Liburan ke Danau Ranau, Seru dan Menarik

 

 

 

Bagi kamu yang sedang merencanakan liburan ke kota Lampung, tak ada salahnya kamu mengunjungi tempat wisata yang satu ini. "Danau Ranau", ya itulah nama dari salah satu objek wisata menarik di kota Lampung. Danau Ranau terletak di Kabupaten (Ogan Komering Ulu) OKU Selatan yang merupakan perbatasan antara Lampung Barat, Lampung, dan Kabupaten OKU Selatan. Danau Ranau diketahui merupakan sebuah danau terbesar kedua di pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau ini memiliki luas sekitar 125,9 km. Danau Ranau menyajikan pemandangan yang indah nan alami. Hal ini dikarenakan letak Danau Ranau yang strategis, yaitu dikelilingi oleh perbukitan dan lembah. Berwisata ke Danau Ranau tak kalah serunya dengan berwisata ke pantai. 

 

 

Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi objek wisata satu ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 300 km atau sekitar 8,5 jam untuk menempuh perjalanan darat dari kota Bandar Lampung. Walaupun harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, akan tetapi selama dalam perjalanan para pengunjung akan disuguhkan pemandangan menarik. Pengunjung akan melintasi pemandangan ibu kota kabupaten, sebuah jalan perkebunan, dan menikmati suasana pedesaan yang masih asri. Tak hanya sampai disitu, pengunjung akan melihat sungai Musi yang membentang luas selama dalam perjalanan. Hal ini tentu menjadi pengalaman yang seru dan menarik, kan! 

 

Lokasi Danau Ranau memang terbilang sangat tenang dan jauh dari keramaian kota. Berlibur ke sini akan membuat suasana lebih rileks dan dapat melupakan beban akibat aktivitas sehari-hari di tempat kerja. Danau ini sangat menarik dipandang dan begitu memanjakan mata, pasalnya Danau Ranau sangat luas dengan berlatar Gunung Seminung yang menjulang tinggi. Ketinggian Danau Seminung adalah sekitar 1.880 meter dari permukaan air laut. Sambil beraktivitas di sekitar danau, kamu dapat memandangi keindahan Gunung Seminung dari kejauhan. Hal ini yang menjadikan Danau Ranau menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung yang datang. Destinasi wisata Danau Ranau tak kalah cantiknya dengan Danau Toba di Sumatera Selatan yang sudah sangat terkenal di dunia. 

 

Keadaan air Danau Ranau sangat tenang. Tak ayal para pengunjung merasa nyaman dan aman menikmati keindahan danau. Banyak pengunjung yang melakukan aktivitas di sekitar tepi danau, seperti mandi bersama anak-anak, mengajari anak-anak berenang, hingga bermain di pinggir danau. Di sini tersedia pula wahana bermain seperti banana boat, jet ski, dan wisata air lainnya yang dapat dinikmati bersama keluarga atau sahabat. Hembusan angin sepoi-sepoi ikut menemani suasana liburan para pengunjung. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri yang menambah kenyamanan saat berada di sini. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya mandi air hangat alami, di sekitar lokasi danau terdapat pemandian air hangat, yang tepatnya berada di bawah kaki gunung. Kamu cukup mengelilingi danau ini untuk dapat menuju ke air hangat alami ini. Pengunjung yang datang ke sini jarang melewatkan kesempatan menarik ini. 

 

Di sekitar danau ini, terdapat tempat menarik pula yang juga dijadikan sebagai tempat rekreasi yaitu Pulau Marisa yang terdapat di tengah danau. Pengunjung tentunya juga dapat bermain ke Pulau Marisa. Akan tetapi, untuk dapat sampai di Pulau Marisa, kamu harus menyewa kapal dengan tarif yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp. 300 ribuan saja maka kamu sudah dapat mengajak beberapa kerabat atau sahabatmu. Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan saat pergi rekreasi ke Danau Ranau. Tak hanya satu pemandangan yang akan kamu jumpai, akan tetapi beberapa tempat menarik di sana dapat kamu nikmati dalam sekali perjalanan. Seru dan menarik, bukan! Tak ayal, banyak pengunjung yang datang ke sini dan menghabiskan waktu liburan di Danau Ranau. Menginap adalah hal yang selalu dilakukan para pengunjung yang datang ke tempat ini, mengingat lokasinya yang jauh dan cukup memakan waktu, sehingga rasanya sayang apabila pulang sebelum puas beraktivitas dan menikmati liburan di sini.  

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut