May I Please Have a Cookie

Umur: 4-8 Tahun

Penulis: Jennifer Morris

buku anak bahasa Inggris-May I Please Have a Cookie

Alfie sangat mencintai kue buatan ibunya, dan menginginkan ini lebih dari apapun! Tetapi untuk dapat mengambil satu, memancing untuk satu, dan berdandan sebagai seorang inspektur kue tampaknya tidak menghasilkan sebuah hasil. Ibunya mengatakan ada cara yang lebih baik. Apakah itu? Pembaca pemula akan mempelajari cara sopan santun bersama Alfie dan ibunya yang mengajarkan di acara mengucapkan kata-kata ajaib.

 

7. I’ll Wait, Mr. Panda 

Umur: 4-8 years Tahun

Penulis: Steve Antony

buku anak bahasa Inggris-I'll Wait Mr. Panda

Teman hewan hitam putih dari Tuan Panda penasaran mengenai apa yang sedang dia buat. Tapi hanya mereka yang bersabar dapat bertahan. Seekor kambing alpaca, tenggiling, kelinci, dan seekor burung pada akhirnya menghilang. Seekor pinguin yang menyatakan, “Aku akan menunggu, tuan Panda!” dan sang pinguin tersebut mendapatkan hadiah dengan kejutan besar: sebuah donut raksasa! Buku I’ll Wait, Mr. Panda merupakan buku bergambar, cocok untuk anak-anak dalam mengajarkan nilai kesabaran dan pentingnya mengucapkan kata “thank you.”

 

8. Will Princess Isabel Ever Say Please

Umur: 4-8 Tahun

Penulis: Steve Metzger

Illustrator: Amanda Haley

buku anak bahasa Inggris-Will Princess Isabel Ever Say Please

Tiga kali kesempatan Isabel untuk menemukan cinta sejati gagal karena tata kramanya yang sangat buruk. Tetapi pada akhirnya, putri Isabel belajar dari kesalahannya dan hidup berbahagia selamanya. Kisah dongeng yang sedikit retak ini dipasangkan dengan pelajaran dalam tata krama menceritakan sebuah kisah putri yang tidak sempurna dan pemberani.

 

9. My Mouth Is a Volcano 

Umur: 5-8 Tahun

Penulis: Julia Cook

Illustrator: Carrie Hartman

buku anak bahasa Inggris-My Mouth Is a Volcano

Buku “My Mouth Is a Volcano” mengambil sebuah pendekatan empati terhadap kebiasaan menyela dan mengajarkan anak mengenai teknik cerdas untuk menangkap pikiran dan kata-kata kasar mereka dalam ekspresi pada waktu yang tepat. Diceritakan dari sudut pandang Louis, cerita ini memberi orang tua, guru, dan konselor dengan cara yang menghibur untuk mengajarkan anak nilai dari menghargai orang lain dengan mendengarkan atau menunggu giliran mereka untuk berbicara.

 

10. Do Unto Otters: A Book About Manners 

Umur: 5-8 Tahun

Penulis: Laurie Keller

buku anak bahasa Inggris-Do Unto Otters: A Book About Manners

Tetangga baru dari tuan kelinci adalah berang-berang. Tetapi dia tidak tahu apa-apa mengenai berang-berang. Apakah mereka dapat menjadi akur? Apakah mereka mereka dapat berteman? Perlukan berang-berang sebagaimana kamu mengharapkan mereka memperlakukan kamu, saran dari tuan burung hantu. Dengan gayanya yang cerdas dan lucu, Laurie Keller menyoroti bagaimana cara menjadi teman baik dan tetangga – cukup ikuti aturan emas! Judul ini memiliki koneksi inti yang umum. Buku Do Unto Otters merupakan sebuah buku anak terbaik pada tahun 2008 oleh Bank Street.

Semua buku yang tercantum di atas dapat dibeli di toko online Amazon dan toko buku online lainnya. Mari membaca bersama dan saling belajar untuk menjadi pria dan wanita yang sopan!

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_9fbf0db0ffb8a2f3375618583ed73658', 'a:1:{s:10:\"age_filter\";s:4:\"none\";}', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)

Galat database Wordpress: [The table 'wp_options' is full]
INSERT INTO `wp_options` (`option_name`, `option_value`, `autoload`) VALUES ('_wp_session_expires_9fbf0db0ffb8a2f3375618583ed73658', '1574059541', 'no') ON DUPLICATE KEY UPDATE `option_name` = VALUES(`option_name`), `option_value` = VALUES(`option_value`), `autoload` = VALUES(`autoload`)