Menu
EF EFEKTA

English for Adults

Daftar Sekarang

Beranda

Selamat datang di EF

Daftar program

Lihat semua program

Kantor dan sekolah

Kantor terdekat

Tentang EF

Cerita kami

Karir

Bergabung dengan tim kami
Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Menonton Film
Akademik English dan Persiapan Tes Inggris

Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Menonton Film

2018.11.12

Supaya bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Selain ikut kursus bahasa Inggris, kamu juga bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan cara lain yaitu dengan menonton film. Menonton film bisa jadi carafunbuat kamu yang mau meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Karena, kamu bisa mempelajari bahasa Inggris sambil mengikuti jalan cerita dari film tersebut. Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan supaya bisa memudahkan proses belajar bahasa Inggris dengan cara menonton film.

Perhatikan Aksen dalam Film Tersebut

Biarpun terlihat sama, ada banyak aksen dalam bahasa Inggris yang digunakan di dalam film. Beberapa aksen tersebut, antara lain sepertiAmerican English,Scottish English,Australian English, dan lain-lain. Sesuaikan aksen yang digunakan dalam film tersebut dengan aksen yang ingin kamu pelajari sehingga akan memudahkan kamu dalam mempelajari bahasa Inggris melalui film tersebut.

Mulai dari Genre Film yang Mudah Dipahami

Supaya lebih mudah dalam mempelajari bahasa Inggris melalui film, kamu bisa melakukannya dengan memilihgenrefilm yang mudah untuk dipahami. Setiapgenredalam film menggunakan kata-kata yang berbeda satu sama lain. Agar lebih mudah, kamu bisa memilihgenrefilm seperti kartun atau komedi yang umumnya menggunakan pemilihan kata yang lebih umum. Hindarigenrefilm yang lebih rumit sepertiscience fictionkarena beberapa kata yang digunakan merupakanuncommon vocabularyatau kata-kata yang tidak umum digunakan sehari-hari.

Perhatikan Subtitle yang Digunakan

Saat menonton film berbahasa Inggris, kamu akan dibantu dengan adanyasubtitle. Kalau kamu ingin belajar bahasa Inggris dari film tersebut, maka perhatikansubtitleyang digunakan. Gunakansubtitlebahasa Inggris agar bisa memudahkan kamu untuk mengetahui apa yang diucapkan oleh aktor di film tersebut. Hindari penggunaansubtitlebahasa Indonesia karena justru akan membuat kamu membacasubtitletersebut dan menyulitkan proses belajar bahasa Inggris dari film yang kamu tonton.

Buat Notes yang Berisi Vocabulary Baru dari Film Tersebut

Setelah menggunakansubtitlebahasa Inggris, maka usahakan kamu mencari berbagaivocabularyyang baru kamu temukan dari film tersebut. Catat kata-kata tersebut dalam sebuahnotesdan cari tahu artinya untuk dipelajari. Cara ini tergolong efektif untuk menambah perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris sekaligus bisa meningkatkanskillbahasa Inggris kamu.

Tonton Film Tersebut Bersama Teman-Teman

Nonton film sambil belajar tidak harus dilakukan sendirian karena kamu juga bisa melakukannya bersama dengan teman-teman kamu. Cara ini bisa membantu kamu secara efektif untuk memahami bahasa Inggris karena kamu bisa bertanya kepada teman kamu apabila ada bahasa yang tidak dimengerti. Selain itu, menonton film bersama teman-teman juga terasa lebih seru karena kamu bisa membahas adegan di film tersebut sehingga lebih mudah dalam mengingatnya. Jadi, kamu bisa belajar bahasa Inggris tanpa harus melupakan jalan cerita dari film tersebut, deh.

Tonton Ulang Film yang Sama Tanpa Subtitle

Setelah menonton film tersebut dengan menggunakan subtitle bahasa Inggris, kamu bisa melakukan langkah berikutnya yakni menonton ulang film tersebut tanpa menggunakansubtitle. Menonton ulang film tersebut tanpasubtitlebisa jadi cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuanlisteningkamu dalam memahami apa yang diucapkan oleh aktor dalam film tersebut. Dengan demikian, secara perlahan kemampuan bahasa Inggris kamu akan meningkat dengan sendirinya secara perlahan.

Menonton film bisa jadi cara seru dalam mempelajari bahasa Inggris. Tapi, pastikan kamu suka dengan film tersebut supaya proses belajar jadi benar-benar menyenangkan. Pilih film favorit kamu dan cari adegan terbaik supaya bisa membuat kamu selalu teringat dengan film tersebut. Selain itu, kamu juga bisa mengambilquotesyang menurut kamu bermakna dari film tersebut, loh!

Daftar Konsultasi Gratis

Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris dengan Menonton Film