1500-003

Tips Belajar Bahasa Inggris Untuk Orang Dewasa

Bahasa Inggris merupakan salah satu Bahasa Internasional yang sangat penting untuk dipelajari. Bahasa Inggris bahkan menjadi salah satu bahasa wajib di lingkungan sekolah interkultural dalam kegiatan belajar mengajar dan interaksi sehari-hari. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang berusaha untuk mempelajari bahasa yang satu ini. Tak hanya di lingkungan sekolah, Bahasa Inggris juga seringkali digunakan pada lingkup bisnis terutama jika berhadapan dengan rekan bisnis dari negara lain. Karena itu, tak heran jika kemampuan Bahasa Inggris professional kini menjadi salah satu persyaratan bagi setiap karyawan yang bekerja pada perusahaan multinasional. Sayangnya, tidak semua orang dewasa memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Untuk mempelajarinya pun terkadang terkendala faktor usia yang membuat kemampuan belajar menurun. Lalu, bagaimana cara untuk mempelajari Bahasa Inggris bagi orang dewasa? Berikut ini beberapa tipsnya:

Memberikan dorongan untuk belajar

Tidak ada kesuksesan yang datang begitu saja tanpa tekad yang matang. Begitu pula halnya dengan mempelajari suatu bahasa, diperlukan niat dan dorongan yang kuat untuk belajar agar berhasil. Terlebih ketika usia telah dewasa dan membuat niat belajar kerap kali menguap. Padahal, belajar tidak mengenal umur dan tidak ada yang salah ketika Anda mempelajari Bahasa Inggris saat usia Anda telah memasuki usia dewasa. Oleh karena itu, jangan ragu dan doronglah diri Anda untuk belajar Bahasa Inggris dengan tekad yang matang.

Mencoba kata-kata yang sulit

Salah satu kendala yang kerap kali dihadapi orang dewasa dalam mempelajari Bahasa Inggris adalah pelafalan kata-katanya. Bahasa Inggris memang berbeda dengan Bahasa Indonesia dalam hal pelafalan kata-kata. Pada Bahasa Inggris, pengucapan huruf vokal pun berbeda dengan Bahasa Indonesia sehingga membuat orang yang mempelajarinya harus terbiasa. Selain itu, terdapat beberapa kata yang cukup sulit untuk diucapkan seperti coincidencechurch dan scissors. Untuk memudahkan lidah Anda dengan kata-kata dalam Bahasa Inggris, maka Anda harus melatihnya secara rutin. Agar lebih mudah terbiasa, latihlah lidah Anda dengan mencoba mengucapkan kata-kata yang sulit diucapkan dalam Bahasa Inggris dengan benar.

Bicara pada diri sendiri

Dalam mempelajari Bahasa Inggris, Anda tidak hanya harus memahami arti kata atau kontekstualnya saja melainkan juga harus memahami bagaimana cara berbicara dalam Bahasa Inggris dengan lawan bicara Anda. Bagi sebagian besar orang, speaking atau berbicara dalam Bahasa Inggris dengan orang lain merupakan salah satu hal yang paling sulit untuk dilakukan. Karena, pada saat berbicara, otak Anda diharuskan untuk berfikir cepat dan mengolah kata-kata dalam Bahasa Inggris dengan cepat pula. Lalu, bagaimana caranya agar orang dewasa dapat melatih kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris? Cara yang paling tepat adalah dengan membiasakan diri berbicara dalam Bahasa Inggris. Sayangnya, tidak setiap orang memiliki partner berlatih yang sepadan sehingga kerap kali banyak orang dewasa yang enggan melakukannya. Untuk itu, Anda dapat melatihnya dengan cara berbicara pada diri Anda sendiri secara rutin. Anda dapat melakukannya di dalam hati atau mempraktikkannya secara langsung di depan cermin. Untuk melatih kosakata, Anda dapat mendengarkan podcast dalam Bahasa Inggris yang berisi percakapan sehari-hari. Jika dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin Anda dapat berbicara dalam Bahasa Inggris secara lancar dalam waktu yang singkat.

Itulah berbagai tips yang dapat Anda lakukan untuk mempelajari Bahasa Inggris disaat usia Anda telah dewasa. Tidak ada kata terlambat untuk belajar dan orang dewasa sekalipun bisa mempelajari hal baru jika memiliki niatan yang kuat. Selamat mencoba!

Coba Kelas Pertama GRATIS