1500-003

Beberapa Hal yang Perlu Kamu Lakukan Agar Sukses Melakukan Presentasi di Depan Atasan

Di dunia pekerjaan, kamu pasti akan dihadapkan pada situasi dimana kamu harus mempresentasikan suatu hal kepada para atasan kamu. Presentasi merupakan hal yang wajar dalam dunia pekerjaan karena presentasi bisa menjadi cara kamu untuk menyampaikan informasi dan menyampaikan ide atau gagasan dari pekerjaan yang telah kamu lakukan kepada para atasan. Selain itu, presentasi juga bisa jadi momen yang tepat agar kamu memiliki kesan yang positif di mata atasan melalui performa selama melakukan presentasi. Untuk itu, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut agar sukses saat melakukan presentasi di depan atasan:

Kuasai Materi Presentasi

Sebagai presenter atau orang yang melakukan presentasi, kamu dituntut untuk bisa menyampaikan materi presentasi dengan baik di depan atasan. Agar apa yang kamu sampaikan terlihat meyakinkan, maka kamu perlu menguasai dengan baik materi yang akan dipresentasikan. Menguasai presentasi merupakan hal yang sangat penting karena akan membuat kamu terlihat paham betul dengan apa yang berusaha disampaikan kepada para atasan. Dengan demikian, para atasan akan merasa yakin dengan materi presentasi kamu dan memiliki kesan yang baik terhadap kamu.

Memperhatikan Penampilan

Presentasi bukan hanya sekedar penyampaian materi, tapi juga jadi momen yang tepat untuk kamu menunjukkan penampilan terbaik agar membuat atasan tertarik dengan profesionalitas yang ditunjukkan melalui penampilanmu. Nah, supaya presentasi kamu sukses menarik perhatian, kamu perlu memperhatikan penampilan saat melakukan presentasi di depan atasan. Gunakan pakaian yang sopan dan bersih agar para audiens yang juga merupakan atasan kamu merasa bahwa kamu benar-benar seorang yang profesional sekaligus merasa dihormati dengan pakaian yang kamu kenakan.

Buat Slide Presentasi yang Singkat, Padat dan Jelas

Saat melakukan presentasi, kamu akan dibantu oleh slide yang di tampilkan di layar proyektor. Slide tersebut akan memudahkan para audiens untuk mengetahui poin-poin apa saja yang sedang kamu bahas. Kamu perlu memperhatikan betul slide yang digunakan karena bisa mempengaruhi performa kamu saat presentasi. Usahakan, buat slide presentasi dengan konten yang singkat, padat dan jelas untuk memudahkan para audiens. Jangan gunakan slide yang berisi terlalu banyak kalimat karena akan menyulitkan audiens untuk membaca. Selain itu, buat desain slide yang profesional karena saat melakukan presentasi di hadapan atasan, profesionalitas merupakan kunci utama yang perlu diperhatikan.

Lakukan Simulasi Sebelum Melakukan Presentasi

Melakukan presentasi di depan atasan bukanlah hal yang mudah, apalagi jika kamu belum pernah presentasi sebelumnya. Supaya presentasi kamu sukses, maka kamu perlu berlatih terlebih dahulu dengan melakukan simulasi. Mulailah melakukan simulasi dengan menyusun kalimat pembuka yang tepat, menghafal poin-poin yang akan dipresentasikan, penjelasan yang akan dijabarkan sampai berbagai pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh audiens. Dengan melakukan simulasi, kamu akan terlihat siap saat presentasi dan para atasan yang menjadi audiens kamu pun akan senang dengan apa yang kamu presentasikan.

Gunakan Bahasa yang Tepat

Mempresentasikan materi di hadapan para atasan mengharuskan kamu untuk menggunakan bahasa yang tepat. Karena, beberapa perusahaan seperti pada perusahaan multinasional mengharuskan kamu untuk melakukan presentasi dalam bahasa Inggris agar mudah dimengerti oleh para audiens. Kamu perlu memperhatikan betul hal ini karena kalau menggunakan bahasa yang kurang tepat, presentasi kamu akan jadi sia-sia nantinya, deh.

Tenang Saat Melakukan Presentasi

Presentasi di hadapan atasan memang menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan kapabilitas kamu. Tapi, jangan sampai kamu justru jadi grogi dan kikuk saat melakukan presentasi. Kamu harus tetap tenang dalam menyampaikan isi dari materi presentasi agar dapat tersampaikan dengan baik kepada para audiens yang merupakan atasan kamu. 

 

Dalam karier, presentasi bisa menjadi kunci yang memudahkan jenjang karier kamu di masa mendatang. Karena, presentasi yang mencuri perhatian para atasan akan membuat mereka yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Akhirnya, masa depan karier kamu pun akan semakin cerah berkat presentasi yang sukses. 

Coba kelas pertama gratis