1500-003

Mau Buat Curriculum Vitae Dalam Bahasa Inggris Pastikan Kamu Telah Memperhatikan Beberapa Hal Berikut Ini

Saat melamar pekerjaan, maka salah satu syarat wajib yang harus disiapkan oleh para pencari kerja adalah CV. CV atau Curriculum Vitae merupakan adalah dokumen yang menggambarkan riwayat hidup serta kualifikasi yang dimiliki oleh seseorang. Dalam pembuatan CV kamu tidak boleh sembarangan karena CV yang kamu kirimkan menggambarkan seberapa besar niat kamu untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Saat ini, kebanyakan perusahaan di Indonesia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua dalam berkomunikasi. Nah, untuk menunjang hal tersebut, maka kamu perlu menyiapkan Curriculum Vitae yang menggunakan Bahasa Inggris juga. Tapi, sebelum buat CV dalam Bahasa Inggris, pastikan kamu telah memperhatikan beberapa hal berikut:

Buat CV dengan Format Semenarik Mungkin

Sebelum mulai buat CV, pastikan kamu sudah paham betul bagaimana format CV yang menarik minat perusahaan. Intinya, sebuah CV harus mencantumkan riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan kemampuan bahasa yang kamu miliki. Ketiga hal tersebut wajib kamu masukkan ke dalam CV dengan beberapa hal lainnya seperti foto, identitas diri dan skill atau aplikasi yang kamu kuasai. Jangan lupa, buat CV dengan format semenarik mungkin supaya perusahaan tertarik dan mau membaca CV yang sudah kamu buat dalam Bahasa Inggris. Misalnya, seperti menambah icon untuk media sosial, menggunakan warna yang sesuai dengan kepribadian dan menjabarkan kualifikasi dengan menggunakan grafis yang menarik. Jika ingin lebih praktis, kamu juga bisa menggunakan berbagai template CV yang tersedia di internet, kok!

Perhatikan Penulisan Gelar

Saat membuat CV dalam Bahasa Inggris, pastikan kamu menggunakan penulisan gelar yang telah disesuaikan dengan Bahasa Inggris. Karena, beda negara, beda pula penulisan gelar yang digunakannya. Kamu harus menulis gelar yang kamu miliki dengan format yang telah disesuaikan dengan Bahasa Inggris. Contohnya, seperti lulusan sastra yang ditulis sebagai Bachelor of Arts atau Bachelor of Humanity dalam Bahasa Inggris bukan Bachelor of Literature. Dengan memperhatikan penulisan gelar, maka CV yang kamu buat akan terlihat kredibel dan membuat perusahaan tertarik dengan CV kamu.

Gunakan Tulisan yang Padat dan Mudah Dipahami

Selain format CV yang harus dibuat semenarik mungkin, kamu juga harus memperhatikan format penulisan yang digunakan pada CV tersebut. Setiap perusahaan tentu ingin mengetahui riwayat hidup para pelamar dengan cara yang mudah melalui CV. Nah, kamu harus paham betul dengan cara menyajikan format CV yang mudah dibaca. Caranya, coba gunakan poin-poin mengenai apa saja kualifikasi yang kamu punya. Selain itu, gunakan bahasa yang tidak bertele-tele dan hindari penggunaan kata “I” secara berulang-ulang.

Perhatikan Grammar yang Digunakan

Karena CV yang akan kamu buat menggunakan Bahasa Inggris, maka kamu harus memperhatikan betul grammar yang akan digunakan. Umumnya, dalam pembuatan CV digunakan past tense karena semua hal yang kamu tulis telah terjadi sebelumnya. Agar lebih padat, gunakan kata kerja bentuk past tense yang mudah dipahami seperti “Managed corporate social media".  Dengan menggunakan grammar yang tepat, maka pihak perusahaan yang membaca CV kamu dapat memahaminya dengan lebih mudah.

Selain penggunaan tenses yang kurang tepat, hal lainnya yang kerap kali terlewatkan dalam pembuatan CV dalam Bahasa Inggris adalah penggunaan kata-kata dalam bentuk jamak atau tunggal. Bentuk plural atau singular biasanya ditandai dengan penggunaan imbuhan “s” di akhir kata seperti experience dan experiences yang berbeda artinya. Hal ini seringkali terlewatkan begitu saja sehingga akan membuat bingung perusahaan yang membaca CV Anda.

Untuk menghindari berbagai kesalahan penulisan dalam Bahasa Inggris saat membuat CV, kamu tentu perlu memahami berbagai grammar yang digunakan dalam bahasa Inggris. Caranya, kamu bisa mempelajari sendiri melalui buku atau mengikuti les bahasa Inggris. Dengan demikian, membuat CV dalam Bahasa Inggris akan terasa lebih mudah, deh.

Coba kelas pertama gratis