Persiapkan Beberapa Hal Berikut Sebelum Traveling ke Luar Negeri

 

 

Traveling bisa jadi cara terbaik untuk melepaskan diri dari rutinitas yang terkadang membosankan. Karena, dengan melakukan traveling kamu akan menemukan banyak hal baru yang menarik dan bisa menjadi pengalaman tersendiri. Untuk melakukan traveling, kamu bisa berkunjung ke berbagai tempat termasuk ke luar negeri. Pengalaman traveling ke luar negeri akan menjadi cerita tersendiri. Tapi, pastikan kamu sudah melakukan berbagai persiapan sebagai berikut:

 

Paspor


Hal paling utama yang harus kamu persiapkan saat akan traveling ke luar negeri adalah paspor. Paspor merupakan identitas diri yang diakui secara internasional. Tanpa paspor, kamu tidak akan diizinkan untuk bepergian ke luar negeri. Jika kamu telah memiliki paspor, pastikan kamu sudah mengecek masa berlaku paspor kamu. Karena, beberapa negara mensyaratkan batas minimum masa berlaku paspor antara 6-3 bulan. Sehingga, jika masa berlaku paspor kamu sudah mendekati masa akhir, sebaiknya perpanjang paspor kamu ke lembaga terkait terlebih dahulu sebelum berangkat traveling.

 

Persiapkan Bahasa

Traveling ke luar negeri tidak hanya membuat kamu merasakan budaya yang berbeda melainkan juga bahasa yang berbeda. Saat berada di luar negeri, kamu harus terbiasa untuk berbicara dengan bahasa asing. Salah satu bahasa yang bisa kamu gunakan adalah bahasa Inggris. Bahasa Inggris bisa kamu pelajari dengan mengikuti kursus secara profesional atau dengan mempelajarinya sendiri melalui film, podcast atau membaca buku. Persiapkan bahasa sebaik mungkin, supaya kamu tidak kebingungan untuk berinteraksi dengan orang asing saat traveling ke luar negeri.

 

Asuransi Perjalanan

Bepergian ke luar negeri tidak hanya mengharuskan kamu untuk memiliki paspor. Pada beberapa negara, kamu diharuskan untuk memiliki visa agar bisa masuk ke negara tersebut. Dalam proses pembuatan visa, kamu diharuskan untuk melengkapi berbagai persyaratan mulai dari uang deposit, rekening koran, sampai asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan jadi suatu hal yang wajib dimiliki karena akan sangat berguna saat kamu melakukan traveling ke luar negeri. Saat kamu telah memiliki asuransi perjalanan, maka kamu telah terproteksi apabila mengalami musibah ketika sedang traveling.

 

Mata Uang Negara Tujuan


Selain bahasa dan budaya yang berbeda, perbedaan lain yang akan kamu alami saat traveling ke luar negeri adalah penggunaan mata uang yang berbeda. Saat di luar negeri, mata uang yang biasa kamu gunakan di Indonesia, yakni Rupiah, tidak akan berlaku. Mata uang yang berlaku adalah mata uang negara tujuan kamu traveling. Agar lebih praktis, pastikan kamu telah menyiapkan mata uang dari negara yang dituju agar tidak perlu repot-repot menukar di money changer.

 

Mempelajari Transportasi Umum

 

Traveling ke luar negeri tidak menarik jika kamu tidak menggunakan transportasi umum negara tersebut. Karena, tiap negara memiliki transportasi umum yang berbeda-beda untuk membantu kamu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Sebelum traveling, sebaiknya pelajari lebih dulu transportasi umum yang bisa kamu gunakan di negara tersebut. Tujuannya, supaya kamu tidak kebingungan dan bisa memudahkan kamu untuk traveling sesuai dengan rundown yang telah dibuat.

 

Vaksin

Bukan hanya fisik yang harus dipersiapkan, kamu juga harus melakukan vaksin sebelum melakukan traveling ke luar negeri. Meski tidak semua negara mengharuskan warga asing yang datang untuk melakukan vaksin, namun di beberapa negara vaksin jadi hal yang diwajibkan. Tak hanya itu, vaksin biasanya juga diwajibkan saat ada kondisi luar biasa dimana suatu virus menyebar di berbagai negara. Vaksin yang dilakukan bertujuan agar kamu berada dalam kondisi fit dan tidak menyebarkan virus saat berada ataupun sepulang dari perjalanan di luar negeri. Jadi, pastikan kamu telah mengetahui apakah negara tujuan traveling kamu mengharuskan untuk melakukan vaksin terlebih dahulu.

 

Menyiapkan beberapa hal diatas bisa membantu kamu saat akan traveling ke luar negeri. Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan semuanya agar traveling jadi lebih terencana. Yuk, mulai traveling!

 

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut