1500-003

Beragam Persiapan yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kuliah di Luar Negeri

Kamu tentu sepakat kalau pendidikan merupakan hal yang sangat penting. Mulai dari pendidikan formal di sekolah, pendidikan non formal di tempat les bahasa Inggris sampai pendidikan lanjutan di bangku perkuliahan dirasa begitu penting untuk meningkatkan kompetensi seseorang. Pendidikan lanjutan di tingkat perkuliahan kini seakan wajib dilakukan karena dapat menunjang kualitas SDM agar dapat bersaing di dalam bursa kerja. Untuk dapat menjadi seorang mahasiswa, kamu tentu perlu mendaftar ke universitas yang menyediakan program studi yang kamu inginkan. Beberapa universitas terbaik di Indonesia terdapat di beberapa Kota mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya. Tapi, kalau kamu ingin tantangan baru dan berani untuk mencoba kehidupan baru, mencoba berkuliah di luar negeri bisa jadi pilihan yang tepat. Karena, kuliah di luar negeri bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan asalkan kamu telah melakukan berbagai persiapan sebagai berikut:

Cari Universitas dan Negara Tujuan Studi

Satu hal yang biasanya menjadi concern utama para fresh graduate dari bangku SMA adalah jurusan apa yang akan diambil saat kuliah. Saat kamu telah bertekad untuk menempuh studi ke luar negeri, jurusan kuliah bukan lagi jadi concern utama melainkan dimanakah universitas terbaik dan negara mana yang bisa kamu pilih untuk tujuan studi selanjutnya. Karena, memilih universitas terbaik haruslah didasarkan pada prestasi dari universitas tersebut dan kondisi dari negara yang akan kamu tempati. Jika ingin benar-benar melanjutkan studi ke luar negeri, maka mulailah cari universitas dan negara tujuan studi yang cocok dengan jurusan yang ingin kamu tempuh.

Pahami Budaya Negara Tujuan dan Cara Untuk Beradaptasi

Memilih universitas dan negara tujuan studi sudah selesai dilakukan, tapi itu saja belum cukup karena kamu harus memahami budaya dari negara tujuan tersebut. Memahami budaya jadi hal yang penting, karena saat berkuliah di luar negeri kamu harus terbiasa dengan budaya asing yang sangat berbeda dengan budaya di Indonesia. Jadi, coba pahami budaya negara tujuan agar dapat memudahkan kamu dalam beradaptasi dengan lingkungan baru.

Hitung dengan Cermat Biaya Hidup Saat Akan Berkuliah

Menempuh studi di luar negeri jadi impian banyak orang karena kualitas pendidikan yang umumnya lebih baik dibandingkan di Indonesia. Tapi, hidup di luar negeri tidaklah mudah karena kamu harus terbiasa dengan biaya hidup yang lebih mahal. Harga-harga barang atau jasa di luar negeri umumnya lebih mahal dibandingkan di Indonesia karena berbagai faktor salah satunya perbedaan mata uang yang digunakan. Selain itu, kamu juga harus hidup mandiri selama kuliah sehingga memperhitungkan secara matang biaya hidup yang dibutuhkan jadi hal yang wajib untuk dilakukan.

Cari Beasiswa Agar Biaya Kuliah Semakin Ringan

Merasa berat untuk menanggung semua biaya yang dibebankan untuk studi dan hidup di luar negeri? Jangan khawatir, kamu tetap bisa mewujudkan impian kamu untuk berkuliah di luar negeri dengan mencari beasiswa. Beasiswa jadi langkah termudah untuk bisa berkuliah ke luar negeri tanpa harus menguras tabungan karena ada banyak beasiswa yang disediakan saat ini. Pastikan kamu sudah browsing beasiswa yang sesuai dengan universitas tujuan dan mengetahui persyaratan apa saja yang diperlukan.

Lakukan Tes Bahasa

Hal terakhir namun yang paling penting untuk dilakukan adalah melakukan tes bahasa. Biasanya, sebelum diterima oleh universitas tujuan, pihak universitas akan meminta sertifikat hasil dari tes bahasa yang pernah kamu lakukan. Ada berbagai tes bahasa yang biasanya disyaratkan seperti IELTS, TOEFL dan GMAT tergantung Universitasnya. Persiapkan diri kamu sebelum melakukan tes bahasa karena hasil yang didapat haruslah sesuai standar yang diterapkan agar kamu diterima di universitas tersebut.

Daftar konsultasi gratis