Tips Berpakaian Saat Berada di Tempat Kerja

 

 

Gaya berpakaian merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat bekerja. Karena, ketika kamu tidak mengenakan pakaian yang tepat di tempat kerja, maka akan membuat kamu terlihat tidak cocok atau bahkan terasa aneh untuk berada di tempat tersebut. Selain itu, gaya berpakaian juga menunjukkan citra diri kamu. Apabila kamu tidak menggunakan pakaian yang tepat tentu akan merusak citra yang berusaha kamu tunjukkan di tempat kerja. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berpakaian saat bekerja sebagai berikut:

 

Ketahui Dresscode Tempat Kamu Bekerja

Beda perusahaan, beda pula dresscode yang digunakan. Karena, setiap perusahaan memiliki aturan berpakaian yang berbeda-beda dan perlu kamu ketahui. Perusahaan yang bergerak di bidang kreatif atau media, umumnya memiliki dresscode yang lebih casual dimana kamu bisa mengenakan sneakers, celana denim atau bahkan kaos saat bekerja. Sementara itu, perusahaan yang bergerak di bidang finance, jasa, dll biasanya menerapkan dresscode yang formal mulai dari penggunaan sepatu pantofel, kemeja yang harus dimasukkan sampai penggunaan dasi. Jadi, usahakan kamu telah mengetahui dresscode tempat kamu bekerja terlebih dahulu, ya.

 

Gunakan Warna yang Tidak Mencolok

Saat bekerja di perusahaan, kamu diharuskan untuk tampil mencolok dan mencuri perhatian atasan. Tapi, bukan berarti kamu melakukannya dengan memilih warna pakaian yang mencolok. Karena, warna yang mencolok akan membuat kamu terkesan aneh dan bahkan terlihat tidak profesional. Gunakan pakaian dengan warna yang soft seperti putih, abu-abu atau krem. Namun, jika perusahaan tempat kamu bekerja memiliki seragam dengan warna yang mencolok, tetap gunakan pakaian itu karena akan memberikan kesan kalau kamu bangga bekerja di perusahaan tersebut.

 

Menjaga Penampilan


Memperhatikan pakaian saat berada di tempat kerja mungkin sangat besar pengaruhnya terhadap kesan yang kamu tunjukkan di tempat kerja. Tapi, jangan lupakan penampilan kamu yang lainnya agar membuat orang lain terkesan. Menjaga penampilan sangat penting karena orang yang menjaga penampilan memiliki kesan yang baik dimata orang lain. Kamu bisa menjaga penampilan di tempat kerja dengan melakukan grooming sebelum mulai bekerja atau menggunakan parfum agar membuat rekan kerja merasa nyaman berada di dekat kamu.

 

Menggunakan Pakaian yang Nyaman

 

Selain pakaian yang harus tepat dengan situasi, kamu juga harus memastikan pakaian yang digunakan nyaman untuk digunakan. Karena, kenyamanan dalam berpakaian merupakan suatu hal yang penting terutama saat bekerja. Ketika kamu menggunakan pakaian yang kurang nyaman, maka akan berpengaruh pada kepercayaan diri dan performa saat bekerja. Ketika performa kerja menurun, maka perusahaan bisa mengevaluasi kinerja kamu selama bekerja. Oleh karena itu, pastikan kamu merasa nyaman saat menggunakan pakaian sewaktu bekerja.

 

Menjaga Perilaku

Pakaian yang kamu kenakan saat bekerja akan menunjukkan citra diri kamu sesungguhnya. Agar citra tersebut terjaga, maka sebaiknya senantiasa menjaga perilaku saat berada di tempat kerja. Terlebih jika kamu bekerja di perusahaan multinasional yang diisi oleh berbagai warga negara asing dengan berbagai budaya, kamu harus menjaga betul perilaku selama mengenakan pakaian tersebut. Jangan melakukan aktivitas yang melampaui batas hingga dapat merusak pakaian. Selain itu, menjaga perilaku juga bisa menunjukkan kalau kamu merupakan orang yang profesional dan layak untuk berada di perusahaan tersebut.

Memperhatikan gaya berpakaian saat bekerja bisa menjadi salah satu cara untuk membuat atasanmu terkesan. Karena, selain kinerja yang baik saat bekerja, gaya busana juga bisa menunjukkan sikap yang profesional. Jadi, mulailah perhatikan gaya busana saat berada di tempat kerja, ya!

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut