Beberapa Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Melakukan Solo Backpacking Ke Luar Negeri

 

 

Liburan ke luar negeri jadi salah satu momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Karena, dengan berlibur ke luar negeri kamu bisa melihat kebudayaan lain dan bagaimana gaya hidup orang-orang di luar negeri. Untuk berlibur ke luar negeri, kamu bisa melakukannya bersama teman-teman, keluarga atau bahkan liburan sendiri sekalipun.

Solo traveling atau solo backpacking merupakan cara berlibur yang dilakukan sendirian tanpa membawa teman ataupun keluarga. Cara berlibur yang satu ini seringkali menjadi pilihan karena cukup praktis dan kamu bisa lebih menikmati budaya baru yang ada di luar negeri. Tapi, melakukan solo backpacking tidaklah mudah karena kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sendirian seperti beberapa hal berikut ini:

 

Persiapkan Dokumen Penting


Hal wajib yang harus kamu persiapkan saat akan melakukan solo backpacking ke luar negeri adalah berbagai urusan administratif seperti paspor, tiket dan visa. Tanpa ketiganya, kamu tidak akan bisa melakukan traveling apalagi jika negara tujuanmu mengharuskan kamu untuk memiliki visa terlebih dahulu. Selain itu, pastikan paspor kamu punya masa berlaku sekurangnya 6 bulan agar bisa digunakan saat pengajuan visa. Urus visa beberapa bulan sebelum keberangkatan agar saat waktunya berangkat kamu telah memiliki visa tersebut.

 

Perhitungkan Akomodasi Selama Traveling Secara Detail

Karena solo backpacking mengharuskan kamu untuk mengatur semuanya sendirian, maka sebaiknya perhitungkan lebih dulu akomodasi selama traveling. Kamu bisa memperkirakan berapa biaya untuk keperluan akomodasi dengan mencari informasi di internet. Jangan lupa, hitung semua akomodasi yang kamu perlukan mulai dari biaya penginapan, ongkos perjalanan di negara tersebut, sampai biaya yang diperlukan untuk makan. Memperhitungkan akomodasi secara detail bisa membantu kamu supaya dapat berlibur sesuai dengan budget yang dimiliki sehingga kamu gak perlu khawatir kekurangan ongkos, deh.

 

Lakukan Riset Secara Mendalam

Persiapan lain yang perlu kamu lakukan untuk melakukan solo backpacking ke luar negeri yaitu riset. Riset diperlukan supaya kamu bisa mengenali budaya, makanan dan kebiasaan orang-orang menggunakan transportasi umum di negara tujuan kamu. Kamu bisa melakukan riset dengan cara mencari informasi di internet atau bertanya kepada orang yang pernah mengunjungi negara tersebut sebelumnya. Dengan melakukan riset, liburan kamu akan lebih terencana dan kamu bisa berlibur sendirian tanpa perlu khawatir.

 

Susun Rencana Perjalanan Kamu Secara Rinci


Supaya liburan kamu bisa lebih puas, maka sebaiknya susun rencana perjalanan kamu serinci mungkin. Menyusun rencana perjalanan bisa membantu kamu supaya lebih disiplin dan mengunjungi semua landmark yang perlu dikunjungi di suatu negara. Untuk menyusun rencana perjalanan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti jarak tempuh, biaya masuk, sampai durasi waktu yang dihabiskan di suatu tempat dalam rencana perjalanan kamu.

 

Gunakan Ransel yang Nyaman

Namanya solo backpacking berarti kamu berlibur dengan membawa tas ransel, dong. Gunakan tas ransel yang nyaman dan bisa membantu kamu selama diperjalanan. Pilihlah tas ransel dengan ukuran yang sesuai dengan barang yang kamu bawa sehingga tidak akan membebani kamu selama di perjalanan. Jangan lupa, siapkan tas ransel kecil agar kamu tidak perlu membawa tas ransel besar saat berjalan-jalan keliling negara tersebut.

 

Siapkan Alat-alat Dokumentasi

Solo backpacking bisa membuat kamu mengenal budaya suatu negara lebih dekat lagi. Tapi, jangan lupa untuk mengabadikan semua kegiatan kamu selama berlibur ke negara tersebut. Persiapkan alat-alat dokumentasi seperti kamera, baterai cadangan dan tripod. Dengan alat dokumentasi yang memadai, kamu bisa mengabadikan banyak momen dan membawa banyak cerita sepulang berlibur ke negara tersebut.

 

Gimana? Sudah siap untuk melakukan solo backpacking? Kalau sudah, jangan lupa untuk mempelajari bahasa Inggris atau bahasa yang digunakan di negara tersebut, ya. Tujuannya, supaya kamu bisa bertanya atau ngobrol langsung dengan penduduk lokal dan menambah teman baru dari negara tersebut.

Rekomendasi Artikel

Beragam Hal yang Bisa Anda Lakukan Saat Mengunjungi Coffee Shop di Berbagai Penjuru Dunia

Saat traveling ke luar negeri, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan yang tidak bisa ditemui di Indonesia. Mulai dari arsitektur bangunan yang berbeda, tata kota yang khas sampai monumen-monumen bersejarah yang menjadi landmark negara tersebut. Namun, disamping itu semua jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi coffee shop khas negara tersebut. Karena, dengan mengunjungi coffee shop Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat traveling sekaligus membuat Anda terlihat seperti warga lokal negara tersebut. Agar Anda tidak kebingungan saat berada di coffee shop, 4 hal berikut bisa Anda lakukan sambil menikmati kopi di tempat tersebut.

Baca Lebih Lanjut